Cara Mengusir Semut dari Rumah

by Ummi on November 9, 2014

Ada gula ada semut. Siapa yang tidak tahu akan pepatah lama tersebut. Memang benar adanya, semut pasti akan mendatangi dan mengerubuti makanan yang manis. Meskipun hewan mungil ini sebetulnya tidak berbahaya, namun jika si semut sudah menginvasi dan menyerbu rumah kita, maka kita akan merasa jengkel dan segera ingin menyingkirkannya. Jika kamu tidak tega untuk menggunakan bahan-bahan kimia untuk mengusir semut karena pasti akan membunuhnya, simak beberapa langkah alami untuk mengusir semut berikut ini tanpa harus membunuh mereka:

Cara Mengusir Semut dari Rumah

  1. Cuka putih

Tahukah kamu? Semut biasanya berkomunikasi dengan kawanan koloni lainnya dengan menggunakan suara, sentuhan dan yang terpenting menggunakan Pheromone, semacam sinyal kimia yang akan meninggalkan jejak bau dalam bentuk essens. Semut akan menangkap jejak bau dengan antenna mereka, yang kemudian akan menunjukkan arah dan intensitas bau. Jika semut pelacak menemukan makanan, ia akan meninggalkan jejak bau yang akan menuntun ke koloninya. Setiap kali jejak tersebut diangkut, maka akan semakin intens pula baunya. Dengan menggunakan cuka putih disegala pintu masuk rumah dan setiap jalur semut yang biasa dilewati, kamu akan merusak jejak bau mereka dan akan mempersulit mereka untuk menjangkau sumber makanan yang telah mereka incar.

Caranya:

Campur satu bagian cuka putih dan satu bagian air hingga rata. Semprotkan/ sapukan cuka tadi ke seluruh pintu masuk rumah atau sarang semut yang kamu ketahui. Semprotkan pula di setiap sudut atau area sekitar sumber makanan.

  1. Gambar garis dengan kapur tulis

Pernahkah kamu menyadari bahwa semut dan kapur tulis tidak akan pernah cocok? Yup, semut tidak akan mau mendekat. Sebagian orang mengira mineral yang terkandung dalam kapur tulis seperti Talc lah yang akan membunuh semut. padahal, penyebab sebenarnya adalah semut yang tersandung kapur tulis akan tertutupi badannya dengan kapur sehingga semut akan menghindarinya.

Caranya:

Kamu hanya perlu menggunakan satu batang kapur tulis untuk menggambar garis yang tebal dan berat di sepanjang pintu masuk rumah dan sekitar sumber makanan. Ulangi lagi sesuai kebutuhan.

  1. Semangkuk madu

Jika kamu terus berfokus pada bagaimana cara mengusir semut dan tidak ada satupun yang berhasil, mengapa tidak kamu melakukan hal yang sebaliknya, yakni mengundang mereka? Mengundang disini bukan berarti mengajak semut agar masuk ke rumah, tetapi menyiapkan tempat baru bagi mereka diluar rumah. Jika koloni sudah menemukan markas berkumpul, maka diversi menjadi jalan keluar. Saat para semut sudah menjatuhkan pilihan pada pot madu yang sudah kamu sediakan, tentu akan lebih baik daripada harus bersusah payah mencapai makanan yang sudah kamu amankan. Serta lebih baik pula bagimu karena sudah menyiapkan sesuatu yang akan mencegah mereka kembali lagi. Setelah kamu membersihkan jejak bau semut, makanan sudah kamu tutup rapat, dan beberapa penangkal semut sudah ditaruh di pintu masuk, maka akan sulit bagi mereka untuk dapat merangsek masuk sehingga tidak ada jalan lain selain memilih mangkuk madu yang kamu siapkan.

Caranya:

Tempatkan mangkuk kertas yang sudah diolesi madu/ air gula dibagian luarnya, di tempat yang agak jauh dari rumah, namun tidak terlalu jauh untuk bisa ditemukan semut. Sesaat setelah mereka menemukan benda manis, mereka akan dengan senang hati mendatanginya, daripada harus bersusah payah membuat jalan masuk ke rumahmu. Setelah mereka menemukan wadah madu tadi, geser sedikit demi sedikit agar semakin menjauh dari rumah. Isi lagi mangkuk tadi dengan madu jika perlu.

  1. Minyak esensial

Semut tidak suka akan bau yang menyengat, karena akan merusak jalur bau dan komunikasi antar sesama semut. Kamu bisa bereksperimen dengan berbagai wangi minyak esensial yang berbeda-beda seperti peppermint, eucalyptus, atau lavender, atau campuran dari beberapa minyak sekaligus dan perhatikan mana yang paling efektif untuk mengusir semut.

Caranya:

Isi botol semprot ukuran sedang dengan air segar dan campur dengan minyak esensial peppermint. Semprotkan ke seluruh pintu masuk rumah. Ulangi lagi saat baunya mulai pudar.

  1. Bola semut

Jika kamu merasa semprotan minyak esensial tidak bekerja dengan baik, saatnya gunakan cara ‘bola semut’. Bola kapas yang dicelup dengan minyak esensial akan berhasil hampir 90% melenyapkan semut. Namun, pastikan bola-bola kapas ini jauh dari jangakauan anak-anak dan hewan piaraan yang suka penasaran.

Caranya:

Celupkan bola kapas ke dalam minyak esensial/ cuka putih, lalu peras sekira sudah tidak menetes. Gunakan bola kapas tadi untuk mengusap pintu masuk, lalu letakkan pula bola kapas yang lain di setiap lubang atau celah terbuka yang biasa dilewati semut. Ganti setiap kali diperlukan..