Cara Tepat Menggunakan Kuas Make Up

by Ummi on August 14, 2015

Sudah kita ketahui, bahwa kuas makeup hadir dalam berbagai jenis dan fungsi kuas yang berbeda. Keberadaan kuas-kuas makeup ini bisa menjadi alat yang memudahkan dalam menerapkan makeup, namun pasti tidak semua orang bisa menerapkannya secara benar. Banyak wanita yang menggunakan kuas makeup dengan gerakan menggosok atau menyapu dengan kasar dan asal-asalan. Mereka merias wajah dengan gerakan kuas makeup yang liar dan tidak terarah saat mencoba menerapkan blush on atau eyeshadow. Padahal, ada metode yang lebih mudah dan efisien untuk menggunakannya. Saat kamu menyapukan, menepuk-nepuk, atau menggosokkan dengan kasar kuas pada wajah, maka itu bisa menghilangkan apa yang baru saja kamu taruh diatasnya. Teknik terbaik adalah, dengan memakai kuas dalam gerakan pendek, ringan, dan terarah yang akan meluncur dengan halus diatas kulit.

teknik menggunakan kuas makeup yang benar

Jika ada garis yang berbeda pada tempat dimana sapuan kuasmu diletakkan (tidak sama rata dan searah), atau kamu merasa terpaksa harus menggunakan jarimu untuk membaurkan makeup yang baru saja kamu aplikasikan, kemungkinan besar kamu tidak menggunakan kuas tersebut dengan benar atau kuas yang kamu gunakan terlalu kasar untuk pengaplikasian makeup yang lembut. Atau kemungkinan lain adalah kamu terlalu tebal menggunakan foundation atau menggunakan foundation yang terlalu berminyak, atau warna blush on yang kamu pilih warnanya terlalu kuat bagi warna kulitmu.

Kamu seharusnya jangan membaurkan setiap hal dengan menggunakan jari. Gunakanlah kuas makeup atau spon berbentuk kotak yang datar dan tipis untuk mengoleskan foundation. Spon ini juga bisa digunakan untuk menghaluskan tepian blush on, contour, dan eyeshadow. Hal lain yang sangat penting diingat saat menggunakan kuas supaya lebih efektif (meski awalnya tidak tampak signifikan) adalah, caramu dalam mengambil bedak dengan kuas sebelum menerapkannya ke wajah. Jangan pernah menekan atau menggosok-gosokkan kuasmu ke bedak. Lebih baik, letakkan kuas ke bedak secara perlahan tanpa menggerakkan bulu-bulunya, kalau kamu tidak ingin bulu-bulu kuasmu menjadi bengkok atau melebar (megar). Selalu tebaskan kuas secara perlahan ke bedak dengan merata dan selalu ketuk-ketukkan kelebihan bedak sebelum kamu menerapkannya ke wajah. Hal ini akan mencegah menerapkan terlalu banyak warna di tempat pertama sentuhan kuasmu berada. Karena kalau bicara masalah makeup, akan selalu lebih mudah untuk menambahkan daripada harus mengurangi.

Kesalahan dalam menerapkan kuas makeup yang harus dihindari :

  • Jangan gunakan kuas makeup yang kaku dan keras.
  • Jangan gunakan kuas yang berukuran terlalu besar atau terlalu kecil dengan bulu-bulu yang terlalu renggang, karena tidak akan bisa awet bertahan dari waktu ke waktu.
  • Jangan lupa untuk mengetuk-ketukkan sisa kelebihan bedak pada kuas sebelum kamu menerapkan warnanya ke wajah.
  • Jangan sapukan atau gosokkan kuas makeup di seluruh wajah secara kasar. Sebagai gantinya, sapukan warna pada kuas secara perlahan dengan gerakan pendek yang merata.
  • Jangan lupa gunakan spons untuk membaurkan tepian yang sulit dijangkau dan melembutkan aplikasi warnamu.
  • Jangan lupa pula untuk mencuci kuas makeup setiap bulan, kecuali jika kamu menggunakan kuasmu untuk merias beberapa orang, seperti kuas milik penata rias, maka harus dicuci atau di disinfektan setiap hari.