≡ Menu
werno-werno.com

Cara Mudah Melakukan Teknik Menarik Nafas Dalam-dalam

Kebanyakan dari kita sering tidak memperdulikan tentang bagaimana cara kita bernafas. Bernafas merupakan sesuatu yang akan secara otomatis dilakukan oleh tubuh kita. Namun, tahukah kamu seringkali nafas kita terlalu pendek, yang mana itu tidak baik untuk kesehatan kita. Sebaliknya, melakukan pernafasan secara mendalam (deep breathing) sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental kita.

teknik bernafas dalam-dalam

Bernafas dalam-dalam sebaiknya kita jadikan sebagai bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Ini akan membantumu hidup lebih lama dan juga membuatmu merasa lebih bahagia, lebih produktif dan energetik.Teknik menarik nafas yang tepat seharusnya, secara mendalam, pelan, memiliki ritme, dan dilakukan melalui hidung, bukannya mulut. Disamping itu, kamu sebaiknya mencoba bernafas lebih dalam hingga ke perut, tidak hanya sampai di dadamu saja.

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai manfaat bernafas dalam-dalam, ada baiknya jika kamu mengetahui lebih dulu cara tepat melakukan teknik bernafas dalam-dalam berikut ini :

  • Berbaringlah telentang di tempat yang nyaman dan terbebas dari setiap gangguan seperti tempat tidur atau sofa.
  • Letakkan tanganmu diatas perut dan cobalah untuk merilekskan ototmu.
  • Tariklah nafas dalam-dalam dari hidung, melarkan perutmu, lalu penuhi paru-parumu dengan udara. Hitung perlahan hingga hitungan ke 5 sembari kamu menarik nafas.
  • Tahan nafasmu dan hitung sampai tiga.
  • Buang nafas secara perlahan melalui mulutmu dan kosongkan udara di paru-parumu dengan sepenuhnya. Sekali lagi, hitung dengan perlahan hingga hitungan 5 sembari kamu membuang nafas dan mencoba melepaskan setiap tekanan dari ototmu.
  • Lanjutkan untuk menarik dan membuang nafas secara mendalam selama 5 hingga 10 menit.
  • Lakukan latihan ini satu kali setiap pagi dan satu kali sebelum tidur.

Selain dalam posisi berbaring, kamu juga bisa melakukannya sembari duduk. Usahakan kamu melakukan latihan ini satu atau dua kali sehari selalu di jam dan waktu yang sama, agar menjadi suatu kebiasaan.  Dengan sedikit usaha, menarik nafas dalam-dalam bisa menjadi kebiasaan bawah sadar dan hal yang mudah dalam kehidupan sehari-hari kita. Yang terpenting, kamu perlu berfokus pada pernafasanmu dan segera setelah itu kamu akan mulai bernafas lebih dalam lagi tanpa harus memikirkannya sama sekali.

0 comments… add one

Leave a Comment