Cara Tepat Membersihkan Kulkas

by Ummi on May 29, 2017

Kulkas adalah pusat dari dapur kita. Kita bergantung padanya untuk menyimpan semua makanan mulai dari buah, sayur, daging, minuman hingga ikan dengan aman sampai kita siap untuk menggunakannya. Sayangnya, kulkas mendapatkan banyak siksaan. Kita mengisi penuh kulkas dengan berbagai macam hal.

membersihkan kulkas

Kita melupakan makanan sisa yang kita taruh begitu saja di kulkas. Kita juga mengabaikan tumpahan makanan sampai mereka mengkristal. Lalu kita mengeluhkan saat ada bau tak sedap sedikit sekalipun. Nah, agar kulkasmu selalu bersih dan aman untuk menyimpan makanan, simak langkah-langkah membersihkan kulkas yang tepat berikut ini ;

Cara membersihkan kulkas

  1. Keluarkan dulu semua makanan

Buang setiap makanan yang sudah sangat lama atau kadaluwarsa di tempat sampah. Pindahkan makanan yang masih bagus ke termos yang di isi dengan es batu untuk menjaganya tetap aman dan dingin sementara kamu membersihkan bagian dalam kulkas.

  1. Lepaskan Rak dan Laci kulkas

Keluarkan semua laci dan rak kulkas yang dapat dilepas, lalu sisihkan. Laci dan rak yang terbuat dari logam atau plastik sebenarnya bisa dicuci langsung dengan air panas dan sabun cuci piring saja, namun bagian yang terbuat dari kaca dan keramik perlu secara bertahap untuk dihangatkan sampai suhu kamar sebelum dicuci dengan air panas agar tidak pecah dan retak.

  1. Usap bagian interior kulkas

Gunakan kain bersih yang dicelup dengan air panas dan deterjen ringan seperti sabun cuci piring. Mulailah membersihkan dari atas ke bawah untuk mencegah tetesan yang tajuh pada permukaan yang sudah bersih. Untuk membersihkan tumpahan yang mengeras dan susah digosok, mungkin membutuhkan scrubber plastik yang non-abrasif. Pilihan lainnya adalah dengan meletakkan kain basah yang hangat di atas area yang terkena tumpahan selama beberapa menit. Area tumpahan akan lebih lembut dan mudah dibersihkan. Bilas kain yang sudah kotor secara menyeluruh dan / atau gunakan beberapa kain sekaligus untuk memastikan kebersihannya. Perhatikan secara khusus pada celah bagian bawah dan belakang kulkas tempat tumpahan cenderung bermigrasi. Terakhir, bersihkan pintu interiornya.

  1. Bersihkan Rak dan Laci kulkas

Kini setelah rak dan lacimu memiliki waktu untuk pemanasan secara bertahap, luangkan beberapa saat dan bersihkan serta keringkan semuanya dengan seksama. Hati-hati, terutama saat menangani rak kaca yang licin. Sarung tangan pencuci piring bisa membantu mencegah kerusakan.

  1. Keringkan bagian interior

Keringkan bagian interior kulkas menggunakan kain kering atau handuk bersih. Usap bagian dalam lemari pendingin untuk memastikannya benar-benar kering. Jangan lupa mengeringkan pintu interior juga.

  1. Tata kembali makanannya

Masukkan makanan itu kembali ke kulkas. Sekarang juga merupakan saat yang tepat untuk menyeka stoples atau wadah makanan yang mungkin butuh dibersihkan, seperti toples jelly yang lengket atau tutup salad yang berkerak. Berhati-hatilah untuk menggunakan kain bersih saat bekerja dengan stoples makanan dan juga keringkan dengan seksama.

  1. Bersihkan freezer

Gunakan metode yang sama di atas untuk membersihkan freezer. Hal yang hebat tentang freezer adalah bahwa mereka jarang memiliki tumpahan dan perlu segera disikat. Kamu mungkin hanya perlu memeriksa dan membuang makanan yang kadaluarsa. Jika freezer memang membutuhkan pembersihan lebih menyeluruh, maka kamu bisa menggunakan metode yang sama dengan yang digunakan di kulkas.

  1. Bersihkan bagian luar kulkas

Mulai dari bagian atas, lap dan bersihkan bagian eksterior dari kulkas menggunakan air panas atau hangat dan sabun cuci piring yang ringan. Jika kamu memiliki kulkas yang terbuat dari stainless steel, maka kamu butuh menggunakan kain anti gores yang lembut, dan cuka atau pembersih jendela agar permukaannya tetap mengkilap. Jangan lupa pula membersihkan segel paking karet di sekitar tepi pintu menggunakan sabun cuci piring dan air hangat. Kotoran dan debu bisa terkumpul di sini dan menyebabkan segelnya retak.

  1. Secara musiman : Cek wadah tetesan

Beberapa model kulkas memiliki panci wadah tetesan yang dapat dilepas yang berfungsi mengumpulkan kondensasi dari kulkas. Lepaskan grill dari bawah bagian depan kulkasmu dan gunakan senter untuk menemukan panci tetesan. Ini akan berada di atas koil kondensor. Panci tetesan bisa menjadi berjamur dan kotor seiring berjalannya waktu, jadi kenakan sarung tangan dan bersiaplah. Lepaskan panci tetes dan bersihkan secara menyeluruh sebelum diganti. Kamu juga mungkin perlu menggunakan pemutih. Bila ragu, maka mengaculah pada petunjuk dari pabrikan dan ikuti mereka. Keringkan dan ganti panci tetes dan grill depan.

  1. Secara musiman : bersihkan Kumparan Kulkas

Cabut kabel kulkas dan pindahkan dari dinding dengan hati-hati dan perlahan. Untuk model dengan gulungan di bagian belakang kulkas, gunakan sikat untuk membersihkan kumparan. Beberapa model kumparan yang berdampingan dan model built-in mungkin memiliki gulungan yang terletak di balik lubang di bagian atas, bawah atau belakang kulkas. Beberapa model bahkan memiliki ventilasi yang disekrup di atas gulungan. Pada model ini, kamu harus menggunakan lampiran celah panjang yang sempit untuk penyedot debumu. Lihat petunjuk manual kulkas milikmu untuk mendapatkan bantuan. Letakkan kembali kulkas dan colokkan kembali.

Selain itu, mengelap segera tumpahan makanan yang ada dan membuang makanan yang sudah lama setiap minggu, akan membantumu mempertahankan kebersihan kulkas dalam waktu yang lama. Menambahkan kotak baking soda di kulkas juga bisa untuk menghilangkan bau di dalam kulkas dan freezer. Hal ini bagus jika kamu ingin aroma makanan yang kamu simpan di kulkas tidak campur aduk.