≡ Menu
werno-werno.com

Cara Merawat Jaket Kulit Yang Benar

Apakah kamu punya jaket kulit atau item fashion lain yang berbahan kulit seperti tas, dompet, atau sabuk yang jadi koleksi di wardrob kamu? Kulit memang menjadi salah satu bahan material item fashion yang mendapat tempat tersendiri di hati para penggunanya karena bahannya yang tahan lama dan tampilannya yang terlihat maskulin dan juga elegan. Untuk itu tidak ada salahnya kamu memiliki satu atau beberapa item fashion yang terbuat dari kulit. (baca : jenis jaket wanita dan jenis jaket pria)

cara merawat jaket kulit yang tepatKulit memang dikenal sebagai bahan yang kuat dan awet. Namun, dengan perawatan yang keliru kamu justru bisa membuat jaket kulit ataupun item fashion lainnya yang terbuat dari kulit menjadi cepat rusak seperti mengalami pecah-pecah, mengelupas, warna kusam dan lain sebagainya. Jadi, bagaimana cara merawat jaket kulit yang benar? Berikut ini kami akan bagikan tips cara membersihkan jaket kulit serta merawat jaket kulit yang benar :

Jangan Dicuci

Jika kamu baru membeli jaket kulit baru, jangan pernah sekalipun kamu mencucinya. Air bisa membuat jaket kulit akan mengkerut jika terkena air, apalagi dengan deterjen yang memiliki panas maka akan membuat bahan kulit mengelupas. Jadi bagaimana membersihkan jaket kulit yang kotor agar tidak jadi tambah rusak? Gunakanlah lap dengan bahan yang lembut dan halus. Basahi lap tersebut dengan sedikit air dan campuran deterjen atau bahan pembersih lain. Tapi perlu diingat, jangan menggunakan deterjen yang biasa, pilihlah deterjen khusus seperti deterjen khusus untuk pakaian halus, sabun cuci piring atau sampo bayi. Usapkan lap ke seluruh bagian bahan kulit. Lalu angin-anginkan jaket kulit pada tempat yang agak panas di dalam ruangan. Jangan pernah menjemur jaket kulit yang basah pada sinar matahari langsung karena malah akan membuat jaket kulitmu rusak.

Beri Lotion

Jangan kamu kira lotion atau pelembab hanya bisa berguna untuk melindungi kulit tubuhmu saja, tapi lotion dan pelembab juga akan membantumu merawat bahan kulit dari jaketmu. Lotion bisa melembabkan serta melenturkan jaket kulit, melembutkannya dan membuat jaket kulit tetap awet. Oleskanlah lotion ataupun pelembab ke seluruh permukaan jaket kulit secara merata dan diamkan selama satu jam. Bersihkan sisa lotion dengan lap berbahan lembut atau spon. Lakukan hal ini sebanyak 3 atau 4 kali dalam seminggu.

Gantung Jaket Kulit

Cara menyimpan jaket kulit yang tepat adalah dengan menggantungnya dan simpan di dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Jangan sampai kamu menyimpan jaket kulit pada tempat yang lembab karena akan membuat jaket kulitmu berjamur. Jamur akan memberikan tampilan yang buruk dan bau yang tidak sedap pada jaket kulit. Jangan menyimpan jaket kulit dengan cara dilipat karena akan membuat bekas lipatan yang sulit dihilangkan.

Jangan Semprotkan Parfum

Jika kamu menginginkan penggunaan parfum saat memakai jaket kulit, jangan semprotkan langsung pada jaket kulitmu, tapi pada baju yang kamu gunakan atau bagian dalam jaket kulit. Hal ini dilakukan untuk menghindari bahan kimia yang ada di parfum yang akan merusak jaket kulit.

Mengatasi Lipatan

Semakin sering kamu menggunakan jaket kulit, maka lama kelamaan lipatan akan terbentuk pada jaket kulitmu. Untuk menghilangkan kerutan tersebut, kamu bisa menggunakan lotion atau pelembab, sama seperti saat kamu membersihkannya. Oleskan losion pada bagian lipatan yang nampak di jaket kulit. Lakukan hal tersebut secara berkala dan terus menerus hingga lipatan tersebut memudar.

Menghilangkan Jamur

Jika jaket kulitmu sudah terlanjur berjamur, jangan khawatir! Kamu bisa memanfaatkan air cuka putih. Basahi lap bersih yang terbuat dari bahan lembut dengan air cuka dan gosok dengan lembut pada bagian jaket kulit yang terdampak jamur. Angin-anginkanlah setelah selesai.

0 comments… add one

Leave a Comment