Cara mengobati luka bakar ringan

by Ummi on April 12, 2017

Luka bakar ringan adalah luka bakar yang hanya merusak lapisan atas kulit, membuat daerah tersebut menjadi merah dan menyakitkan. Mereka sering disebut sebagai luka bakar tingkat pertama atau luka bakar dangkal. Mereka dapat disebabkan oleh kontak dengan cairan atau objek panas, uap, atau paparan sinar matahari. Luka bakar ringan dapat berkembang menjadi lepuh yang menyakitkan jika tidak dirawat tepat waktu. Banyak solusi alami yang dapat mempromosikan penyembuhan dan meminimalkan rasa sakit. Luka bakar ringan cenderung bisa sembuh dalam waktu beberapa hari atau sampai tiga minggu. Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati luka bakar ringan :

Air Dingin

Hentikan luka bakar agar tidak menyebar dengan cara menngalirkan air dingin di atas area luka bakar selama beberapa menit segera setelah terbakar. Kamu juga dapat menempatkan kompres dingin diatas daerah yang terkena. Ulangi pengobatan ini setiap beberapa jam untuk meringankan ketidaknyamanan. Jangan menggunakan es karena dapat membatasi aliran darah, yang akhirnya dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan halus.

Kentang mentah

Kentang mentah bisa mengobati luka bakar kulit ringan karena sifat anti-iritasi dan menenangkan yang dimilikinya. Ini akan mengurangi rasa sakit dan mengurangi kesempatan mengalami lecet.
• Cukup iris sepotong kentang mentah dan gosokkan pada luka bakar, pastikan jus dari kentang ini terlepaskan di atas wilayah tersebut.
• Pilihan lain adalah untuk memarut kentang mentah dan menerapkannya pada daerah yang terkena selama sekitar 15 menit.
Untuk hasil terbaik, gunakan obat ini segera setelah luka bakar terjadi.

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat zat dan jaringan penyembuhan yang dapat membantu dalam penyembuhan luka bakar.
• Potong daun lidah buaya dalam ukuran kecil dan oleskan gel segarnya langsung pada luka bakar.
• Kamu juga bisa mencampur satu sendok teh masing-masing gel lidah buaya dan kunyit dan kemudian menerapkannya diatas luka bakar.
Jika kamu tidak memiliki tanaman lidah buaya di pekarangan rumah, kamu dapat menerapkan krim yang memilikikandungan lidah buayanya sebagai bahannya.

Minyak Kelapa dan Lemon Juice

Minyak kelapa dan jus lemon keduanya dapat membantu mengobati luka bakar ringan ketika telah didinginkan dan dikeringkan. Minyak kelapa kaya akan vitamin E dan asam lemak seperti asam laurat, asam miristat dan asam kaprilat yang menawarkan manfaat anti-jamur, antioksidan dan anti-bakteri. Jus lemon memiliki sifat asam yang secara alami meringankan bekas luka. Ambil minyak kelapa dan tambahkan sedikit air jeruk lemon kedalamnya. Campur dengan benar dan terapkan pada daerah yang terkena untuk memfasilitasi penyembuhan.

Madu

Madu dapat secara efektif mensterilkan luka dan membantu menyembuhkan luka bakar, berkat sifat antibakteri dan anti-inflamasinya. Hal ini juga mengurangi kemungkinan terkena bekas luka hipertrofik.
1. Oleskan madu pada perban dan letakkan langsung pada luka bakar.
2. Ganti balutan perban tadi tiga sampai empat kali sehari.

Kantong Teh celup hitam

Asam tannic dalam teh hitam dapat membantu menarik panas dari luka bakar dan dengan demikian mengurangi rasa sakit.
• Curamkan tiga kantong teh dalam teko berisi air hangat selama beberapa menit. Biarkan larutannya  dingin dan kemudian rendam kain bersih di dalamnya dan tempatkan pada daerah yang terkena. Terapkan kembali sesuai kebutuhan.
• Kamu juga dapat menempatkan kantong teh basah dan dingin, langsung pada luka bakar.

Cuka

Sifat-sifat astringent dan antiseptik dalam cuka dapat sangat membantu dalam mengobati luka bakar ringan dan mencegah infeksi.
1. Encerkan cuka putih atau cuka sari apel dan air dalam jumlah yang sama. Gunakan solusi ini untuk membilas area yang terbakar.
2. Kemudian, tutupi daerah luka dengan kain direndam dalam cuka yang diencerkan. Ganti kain dengan yang baru setiap dua sampai tiga jam sekali.