≡ Menu
werno-werno.com

Cara unik untuk mengusir lalat

Lalat! Siapa yang tidak sebal dengan serangga yang satu ini. Selain suka hinggap diatas makanan, kawanan lalat yang bergerombol sering merusak pemandangan sekitar. Banyak cara dilakukan untuk mengusir hewan mungil ini. Mulai dari memakai semprotan anti serangga, perekat lalat, hingga memukulnya dengan sapu lidi. Tapi tahukah kamu, diluar negeri ada salah satu cara unik untuk mengusir lalat, yaitu dengan air yang dimasukkan ke dalam kantong plastik yang digantung didepan atau disamping pintu restoran atau dekat panggangan?

Cara mengusir lalat

Lalu, Mengapa Lalat dan sekantong air tidak bisa bersama?
Metode kantong air sebagai pengusir lalat memiliki banyak pendukung, mulai dari pemilik restoran hingga orang yang biasa melakukan pesta barbeque dibelakang rumah. Banyak kisah sukses mengenai keberhasilan metode ini, mulai dari cerita ringan hingga kisah ajaib yang memenuhi situs Internet.
Jadi bagaimana metode ini bisa mengusir lalat pergi? Beberapa orang berpendapat lalat mengira cairan bening pada kantong air merupakan permukaan air, sehingga lalat ogah mendekat. Sedangkan yang lain mengklaim lalat terbang jauh saat melihat refleksi yang dipantulkan air. Tapi penalaran paling populer yang muncul di antara ahli entomologi dan pengusaha hak paten adalah pembiasan yang sederhana dari cahaya.

Pembiasan terjadi jika benda yang jelas atau buram, seperti sepotong kaca atau kantong air, mengubah arah dan kecepatan cahaya. Sinar cahaya, yang biasanya berjalan dalam garis lurus, menjadi berbelok. Efek ini mengakibatkan timbulnya sejumlah ilusi optik, seperti fatamorgana, yang kadang-kadang membingungkan manusia juga.

Secara teori, pembiasan bisa jadi membingungkan bagi beberapa spesies serangga, terutama lalat. Hal tersebut memiliki larik yang sangat sensitif bagi mata yang memungkinkan untuk melihat beberapa arah sekaligus dalam satu waktu. Kepala serangga sebagian besar terdiri dari sepasang mata kompleks yang besar, yang masing-masing terdiri dari 3.000 sampai 6.000 mata sederhana. Mata ini tidak bisa bergerak atau fokus pada objek tertentu seperti mata manusia, tapi mereka bisa memberikan lalat pemandangan mosaik dunia di sekitar mereka. Setiap mata sederhana memberikan salah satu bagian kecil dari puzzle, kurang lebih seperti cara pixel layar yang memberikan satu detail dari gambar yang lebih besar.

Seekor lalat mendasarkan arti arah pada tempat darimana sinar matahari berasal. Beberapa ahli entomologi percaya bahwa ketika mata kompleks dan sangat sensitif ini, mengalami pembiasan cahaya, lalat menjadi bingung dan pergi menjauh.

Beberapa laporan keberhasilan metode ini menyebutkan bahawa kebanyakan serangga bisa diusir dengan metode ini, terutama serangga yang memiliki mata kompleks seperti lalat. Apakah Anda termasuk orang yang percaya dengan metode ini atau menganggap kalau metode ini hanya mitos belaka? Silahkan buktikan sendiri..

0 comments… add one

Leave a Comment