Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

by Ummi on September 10, 2015

Radang gusi merupakan kondisi yang ditandai dengan gejala iritasi, kemerahan, dan pembengkakan pada gusi. Gejala lain yang bisa muncul adalah bau nafas tak sedap, gigi tanggal, dan gusi yang melunak dan mudah berdarah saat menggosok gigi atau flossing. Penyebab umum dari radang gusi adalah kebersihan gigi yang buruk, sehingga memungkinkan plak untuk terbentuk pada gigi. Plak adalah lapisan tipis yang tak terlihat dan terdiri dari bakteri yang bisa mengiritasi gusi begitu juga dengan gigi.

obat alami gusi bengkak

Beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko radang gusi adalah merokok berlebihan, penggunaan tembakau, faktor usia, diabetes, beberapa obat tertentu, gigi berlubang, sakit setelah pencabutan gigi, kehamilan, genetik, kekebalan tubuh yang lemah, mulut kering, dan pola makan yang buruk. Jika dibiarkan saja, radang gusi atau gusi bengkak bisa menjadi serius dan menyebabkan infeksi yang parah yang disebut dengan periodontitis.

Untuk mengobati gusi bengkak, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami rumahan yang sangat mudah ditemukan seperti berikut ini :

Garam

Menggunakan garam untuk obat gusi bengkak adalah salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi karena sifat antiseptik dan anti bakterialnya. Garam bisa membantu mempercepat penyembuhan gusi yang bengkak dan meradang. Ditambah lagi, garam juga akan menarik keluar setiap infeksi dari bengkak bernanah serta menghambat pertumbuhan bakteri di mulut.

Tambahkan ½ sdt garam kedalam segelas air hangat. Gunakan ramuan alami ini untuk mencuci mulutmu (kumur-kumur) setiap pagi dan malam hari hingga bengkak gusinya berkurang. Alternatif lain, campur ½ sdt garam dengan minyak sawi secukupnya untuk membuat pasta. Gunakan pasta ini untuk memijat gusi yangbengkak dengan gerakan melingkar selama 1-2 menit. Lalu kumur-kumur dengan air hangat. Ulangi perawatan ini 2-3 kali sehari selama beberapa hari.

Kunyit

Kunyit mengandung senyawa Curcumin yang memiliki sifat antiseptik dan anti inflamasi. Curcumin sangat efektif utuk menghilangkan plak, rasa sakit, serta bengkak dan peradangan di gusi. Curcumin juga ampuh untuk mengurangi aktivitas bakteri sehingga mencegah infeksi. Sebuah studi yang terbit di Journal of Indian Society of Periodontology, menemukan bahwa kunyit yang digunakan sebagai obat kumur efektif digunakan sebagai pelengkap dalam mengontrol plak mekanik untuk mencegah penumpukan plak dan gusi bengkak,  berkat sifat anti plak, anti mikroba, dan anti inflamasinya, yang sebanding dengan obat kumur chlorexidine tradisional.

Buatlah pasta dari 1 sdt bubuk kunyit dan ½ sdt garam dan ½ sdt minyak sawi (mustard oil). Oleskan pada gigi dan gusi yang bengkak, lalu pijat. Lakukan dua kali sehari. Alternatif lain, campur ½ sdt bubuk kunyit dengan sedikit air dan minyak vitamin E hingga merata. Oleskan ke gusi yang bengkak, dan biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Lakukan perawatan ini setidaknya satu kali sehari selama beberapa hari. Atau kamu juga bias membuat pasta dari campuran bubuk kunyit dan sedikit air. Buat ramuan ini untuk menyikat gigimu dengan menggunakan sikat gigi berbulu halus. Lakukan dua kali sehari.

Oil pulling

Oil pulling adalah salah satu metode ayurvedic terkenal yang bisa membantu mengurangi bakteri yang menyebabkan radang gusi. Cara ini bisa mengurangi plak, memperkuat gusi, dan membantu mempertahankan kesehatan gigi dan gusi.

Cara melakukan oil pulling adalah, ambil satu sendok makan minyak kelapa dan masukkan ke mulutmu. Desirkan minyak tersebut ke seluruh mulut dan disela-sela gigimu selama 15-20 menit. Setelah itu, buang keluar dan bilas mulutmu dengan air hangat. Lakukan hal ini setiap pagi sebelum menyikat gigimu secara teratur. Catatan : jangan sampai kamu kumur-kumur atau telan minyaknya.

Baking soda

Baking soda juga merupakan ramuan terkenal untuk mengobati gusi bengkak. Baking soda bisa menetralisir keasaman didalam mulut, sehingga mengurangi resiko kerusakan gigi dan penyakit gusi. Plus, baking soda juga bekerja sebagai antiseptik alami untuk membantu mencegah infeksi.

Campur ¼ sdt baking soda dengan sedikit air hangat untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini ke gusimu. Biarkan selama 1-2 menit lalu bilas dengan air hangat. Gunakan ramuan ini 2-3 kali seminggu.

Jus lemon

Lemon mengandung khasiat anti bakteri dan anti inflamasi yang membantu menyembuhkan penyakit gusi. Selain itu, jus lemon juga mengandung vitamin C sehingga bisa membantu melawan infeksi. Campur air perasan lemon kedalam segelas air hangat. Gunakan larutan ini sebagai obat kumur setelah menyikat gigimu. Lakukan hal ini dua kali sehari untuk meringankan pendarahan dan penipisan gusi yang disebabkan oleh radang gusi.

Pilihan lain adalah dengan  mencampur sedikit garam dengan 1 sdm air perasan lemon segar untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini ke gusimu dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air hangat. Ulangi proses ini 4-5 kali sehari hingga kamu melihat perkembangan yang berarti.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2