Cara Mengobati Mengi Dengan Cepat

by Ummi on March 7, 2017

Mengi, adalah suara seperti peluit atau bersiul yang melengking, yang dihasilkan ketika kamu bernapas melalui saluran pernapasan yang menyempit atau tersumbat. Suara ini terdengar jelas ketika kamu sedang menghembuskan napas. Karena terhambatnya jalan napas, pernapasan dapat menjadi sulit dan kamu juga dapat memiliki rasa sesak di dada. Selain itu, dapat menimbulkan rasa pusing serta kekurangan energi, karena berkurangnya oksigen di dalam tubuh.

Mengi itu sendiri bukanlah merupakan masalah kesehatan. Namun, itu adalah gejala yang dapat terjadi bersamaan dengan berbagai kondisi kesehatan, termasuk bronkitis akut, asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), edema paru (penumpukan cairan di kantung udara dari paru-paru), tracheobronchitis (radang tenggorokan dan bronkus) dan disfungsi pita suara, misalnya.

Jika kamu menderita mengi untuk waktu yang lama, itu bisa menjadi lebih buruk dan menurunkan kualitas hidupmu dengan mempengaruhi tidur dan membuatmu merasa lelah dan kesal. Hal ini penting agar masalahnya bisa diselesaikan secepat mungkin. Suara seperti siulan bernada tinggi saat menghembuskan napas dapat diatasi dengan pengobatan rumahan sederhana. Tapi agar perawatannya sukses, penting untuk mengetahui penyebab yang mendasari dan mengobatinya. Berikut adalah beberapa cara mengobati mengi dengan cepat :

Terapi uap

Agar bisa segera terbebas dari mengi, tak ada yang bisa bekerja lebih cepat daripada menghirup uap. Menghirup uap adalah obat yang sangat baik karena dapat mengurangi hambatan pada saluran udara dengan membantumu menyingkirkan dahak dan lendir yang tebal. Menyuntikkan uap dengan minyak esensial juga akan membuat pekerjaan terapi ini lebih baik.

  1. Isilah mangkuk besar dengan air mendidih.
  2. Tambahkan beberapa tetes dari setiap minyak esensial favoritmu (misalnya, peppermint atau minyak kayu putih).
  3. Ketika kamu bersandar di atas mangkuk, kerudungkan handuk di atas kepalamu untuk menjebak uapnya agar tidak ke mana-mana.
  4. Hirup uapnya melalui hidung dan mulut selama minimal 10 sampai 15 menit.
  5. Ulangi seperlunya.

Mandi air panas

Sama seperti halnya terapi uap, mengambil mandi air panas juga dapat membuat nafasmu lebih nyaman dan menghentikan mengi. Kehangatan mandi air panas bisa melemaskan saluran udara yang tegang dan kelembabannya akan menipiskan lendir yang menyumbat mereka.

  1. Lakukan mandi air panas dengan pintu kamar mandi yang tertutup untuk menciptakan suasana seperti sauna.
  2. Berdirilah di kamar mandi selama 5 sampai 10 menit, dan jaga agar pintu tetap tertutup.
  3. Lakukan 2 atau 3 kali sehari.

Kamu juga dapat menerapkan kompres hangat pada hidung dan tenggorokan untuk menjaga saluran hidung tetap terbuka dan bebas dari halangan.

Minum sesuatu yang hangat

Tidak peduli apapun itu, penting untuk menjaga tubuhmu tetap terhidrasi. Ketika berbicara soal mengi, minum minuman hangat akan menghidrasi tubuh serta menenangkan stres saluran udara untuk membantumu bisa bernapas tanpa kesulitan. Cairan hangat juga dapat melonggarkan lendir lengket di tenggorokan dan saluran udara.

  • Minum air hangat dengan sedikit perasan lemon merupakan pilihan terbaik.
  • Minum teh herbal, seperti jahe, chamomile atau teh akar licorice, juga akan membantu.
  • Memiliki sup panas merupakan pilihan yang baik. Ngemillah dengan sup berbasis kaldu dan hindari sup yang terlalu creamy.
  • Hanya minum 2 atau 3 cangkir kopi juga dapat menawarkan beberapa keuntungan.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2