Cara Tepat & Bijak Menggunakan Makanan Sisa

by Ummi on March 20, 2016

Yang dimaksud dengan makanan sisa di sini adalah makanan yang tidak langsung habis ketika di makan atau biasa disebut dengan makanan left over, yang bisa meliputi roti, biskuit, daging, kornet, sosis, keju, atau yang lainnya. Menggunakan kembali makanan sisa memang merupakan cara yang mudah dan praktis untuk menghemat uang belanja bagi sebagian orang, sehingga mereka masih memanfaatkan makanan sisa yang belum habis atau bahkan menggunakan makanan yang sudah melewati masa kedaluarsa.

memanfaatkan makanan beku

Mereka biasanya cuman mengandalkan ‘bau dan penampilan’ makanan dari luarnya, tanpa menghiraukan apakah makanan tersebut sudah melampaui masa kedaluarsa atau belum. Perlu diingat, setiap label makanan, past imenyertakan tanggal kedaluarsa yang biasanya ditandai dengan kode ‘exp date’ atau ‘best before’. Yang perlu kamu tahu tentang kedua hal tersebut adalah :

  • ‘exp date’ atau ‘use by’: makanan dengan label exp date atau use by biasanya diperuntukkan untuk makanan yang bisa lekas basi, seperti ikan asap, produk daging, dan salad siap konsumsi. Jadi, sangat berbahaya jika kamu tetap nekat memakan makanan yang sudah melewati tanggal exp date atau use by.
  • ‘best before’ : makanan yang berlabel best before, biasanya jauh lebih awet, karena dalam bentuk kering, kaleng, atau yang lain. Setidaknya masih relatif aman untuk memakan makanan yang sudah melewati tanggal best before.

Jadi, makanan yang berlabelkan ‘exp date’ lah yang paling penting diperhatikan untuk dijadikan patokan apakah makanan itu masih aman dimakan atau tidak, karena banyak bakteri dan kuman yang berbahaya yang tidak mengeluarkan bau sehingga sulit untuk dideteksi.

Agar makanan sisa yang kamu miliki masih aman untuk dikonsumsi, berikut ini adalah panduan keamanan dalam menggunakan makanan sisa :

Rencanakan sebelum belanja

Jangan hanya sekedar menulis daftar belanjaan saja, tapi rencanakan juga tentang bahan makananmu ke depan. Periksa kulkasmu sebelum berbelanja, apakah masih ada makanan yang masih tersisa. Sehingga, kamu bisa memakan makanan yang masih ada di kulkas terlebih dulu sebelum lewat masa kedaluarsanya.

Periksa label makanan saat belanja

Periksa selalu tanggal kedaluarsa (baik itu ‘use by’, ‘exp date’, atau ‘best before’ nya). Hati-hati dengan adanya penawaran produk spesial seperti ‘beli 2 dapat 3’. Karena kamu mungkin saja bisa berakhir dengan terlalu banyaknya makanan untuk di makan sebelum habis tanggal kedaluarsanya. Sebelum memanfaatkan adanya promo spesial, periksa pula apakah kamu bisa membekukan kemasan tambahannya, atau memasak dalam porsi dua kali lipat serta membekukannya untuk digunakan nanti.

Cintai makanan sisamu

Jangan buang makanan sisamu. Hal itu bisa dijadikan untuk menu sarapan atau makan siang esok harinya. masukkan makanan sisa ke dalam kulkas secepat mungkin, idealnya adalah dalam jarak 90 menit, lalu tutupi makanan tersebut dan dinginkan di kulkas. Segera gunakan makanan sisa yang sudah di kulkas dalam jangka waktu dua hari dan panaskan kembali hingga mendidih. Tapi ingat, jangan panaskan makanan sisa lebih dari satu kali.

Periksa apakah makanan itu bisa dibekukan

Cek pada kemasan makanan, untuk melihat apakah itu cocok untuk dibekukan di kulkas. Jika iya, maka dinginkan makanan sisamu ke dalam kulkas, tunggu hingga dalam kondisi dingin sebelum kamu memasukkannya ke dalam freezer. Selalu lelehkan kembali makanan sisa secara menyeluruh, baik itu di rak kulkas maupun di microwave. Masak segera makanan yang sudah dilelehkan dalam jangka waktu 24 jam setelah pencairan hingga benar-benar mendidih dan jangan bekukan kembali. Pastikan pula jika kulkasmu berada di suhu 5C.

Itu tadi adalah beberapa tips bagaimana cara menggunakan dan memanfaatkan makanan sisa dengan benar. Menggunakan kembali makanan sisa adalah cara terbaik untuk membuat makanan kita bisa lebih tahan lama. Namun, jika kita tidak hati-hati dalam menggunakannya, maka bisa muncul peluang terjadi keracunan makanan akibat kita tidak  menyimpan maupun mengurusnya dengan baik.