Cara Tepat & Aman Atasi Obesitas

by Ummi on March 20, 2013

Obesitas atau kegemukan adalah salah satu keluhan yang benar-benar sedang tren di masa sekarang ini. Sepertinya orang di masa lampau tidak terlalu dirisaukan oleh obesitas, berbeda halnya dengan orang-orang yang hidup di masa sekarang. Obesitas mungkin disebabkan oleh pola makan, atau sesuatu yang biasa dimakan. Dan biasanya kaum wanitalah yang paling risau dengan masalah kelebihan berat badan ini.

Cara tepat dan aman atasi obesitas

Obesitas sesungguhnya bukan masalah berat badan semata. Yang merisaukan dari obesitas adalah karena hal itu juga bisa memengaruhi kesehatan fisik dengan gangguan pernapasan, terkadang juga sakit kepala, dan gerak tubuh yang lamban.

Cara paling aman dan tepat untuk mengatasi masalah obesitas adalah menerapkan gaya hidup dengan vegetarian. Dan berikut ini resep ampuhnya;

  1. hindari jenis-jenis makanan yang digoreng dan juga kacang tanah. Kalau Anda menyukai camilan sejenis kacang tanah, dapat digantikan dengan kedelai.
  2. konsumsilah buah-buahan asam yang berair secara rutin.
  3. minumlah air putih 4 – 5 liter tiap hari
  4. akan lebih bagus kalau meminum satu gelas larutan jeruk nipis yang dicampur dengan sedikit garam pada waktu pagi, siang dan malam hari.
  5. kurangilah konsumsi gula, dan jika menginginkan makanan atau minuman yang tetap manis, gunakan saja madu sebagai pengganti gula (catatan; konsumsi madu tidak melebihi tiga sendok makan setiap harinya)
  6. jadikanlah sup sayuran sebagai menu makanan setiap hari. Akan lebih baik lagi kalau dapat mengkonsumsi sayur-sayuran segar pada waktu siang dan malam hari.

Untuk mempercepat proses pengurangan berat badan agar mencapai ideal ada baiknya jika melakukan saran-saran berikut;

  1. aktifkanlah persendian dan tulang-tulang dengan cara latihan fisik secara rutin. Bisa dipilih antara yoga, erobik, taichi, senam kebugaran dan semacamnya.
  2. sering-seringlah mandi dengan air dingin dan biasakan untuk melakukan jalan-jalan pagi.

Jika berat badan sudah normal atau ideal, sebaiknya pertahankan berat badan tersebut dengan mengikuti tips menjaga berat badan ideal yang telah diulas beberapa hari yang lalu..