≡ Menu
werno-werno.com

Cara Mengobati Mata Merah Pada Anak

Apakah anakmu memiliki mata merah atau merah jambu? Apakah mata mereka bengkak dan apakah ada debit air (belekan)? Perhatikan, jika iya, maka anakmu mungkin menderita konjungtivitis. Konjungtivitis, yang umumnya dikenal sebagai mata merah, adalah radang pada konjungtiva, lapisan jaringan tipis dan transparan yang melapisi bagian putih mata. Ini biasanya terjadi akibat infeksi bakteri atau virus atau reaksi alergi. Bisa juga terjadi karena serbuk sari, debu atau asap yang menyebabkan iritasi pada mata.

mengobati mata merah pada anak

Konjungtivitis adalah salah satu infeksi mata yang paling umum yang dapat mempengaruhi anak-anak dan orang dewasa secara setara. Hal itu bisa terjadi pada satu atau kedua mata. Beberapa gejala umum konjungtivitis pada anak-anak adalah kemerahan di bagian putih mata, kemerahan pada bagian bawah kelopak mata, radang mata dan belekan. Hal ini juga dapat menyebabkan rasa sakit ringan pada mata pada tahap awal, yang bisa menjadi parah dengan berjalannya waktu dan disertai rasa sakit, gatal dan sensasi terbakar.

Kondisinya bisa mengkhawatirkan, karena kemerahan di mata. Infeksi ini menyebar cukup cepat dan bisa menyebabkan anak tidak masuk sekolah selama beberapa hari. Namun, seburuk apapun tampilannya, tidak menyebabkan kerusakan penglihatan. Dalam kebanyakan kasus, infeksi akan sembuh dalam lima sampai tujuh hari tanpa perawatan medis. Namun, jika gejalanya menjadi terlalu tidak menyenangkan, perawatan medis mungkin diperlukan. Selain itu, konjungtivitis kronis dapat menyebabkan kerusakan mata permanen. Meski begitu, kamu bisa menggunakan obat alami untuk memudahkan gejala sekaligus mempercepat penyembuhan infeksi. Berikut adalah Cara Alami Menyembuhkan Mata Merah Pada Anak :

Kompres dingin

Kompres dingin adalah salah satu solusi terbaik untuk mata merah. Ini akan meringankan gatal dan bengkak, dan membuat anak menjadi lebih nyaman sampai infeksi hilang.

  1. Rendam kain bersih dan tidak berserabut di air dingin, dan peras kelebihan airnya. (Gunakan 2 kain jika kedua mata sama-sama terinfeksi).
  2. Perlahan tekan kelopak mata anak Anda selama beberapa menit.
  3. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

Kompres hangat

Kamu juga bisa menggunakan kompres hangat untuk membantu meringankan konjungtivitis. Hal ini efektif dalam mengurangi rasa sakit dan pembengkakan di mata serta membersihkan belekan. Kompres hangat juga menenangkan mata dan sangat bermanfaat untuk konjungtivitis bakteri atau virus.

  1. Rendam kain bersih dan tidak berserabut dengan air hangat suam-suam kuku, dan peras cairan yang berlebih. (Gunakan 2 kain jika kedua mata terkena.)
  2. Tekan dengan lembut di atas kelopak mata yang tertutup dari mata yang merah selama beberapa menit.
  3. Ulangi 3 atau 4 kali sehari.

Kamu juga bisa menggunakan air hangat untuk membersihkan secara lembut dari bagian dalam ke tepi luar mata untuk menghilangkan kotoran atau pengerasan.

Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah salah satu obat terbaik untuk mengobati mata merah pada anak. Sifat antimikroba membantu melawan infeksi bakteri, salah satu penyebab utama mata merah.

  1. Tambahkan ¼ sendok teh cuka sari apel mentah tanpa pemanis ke ½ cangkir air matang dan didinginkan.
  2. Celupkan bola kapas ke dalam larutan ini dan oleskan larutan ke mata yang terinfeksi. (Gunakan 2 bola kapas jika kedua mata terinfeksi.)
  3. Selain itu, bersihkan bagian luar mata dengan bola kapas.
  4. Lakukan ini setiap beberapa jam selama 2 sampai 3 hari.

Catatan: Solusi cuka sari apel mungkin akan terasa sedikit menyengat tapi hanya sementara.

Air Susu Ibu

ASI dikenal sebagai makanan paling sempurna untuk bayi baru lahir dan juga bisa membantu melawan infeksi mata. ASI mengandung banyak antibodi, terutama imunoglobulin E yang memerangi dan menyembuhkan konjungtivitis akibat reaksi alergi.

  1. Masukkan beberapa tetes air susu Ibu ke mata yang terkena, dengan menggunakan alat penetes yang telah disterilkan.
  2. Ulangi 3 atau 4 kali sehari sampai infeksi sembuh.

Teh Hitam

Teh hitam adalah obat lain yang sangat baik untuk mata merah. Tanin dalam teh hitam membantu mengurangi gatal dan pembengkakan. Selain itu, solusi ini dapat mengatasi infeksi virus dan bakteri, sehingga mempercepat proses penyembuhan.

  1. Rendam kantong teh hitam dengan air hangat. (Gunakan 2 kantong teh jika kedua mata terinfeksi.)
  2. Sisihkan sampai mendingin.
  3. Letakkan di atas mata yang terinfeksi selama sekitar 15 menit.
  4. Ulangi pada interval per jam untuk melawan peradangan.

Sebagai alternatif, untuk anak yang lebih besar, kamu dapat membantu mereka mencuci mata dengan larutan teh hitam yang encer.

Larutan garam

Pencucian dengan garam juga sangat bermanfaat dalam pengobatan konjungtivitis. Ia bekerja sebagai agen antiseptik ringan dan pembersih ringan, dan membantu menjaga mata bebas dari pengerasan dan pelepasan air.

  1. Campurkan ½ sendok teh garam laut dalam 1 cangkir air suling, lalu didihkan.
  2. Biarkan solusi mendingin sepenuhnya.
  3. Gunakan sebagai pencuci mata, gunakan eyecup atau penetes untuk membantu prosesnya.
  4. Lakukan 2 atau 3 kali sehari selama beberapa hari.
0 comments… add one

Leave a Comment