Cara Mudah Membuat Banner Konter Dengan Coreldraw

by Ummi on December 18, 2012

Cara Membuat Banner Dengan coreldraw

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial cara membuat banner untuk konter dengan coreldraw. Sebelum kita membuat banner atau spanduk dengan coreldraw, terlebih dahulu kita harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Ukuran banner, menyesuaikan tempat pemasangan banner itu sendiri, jadi terlebih dahulu anda ukur panjang dan lebar lokasi pemasangan banner. Sebagai contoh, saya ambil ukuran 150 X 65 Cm. Namun, saat akan didesain pada layar coreldraw sebaiknya ukuran tersebut diperkecil secara proporsional.
  2. Nama Konter yang akan digunakan sebagai judul, katakanlah seperti itu. Jadi tentunya ukuran tulisan atau font jauh lebih besar daripada tulisan yang lain. Dalam hal ini saya akan menggunakan nama konter “fatQur Cell”. Bukannya saya ngefans sama mas fatqur lho.., hal ini dikarenakan saya mendapatkan pesanan desain banner untuk konter dengan nama tersebut. :)
  3. Slogan konter, biasanya ini ditaruh dibawah nama konter itu sendiri, dalam hal ini saya akan menggunakan slogan yang simple sesuai permintaan , yakni “gudang pulsa & kartu perdana”

Setelah semua terbayang dalam benak anda, baru anda beraksi dengan membuka aplikasi coreldraw 11, 12, X3, X4 atau X5 sesuai selera masing-masing. Setelah itu perhatikan langkah-langkah cara membuat banner / spanduk dengan coreldraw sebagai berikut:

  1. Pilih menu Rectangle Tool atau tekan f6 pada keyboard anda untuk membuat sebuah persegi panjang sesui ukuran banner. Setelah selesai sesuai ukuran banner, sebaiknya diperkecil secara poporsional sebagaimana penjelasan diatas
  2. Kemudian tentukan warna backgroundnya
  3. Pilih menu Text Tool atau tekan f8 pada keyboard untuk menulis nama konter sekaligus slogan konternya.
  4. Atur tata letak nama konter dan slogannya sekira terlihat pantas dan menarik untuk dipandang.
  5. Untuk warna nama konter dan slogannya disesuaikan dengan warna background banner.

Untuk memperjelas tentang cara membuat banner / spanduk untuk konter dengan coreldraw ini, berikut saya sertakan tutorial berupa video dibawah ini.

Perlu diketahui, gambar kartu XL pada video tutorial membuat banner / spanduk dengan coreldraw tersebut diatas merupakan hasil editan dari photoshop. Nah mengenai hal ini, sudah saya jelaskan pada artikel cara mengganti background foto dengan adobe photoshop. Hanya saja pada gambar Kartu XL ini finishingnya sedikit beda, yakni dengan menyimpan file editan dengan format gambar berektensikan [.png] agar background menjadi tansparan.

Sebenarnya tutorial ini tidak hanya untuk membuat banner konter saja, tapi bisa juga untuk banner toko pakaian, banner makanan/ restoran atau banner-banner yang lain. Karena langkah-langkahnya bisa dikatakan hampir sama. Jadi berkreasilah dengan imajinasi anda.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: