Cara Merawat Jeans

by Siti Eka Kurniyati on January 7, 2016

Apakah kamu punya celana jeans atau jaket jeans? Pastinya punya dong walau cuman satu saja. Jean memang merupakan salah satu bahan yang tidak akan pernah mati gaya dan menjadi bahan favorit baik itu untuk membuat jaket pria maupun jaket wanita.

cara merawat jeans

Tapi, jeans yang dipakai secara terus menerus akan memudar warnanya dan akan tampak kusam. Perawatan yang tidak tepat juga akan memperparah keadaan jeans / denim. Nah, apa saja sih yang sebaiknya kita lakukan untuk merawat jeans? Ada beberapa tips cara merawat jeans yang tepat yang bisa kamu simak berikut ini.

Jangan Langsung Dicuci

Maksudnya? Ya, tips meraway jeans yang pertama adalah jangan langsing dicuci apabila jeans belum terlalu kotor dan bau. Bukannya mengajarkan kejorokan, namun untuk menghindari pemudaran jeans yang terjadi apabila terlalu sering dicuci. Setelah kamu memakai jeans dan dirasa masih bersih, angin-anginkan saja celana jeans atau jaket jeans yang baru kamu pakai. Jika kamu merasa jeans sudah kotor maka kamu tentu boleh mencucinya.

Tips Menggunakan Mesin Cuci Untuk Membersihkan Jeans

Mesin cuci selalu dihindari jika ingin mencuci pakaian berbahan jeans, dan hal tersebut memang benar. Tetapi bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci secara manual dan terpaksa menggunakan mesin cuci untuk mencuci jeans, jangan khawatir. Kamu bisa sedikit mengakalinya agar warna jeans tidak cepat pudar karena mesin cuci. Yang pertama kamu harus lakukan adalah membalik celana jeans dan memastikan resleting terpasang dan tidak ada benda yang akan merusak jeans yang akan kamu cuci. Lalu kurangi jumlah muatan (max. 5 potong jeans) yang ada di mesin cuci dan gunakan mode gentle (halus) saja saat kamu mencuci karena bagaimanapun jeans tetaplah kain yang akan mudah kusam apabila dicuci terus menerus. Hindari penggunaan pemutih dan juga penjemuran dengan sinar matahari langsung.

Pisahkan Dengan Pakaian Lain

Saat kamu ingin mencuci jeans, sebaiknya kamu memisahkannya dengan pakaian lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari warna jeans yang luntur dan mengenai pakaian lain.

Hindari Pemutih

Tentu saja, jangan pernah sekalipun kamu memakai pemutih saat akan mencuci jeans kalau kamu tidak bersiap akan membeli jeans baru Karena warna jeans akan langsung pudar.

Jangan Disikat

Jika kamu mencuci jeans secara manual (dengan tangan), usahakan bersihkan dulu bagian jeans yang kotor. Namun, jangan sekali-kali kamu menggunakan sikat saat mencuci jeans.

Tips Memeras Jeans

Jangan terlalu kuat saak kamu hendak memeras jeans dan menjemurnya. Dan juga hindarilah kontak langsung dengan sinar matahari saat kamu menjemurnya.

Tips Menyetrika Jeans

Setrikalah bagian dalam jeans dan gunakan temperature yang sedang. Dan cara menyimpan jeans yang tepat adalah menggantungnya dengan hanger untuk menjaga bentuknya.

Perhatikan Label

Terkadang, pada setia jeans, ada label yang berisi instruksi dari perawatan jeans yang benar. Label tersebut berkaitan dengan suhu air yang bisa digunakan untuk mencuci, prosedur pencucian, suhu setrika dll.