Cara Tepat Membekukan Makanan Di Dalam Freezer

by Ummi on November 5, 2015

Membekukan makanan seperti daging sapi, ayam, sosis, bakso, buah, dan sayuran adalah cara yang sangat nyaman untuk menyimpannya agar tetap awet dan tidak rusak atau busuk. Saat kamu tidak bisa memakannya sekarang, kamu masih selalu bisa untuk membekukannya dan memakannnya nanti.

cara membekukan makanan

Namun sebelum kita bahas lebih jauh tentang cara terbaik untuk mencairkan makanan beku kamu juga harus tahu bagaimana cara membekukan makanan yang benar. Makanan yang dibekukan, harus diletakkan pada rak kulkas yang berada di tempat teratas, karena jika tidak, proses pembekuan bisa menjadi tidak konsisten dan akan ada peluang lebih tingggi untuk tumbuhnya  bakteri. Berikut ini akan kami ulas secara detil tentang bagiamana cara tepat membekukan berbagai jenis makanan :

Daging

Ketika mengemas daging untuk dimasukkan freezer, hal yang paling penting adalah untuk melindungi mereka dari paparan udara. Udara akan mengeringkan daging dan menyebabkannya kehilangan citarasa, tekstur, dan terkadang bahkan merubah warnanya. Taruhan terbaik untuk menyimpan daging adalah dengan membungkusnya menggunakan plastik wrap khusus untuk freezer. Letakkan daging yang sudah dikemas dengan plastik wrap tadi ke dalam kantong plastik OPP, lalu keluarkan udara dari kantong sebelum dibekukan. Cara termudah untuk untuk mengeluarkan udara dari kantong plastik adalah hanya dengan menggunakan sedotan plastik. Kelipkan kantong plastik di sekitar sedotan, lalu sedot udara keluar dengan sedotan tadi, lalu dengan cepat tutuplah rapat-rapat kantongnya. Atau jika kamu memasukkannya ke kantong plastik biasa, maka buat ikatan simpul kantungnya sedekat mungkin dengan daging dan keluarkan udaranya sebanayka mungkin.

Cara lain adalah, bungkus daging sangat erat baik dengan plastik wrap atau freezer paper, lalu tekan pembungkusnya di sekitar permukaan daging untuk mengleuarkan udaranya. Selanjutnya, bungkus daging dengan lapisan lain dari aluminium foil di sekitar daging atau segel daging tersebut di dalam kantong freezer zip-top. Jika dikemas dengan cara seperti ini, daging dapat disimpan dalam kondisi beku untuk setidaknya waktu tiga bulan.

Buah dan sayuran

Membekukan buah dan sayuran memiliki sedikit perbedaan dengan daging, namun masih cukup mudah untuk dilakukan. Seperti halnya daging, kamu harus menghilangkan dulu udara dari kantong plastiknya, namun secara umum kamu tidak perlu membekukan buah dan sayur di rak kulkas yang paling atas.

Jenis roti dan kue

Roti-rotian adalah makanan termudah untuk dibekukan namun sering malah menjadi rusak setelah dibekukan. Ada beberapa hal yang perlu diingat dengan roti-rotian. Pertama, jangan pernah membekukan roti saat baru saja dikeluarkan dari oven. Biarkan mereka dingin secara alami terlebih dulu. Lalu, kamu perlu membungkus roti dalam plastik wrap dan waspadai bahwa setiap panas bisa menyebabkan kondensasi. Hal ini bisa merusak teksturnya saat kamu hendak mencairkannya nanti. Setelah membungkus roti dengan plastik wrap, bungkus lagi dengan lapisan aluminium foil, lalu masukkan ke dalam freezer.

Lakukan pelabelan

Memang akan sangat mudah jika tinggal melemparkan sesuatu ke dalam freezer dan kamu melupakan mereka dan baru ingat saat kamu hendak memakannya. Jika kamu tidak terlalu sering menggunakan freezermu, maka hal tersebut masih tidak begitu penting, namun jika kamu memiliki banyak makanan beku, maka hal tersebut bisa menjadi masalah. Kamu akan kesulitan menemukan makanan mana yang lebih dulu kamu masukkan ke dalam freezer atau makanan mana yang sudah melebihi batas waktu simpan.

Untuk itu, saat kamu hendak menyimpan kantong plastik yang penuh dengan berbagai jenis makanan, pastikan kamu sudah melabelinya dengan spidol permanen sehingga kamu bisa dengan mudah melihat isi di dalamnya dan tanggal berapa kamu memasukkannnya, sehingga kamu bisa menghindari mencairkan makanan yang sudah tidak aman lagi untuk dimakan.

Makanan segar vs makanan beku

Makanan segar memang sangat bagus, saat itu benar-benar masih segar. Sayangnya, tidak semua dari kita memliki kesempatan untuk memakan makanan yang benar-benar segar sepanjang waktu. Jika makanan segar tidak diproduksi langsung di daerahmu, maka makanan beku seringkali malah bisa menjadi lebih segar. Jika kamu tidak bisa membeli makanan tersegar saat ia masih segar, membelinya dalam kondisi beku mungkin bisa menjadi pilihan terbaikmu. Dan itu seringkali lebih murah, mudah, dan rasanya bisa lebih enak untuk jangka waktu yang lama.

Mencairkan makanan beku

Saat kamu ingin memakannya, maka waktunya untuk mengeluarkan makanan beku dari freezer. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan saat mencairkan makanan tersebut adalah berikan banyak waktu bagi makanan itu untuk mencair secara alami. Perubahan temperatur yang ekstrem bisa menyebabkan masalah. Jadi, meski memasukkan makanan beku ke microwave adalah cara yang mudah dan cepat, namun itu bukan cara ideal untuk diambil.