Cara Merawat Kulit Sensitif

by Ummi on April 29, 2015

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki kulit sensitif? Jika iya, maka harus memerlukan ekstra perhatian dalam merawatnya. Pakar kulit mendefinisikan kulit sensitif sebagai kulit yang sangat kering, yang rentan terhadap reaksi kulit seperti bisul, benjolan, atau pengikisan kulit dan memiliki kecenderungan kulit yang memerah. Kulit yang kering berlebihan, tidak akan mampu lagi melindungi ujung saraf, sehingga menyebabkan reaksi kulit sensitif. Selain kekeringan, penyebab lain dari reaksi kulit sensitif adalah gangguan kulit atau reaksi alergi pada kulit seperti eksim.

Kulit sensitif memang butuh perawatab ektra, untuk itu kamu harus tahu cara merawat kulit sensitif yang tepat

Paparan berlebihan dari faktor lingkungan seperti matahari dan angin atau cuaca yang terlalu panas atau dingin, juga bisa menyebabkan reaksi pada kulit sensitif. Kulit sensitif akan sangat bereaksi pada sinar matahari, bahan kimia pada produk kosmetik, penggunaan berlebih dari makeup, dan dehidrasi.

Untuk merawat kulit sensitif, diperlukan kesabaran dan perhatian khusus. Namun, sekali kamu tahu bagaimana cara merawatnya, kamu bisa menikmati kulit yang sehat dan berseri. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat kulit sensitif :

  1. Minum air lemon setiap hari

Bagi orang yang memiliki kulit sensitif, seharusnya memulai hari mereka dengan segelas air lemon. Vitamin C ataupun antioksidan lain dalam lemon membantu melawan keruskaan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga akan mendorong keluar racun-racun dari dalam darah, sehingga membantu menjaga kulit tetap bercahaya dan bebas dari jerawat, bintik hitam, kerutan dan masalah kulit yang lain. Untuk membuatnya, peras jus dari ½ buah lemon ke dalam segelas air. Tambahkan sedikit madu dan minum dalam kondisi perut masih kosong setiap hari. Tunggu minimal 30 menit, baru setelah itu sarapan.

  1. Gunakan selalu tabir surya

Tabir surya sangatlah penting untuk melindungi kulit sensitif dari bahaya sinar UV matahari. Berhubung kebanyakan tabir surya mengandung bahan beracun atau bahan kimia yang merusak, yang mungkin berbahaya bagi kulit sensitif, gunakanlah tabir surya yang menggunakan bahan seperti zinc oxide dan titanium dioxide. Bahan-bahan ini akan memberikan perlindungan menyeluruh tanpa menyebabkan efek samping apapun. Juga, pilih tabir surya minimal dengan SPF 30, yang akan menghalangi 97% paparan sinar UV. Dan gunakan selalu sepanjang tahun entah itu saat cuaca panas atau dingin.

  1. Pilih produk perawatan kulit dengan hati-hati

Baik itu pembersih, pelembab, sabun, ataupun masker wajah, kamu perlu membeli produk yang tepat untuk kulit sensitifmu. Hindari produk kosmetik dan perawatan kulit yang mengandung alkohol, bahan eksfoliasi yang keras, sodium lauryl sulfat, petro chemicals, acid, dan bahan pewarna atau pewangi buatan, karena bisa mengiritasi kulit. Lebih baik, gunakan produk yang memiliki antioksidan dan juga bahan anti inflamasi seperti teh putih, teh hijau, lidah buaya, chamomile, calendula, dan oat. Yang terpenting, lebih sedikit bahan dasar yang digunakan, maka akan lebih baik pula untuk kulit sensitifmu. Jika kamu kesulitan menemukan jenis kosmetik dan perawatan kulit yang teapat, carilah produk yang berlabelkan  “hypo allergenic” atau “fragrance free”. Jangan lupa untuk mencoba terlebih dahulu sebelum membeli, dan jika tidak yakin mintalah saran kepada yang ahli.

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2