Cara mudah membakar lebih banyak lemak tanpa susah payah

by Ummi on August 4, 2015

Siapa bilang kalau kita mau kurus, harus melakukan olahraga berat dan diet ketat agar membakar lebih banyak lemak? Diet bukan berarti hanya tentang makan dalam jumlah sedikit, namun justru makan lebih banyak — yakni makan lebih banyak makanan padat gizi untuk menarik keluar timbunan kalori kosong dan menjagamu tetap kenyang sepanjang hari. Hal tersebut penting, karena membatasi jumlah asupan makanan justru akan membunuh metabolismemu. Makan sedikit akan mengirim sinyal ke tubuh dengan berkata, “aku sedang kelaparan!” dan tubuhmu akan merespon dengan memperlambat tingkat metabolisme guna mempertahankan cadangan energi yang tersisa yang justru membuat tubuh tidak bisa membakar lemak.

Cara mudah membakar lebih banyak lemak tanpa susah payah

Apa yang lebih buruk lagi?, jika pengurangan makananmu terus berlanjut, kamu akan mulai membakar jaringan otot, yang hanya akan memberimu musuh ‘lemak visceral’ yakni lemak yang umumnya tertimbun di bawah otot dan mengelilingi organ vital dimana sangat berbahaya bagi kesehatan, untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Sehingga, metabolisme akan menurun lebih cepat, dan lemak akan semakin merajalela dan menjajah tubuhmu.

Ingin tahu hal apa saja yang bisa membuatmu membakar lebih banyak lemak tanpa harus bersusah payah diet ketat dan olahraga berat? Simak cara mudah membakar lemak berikut ini:

  • Tidurlah lebih dini

Sebuah studi di Finlandia mengamati beberapa pasang kembar identik dan menemukan bahwa dalam setiap pasang saudara kandung, kembaran yang kurang tidur dan berada dalam tekanan stress lebih memiliki banyak lemak visceral.

  • Makanlah lebih banyak protein

Tubuhmu memerlukan protein untuk mempertahankan massa otot. Dalam sebuah artikel yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti berpendapat bahwa asupan harian yang disarankan untuk protein, sebesar 0.36 gram untuk setiap pon berat badan, dan untuk wanita sekitar 0.54 dan 1 gram untuk setiap pon berat tubuh. Namun jumlah ini masih belum memadai bagi siapapun yang sedang melakukan latihan ketahanan. Untuk itu, perbanyak makanan yang menjadi sumber protein seperti daging rendah lemak, yogurt, dan kacang-kacangan.