Cara Menurunkan Tingkat Keasaman Tubuh Secara Alami

by Ummi on January 31, 2016

Sudah kita ketahui, bahwa tubuh yang bersifat terlalu asam (acidic) bisa berbahaya bagi kesehatan kita karena tubuh yang terlalu bersifat asam mengandung banyak racun. Untuk itu, jika kamu merasa mengalami salah satu Pertanda Tubuh Terlalu Bersifat Asam seperti selalu merasa lelah, tulang yang lemah, masalah gigi, dan kelebihan berat badan, maka kamu perlu segera melakukan tindakan untuk mengurangi tingkat keasaman tubuh dan menaikkan level pH tubuh. Berikut ini akan kami ulas tentang tips untuk menurunkan tingkat keasaman tubuh dan membuatnya bersifat basa secara alami :

Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Tubuh yang tercukupi cairannya akan menjaga kelebihan asam untuk terus berjalan melewati sistem dan membantu mengeluarkannya melalui saluran pencernaan. Setiap upaya untuk menyembuhkan penyakit, seberapapun efektifnya, masih akan gagal jika tubuhmu tidak mendapatkan kebutuhan cairan yang memadai.

Awali harimu dengan segelas air lemon hangat

Kok bisa?? Ya, memang lemon termasuk buah yang bersifat asam, namun ada kunci perbedaannya. Jus lemon hanya bersifat asam diluar tubuh saja. Namun ketika jus lemon masuk ke dalam tubuh dan melalui proses metabolisme, lemon memiliki efek untuk membasakan (alkalizing) dan membantu menaikkan kembali pH tubuhmu.

Konsumsi banyak sayuran berwarna hijau

Sayuran seperti sawi, bayam, paprika hijau, kubis, seledri, brokoli, asparagus, dan mentimun merupakan beberapa contoh dari sayuran hijau yang paling mampu membasakan tubuh. Untuk itu, lebih baik blender sayuran hijau tadi menjadi jus sayuran hijau yang menyegarkan, dan minum saat sarapan.

Hentikan konsumsi kafein, alkohol, soft drinks, daging olahan, junk food, dan pemanis buatan

Hal ini dikarenakan semua produk yang telah disebutkan diatas sangat tinggi kandungan asamnya.

Cukupi asupan kalsium dan magnesiummu

Kalsium dan magnesium adalah mineral esensial yang akan menjaga tulang, gigi, otot, jantung, dan sistem sayarafmu tetap sehat dan kuat. pH tubuh yang rendah akan memaksa tubuhmu untuk menyaring kaslium dari tulang dan magnesium dari otot untuk menjaga tubuh agar tetap basa. Hal ini membuat tubuhmu menjadi kekurangan mineral.

Contoh sumber makanan yang kaya kalsium dan magnesium adalah sayuran hijau yang telah disebutkan diatas. Selain itu, produk olahan susu, buah kering, dan seafood (terutama makarel dan salmon) juga merupakan sumber kalsium dan magnesium yang kaya. Sebagai alternatif yang lain, kamu bisa mendapatkannya dari suplemen kalsium dan magnesium setelah berkonsultasi dengan dokter.

Makan makanan organik

Hindari makanan yang telah dimodifikasi secara geneteik yang biasamya mengandung bahan kimia yang berbahaya. Lebih makanlah makanan yang organik.

Gunakan tes kertas Lakmus untuk mengecek air minummu

Kertas Lakmus biasa digunakan untuk mengecek kadar pH dalam tubuh. Kertas ini berisikan selembar kertas yang bisa berubah warna. Celupkan kertas Lakmus pada air minum, dan lihat bagaimana perubahan warnanya. Warna merah mengindikasikan pH yang bersifat asam, biru mengindikasikan sifat basa, dan ungu mengindikasin pH yang netral. Kamu juga bisa menggunakan kertas lakmus untuk mengecek tingkat pH air liurmu. Kamu bisa mendapatkan kertas Lakmus di toko obat dan apotek terdekat.