Cara Mudah & Sederhana Membersihkan Perhiasan Di Rumah

by Ummi on May 19, 2017

Sebagian besar wanita, tentu sangat menyukai yang namanya perhiasan. Mulai dari perhiasan yang terbuat dari emas, perak, berlian, batu-batuan alam, permata, hingga kristal. Namun, memiliki banyak koleksi perhiasan tentu membuat kita harus pintar-pintar dalam merawatnya agar selalu bersih, berkilau dan tidak tampak kusam. Tak heran, jika ada beberapa wanita yang rela menyerahkan urusan perawatan perhiasannya kepada tenaga professional, yang tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit.

membersihkan perhiasan

Tapi tenang, kamu kini tidak perlu menyewa jasa ahli pembersih perhiasan atau membeli pembersih perhiasan mahal agar perhiasan perakmu kembali bersinar, perhiasan emasmu kembali berkilau, dan batu permatamu kembali bercahaya. Bahan-bahan berikut ini, selain mudah didapat dan bahkan sudah tersedia di rumahmu, tapi juga sangat ampuh digunakan untuk membersihkan perhiasan :

Alka Seltzer

Alka Seltzer adalah tablet effervescent yang digunakan untuk mengobati sakit maag dan heartburn. Jatuhkan perhiasanmu yang tampak kusam ke dalam segelas Alka Seltzer yang mendesis selama beberapa menit. Perhiasanmu akan kembali berkilau dan bersinar saat kamu mengambilnya dari larutan tersebut.

Aluminium foil

Untuk membersihkan perhiasanmu, cukup letakkan selembar aluminium foil di dalam mangkuk kecil. Isi mangkuk dengan air panas dan campurkan satu sendok makan deterjen bubuk tanpa pemutih (bukan yang cair), ke dalamnya. Masukkan perhiasan ke dalam larutan ini dan biarkan terendam selama satu menit. Bilas dengan baik dan keringkan dengan udara. Prosedur ini memanfaatkan proses kimia yang dikenal dengan pertukaran ion, yang juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan perak.

Ammonia

Cerahkan kembali pernak-pernik emas dan perakmu dengan merendamnya selama 10 menit di larutan 1/2 cangkir amonia bening yang dicampur dalam 1 cangkir air hangat. Setelah itu, bersihkan dan lap perlahan dengan kain lembut dan biarkan kering. Catatan: Jangan lakukan ini dengan perhiasan yang mengandung mutiara, karena bisa membuatnya kusam atau merusak permukaannya yang halus.

Baking soda

Untuk menghilangkan tumpukan noda dari perhiasan perakmu, buat pasta kental dengan bahan 1/4 cup baking soda dan 2 sendok makan air. Oleskan dengan spons basah dan gosok perlahan, bilas, dan keringkan. Untuk memoles perhiasan emas, tutupi perhiasannya dengan lapisan tipis baking soda, tuangkan sedikit cuka ke dalamnya, dan bilas bersih. Catatan: Jangan gunakan teknik ini dengan perhiasan yang mengandung mutiara atau batu permata, karena bisa merusak finishingnya atau mengendurkan lem perekatnya.

Air soda

Rendam berlian, batu rubi, safir, dan zamrud milikmu di air soda untuk memberi mereka kilau yang cerah. Cukup tempatkan mereka di gelas yang penuh air soda dan biarkan mereka terendam semalaman.

Tablet pembersih gigi palsu

Apakah cincin berlianmu sudah kehilangan kilaunya? Jatuhkan tablet denture ke dalam gelas yang berisi secangkir air. Ikuti itu segera dengan anting-anting cincin atau berlianmu. Biarkan selama beberapa menit. Angkat perhiasanmu dan bilas untuk mengungkapkan kembali kilau dan sinar lamanya.

Saos tomat

Biarkan saos melakukan pekerjaan mencerahkan kembali perhiasan perakmu yang  ternoda. Jika cincin, gelang, atau anting-antingmu memiliki permukaan yang halus, celupkan ke dalam semangkuk kecil saos tomat selama beberapa menit. Jika perhiasanmu memiliki permukaan yang tidak rata atau detil yang rumit, gunakan sikat gigi lama untuk memasukkan saos tomat ke celah-celah yang sulit dijangkau. Untuk menghindari kerusakan pada perak, jangan biarkan saus tomat lebih lama dari yang diperlukan. Bilas perhiasanmu hingga bersih, keringkan, dan sudah siap dipakai.

Pasta gigi

Taruh sedikit pasta gigi pada sebuah sikat gigi lama dan gunakan untuk membuat cincin berlianmu kembali bersinar. Bersihkan sisa pasta gigi dengan kain yang basah.

Cuka putih

Pastikan peralatan perak begitu juga kalung, cincin, dan perhiasan lainmu bersinar kembali seperti baru dengan cara merendamnya di dalam larutan ½ cangkir cuka putih dan 2 sendok makan baking soda selama dua atau tiga jam. Lalu bilas di bawah air dingin yang mengalir dan keringkan secara menyeluruh dengan kain basah.

Pembersih kaca

Gunakan pembersih jendela untuk merapikan perhiasan yang semuanya terbuat dari logam atau memiliki batu permata kristalin, seperti berlian atau batu rubi. Semprotkan pembersih kacanya, lalu gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkannya. Tapi jangan lakukan ini jika bagiannya ada yang memiliki batu opak seperti opal atau pirus atau permata organik seperti koral atau mutiara. Kandungan Amonia dan deterjen di dalam pembersih kaca bisa menghitamkan bebatuan ini.