Cara Merawat Sepatu Kulit

by Siti Eka Kurniyati on January 9, 2016

Kulit hewan (biasanya sapi) adalah salah satu bahan baku pembuat fashion item yang digandrungi oleh pria, meski juga tak sedikit wanita yang menyukai fashion item dari bahan kulit. Kulit bisa dijadikan jaket pria dan jaket wanita, juga bisa dijadikan sepatu kulit.

cara membersihkan sepatu kulitDari berbagai jenis sepatu pria, sepatu kulit mungkin adalah salah satu favorit pria. Sepatu kulit akan nyaman saat dipakai dan menampilkan gaya yang klasik dan modis.Apakah kamu memiliki memiliki sepatu kulit? Jika iya, kamu memerlukan perawatan khusus agar sepatu kulitmu tetap awet dan tahan lama (tidak cepat rusak). Apa saja yang harus dilakukan untuk merawat sepatu kulit yang tepat? Simak tips merawat sepatu kulit berikut ini.

Cara Mencuci Sepatu Kulit

Cara mencuci atau membersihkan sepatu kulit tidaklah sama dengan cara mencuci sepatu jenis lain yang berbahan kain, suede, jeans atau yang lainnya. Karena, sepatu kulit memiliki musuh yaitu air, sama seperti merawat jaket kulit. Gunakanlah spons atau sikat khusus yang lembut (kalau tidak ada kain yang lembut dan bersih). Gunakan sikat halus atau lap lembut untuk menghilangkan debu di seluruh permukaan kulit sepatu. Basahi lap bersih dengan sedikit air dan usapkan ke sepatu kulit. Gunakan sabun khusus kulit (sabun bisa kamu dapatkan di took sandal atau sepatu). Campurkan dengan sedikit air pada  kain lap hingga berbusa. Gosokkan lap berbusa secara perlahan ke seluruh permukaan bahan kulit. Bilas busa hingga kering dan biarkan bagian dalamnya tetap kering.

Cara Menjemur Sepatu Kulit

Cara mengeringkan sepatu kulit juga tidak seperti kebanyakan sepatu. Kamu tidak boleh menjemur sepatu kulit di bawah sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari secara langsung akan menyebabkan keretakan dan warna luntur pada bahan kulit. Letakkan saja sepatu kulit yang basah di tempat yang hangat atau diangin-anginkan.

Gunakan Semir

Kamu bisa menggunakan semir untuk melakukan perawatan tiap hari pada sepatu kulit. Gunakan semir yang memiliki warna senada dengan sepatu kulit. Oleskan semir ke selembar kain halus atau sikat lembut dan diamkan dulu beberapa menit. Gosokkan pada bahan kulit sampai merata dan mengkilap. Kamu bisa menambahkan sedikit air pada kain untuk mengelap sisa semir.

Cara Menyimpan Sepatu Kulit

Jika kamu menyimpan sepatu kulit di rak, berikan jarak / ruang antara sepatu kulit dan sepatu yang lain untuk menghindari baretan. Jika kamu ingin menyimpan sepatu kulit di dalam kotak atau plastic karena tidak ingin menggunakannya dalam waktu lama, simpanlah dengan wadah yang tertutup rapat dan jangan lupa juga untuk menyertakannya dengan gel silica. Gel silica bisa mengatur kelembaban sepatu kulit, menghindari jamur, serangga dll.

Itu dia tadi, beberapa tips merawat sepatu kulit yang benar agar sepatu kulit tidak cepat rusak dan bisa terus kamu pakai. Semoga bermanfaat 🙂