Cara Mudah Menghilangkan Noda Gosong Pada Panci Atau Wajan

by Ummi on June 1, 2017

Kita semua tentu sudah pernah melakukannya! Kita memasak sesuatu di panci atau wajan di atas kompor, lalu kita terlupa untuk mematikannya (atau panasnya kompor tiba-tiba naik terlalu tinggi), sehingga kamu teringat dan menyadari panci atau wajanmu gosong dan berbau sangit! Ugh. Sungguh membuat frustrasi! Tapi kamu tidak perlu terlalu resah, karena ada lebih dari satu cara untuk membersihkan kekacauan itu dan mengembalikan pancimu ke kilau asli mereka. Berikut adalah Cara Mudah Menghilangkan Noda Gosong Pada Panci Atau Wajan :

membersihkan panci gosong

Baking soda, air, dan cairan pencuci piring

Untuk menghilangkan noda gosong pada panci atau wajan, solusi terbaik adalah campuran antara baking soda, air panas, dan cairan pencuci piring. Biarkan pancinya terendam dalam solusi tersebut selama 15-30 menit. Gosok panci atau wajan dengan penggosok plastik, dan periksa dua kali pada lekukan lekukannya. Jika pancimu masih kotor, coba tambahkan larutan yang sama lagi dan panaskan panci di kompor sampai mendidih. Kemudian coba gosok lagi.

Baking soda dan cuka

Cuka bersifat asam dan baking soda bersifat abrasif. Dengan bersama-sama, mereka bisa membantu menyelamatkan panci dan wajanmu dari noda gosong. Mulailah dengan mendidihkan campuran antara baking soda dan cuka di dalam panci atau wajan. Larutan ini akan melonggarkan noda gosong. Dengan hati-hati, pindahkan panci atau wajan dari kompor, buang cairannya dan tambahkan baking soda. Saat sudah lumayan dingin, gosok panci atau wajan dengan lebih banyak baking osda, dengan menggunakan scrubber plastik.

Alka Seltzer

Alka-Seltzer adalah sebuah produk multi fungsi yang luar biasa. Tidak hanya bisa meringankan gangguan pencernaan, tapi juga bisa membantu membersihkan berbagai hal yang mengejutkan di sekitar rumah termasuk noda makanan gosong. Taruh saja air panas di panci atau wajanmu, tambahkan sekitar 6 tablet Alka-Seltzer, dan biarkan mereka mendesis. Asam sitrat dalam Alka Seltzer akan mulai bekerja. Setelah sekitar satu jam, gunakan air panas, deterjen, dan scrubber (penggosok) yang kuat untuk membersihkan hampir semua kekacauan dengan mudah.

Dryer sheet (tisu pengering)

Inilah adalah pilihan aneh-tapi-nyata untuk membersihkan panci atau wajan yang benar-benar kumal: gunakan lembar tisu pengering yang masih baru atau bekas! Tidak cukup jelas mengapa ini bisa bekerja, tapi banyak sekali yang bersumpah dengan kehebatan metode ini. Cukup masukkan selembar tisu pengering ke dalam panci yang gosong dengan air panas, tunggu satu jam, dan gosok. Kekacauan akan lebih mudah dikelola.

Hidrogen peroksida

Tambahkan sekitar 1/2 inci Hidrogen Peroksida ke dalam panci. Panaskan hingga mulai menggelembung. Didihkan sekitar 10 menit, dan sikat dengan kawat penggosok. Ulangi sesuai kebutuhan. Ia akan masuk ke ikatan karbon dan mengangkatnya dari panci. Cairan ini akan menggelembung dan berbau busuk, jadi nyalakan ventilasimu. Tapi itu tidak akan merusak pancimu.

Saos tomat

Tuangkan saos tomat yang banyak ke atas noda gosong dan biarkan menetap selama semalaman. Keesokan harinya, kamu semestinya bisa dengan mudah menghilangkan noda gosongnya. Kandungan asam dalam tomat akan melahap noda gosongnya.