≡ Menu
werno-werno.com

Cerdas Memilih Makanan Selama Bepergian

Entah kamu sedang liburan bersama keluarga ke suatu tempat wisata, sedang mudik ke kampung halaman, atau melakukan kunjungan kerja ke suatu daerah, kamu harus mempersiapkan dengan baik makanan dan camilan yang akan kamu makan selama dalam perjalanan. Jika tidak, bisa menyebabkan ngemil yang tidak terkendali dan makan makanan sembarangan serta menghambur-hamburkan uang. Ikuti saran dan tips berikut ini untuk membuat perjalanan panjangmu terasa menyenangkan dan menyehatkan:

cerdas memilih makanan saat bepergian

  1. Persiapkan makananmu

Berhubung kamu akan berada lama di jalan, maka pertimbangkan dengan baik tentang apa yang kamu inginkan sebagai suguhan selama perjalanan. Contohnya, bawalah bekal makanan yang sehat seeprti roti gandum dan selai atau sandwich tuna untuk sarapan dan makan siang jika kamu tahu kalau kamu akan makan malam di restoran dengan tawaran menu yang tidak menyehatkan dan berlemak tinggi.

  1. Berpedoman pada aturan ‘satu piring’

Jika kamu bepergian bersama rombongan, dan makan malamnya cenderung dalam bentuk prasmanan, maka penuhi satu piring dengan porsi kecil dari menu apapun yang kelihatannya lezat menurutmu. Akan lebih baik jika kamu juga menumpuk aneka sayuran ke dalam piringmu.

  1. Berbelanjalah secara royal

Tentukan jenis makanan yang unik atau menjadi ciri khas di daerah yang kamu kunjungi untuk menu makanmu. Apakah itu mpek-mpek Palembang, coto Makassar, soto Lamongan, atau yang lainnya, semua terserah kamu. Asalkan makanan itu rasanya lezat, higienis dan bisa menambah pengalaman kulinermu.

  1. Pilih minuman yang tepat

Daripada kamu harus minum minuman yang terasa berat seperti es campur atau es teler, lebih baik ganti minumanmu dengan jus buah segar seperti jus jeruk, anggur, atau jambu, atau lebih aman lagi jika hanya minum air putih.

Untuk lebih spesifik, berikut adalah panduan sesuai dengan jenis kendaraan apa yang akan kamu naiki selama perjalanan agar tetap aman terkendali :

  • Di dalam mobil

Jika kamu melakukan perjalanan bersama keluarga dengan menggunakan mobil, maka buatlah motto ‘tak usah ngotot dan repot’. Ini berarti kamu harus :

mempersiapkan kotak makanan ringan. Pilih beberapa camilan sehat seperti kacang, biji bunga matahari (kwaci), atau almond, lalu masukkan ke dalam satu toples saja. Letakkan toples tadi di laci mobil. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal yang terdapat pada kacang-kacangan dan kwaci, bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Taruh toples camilanmu di tempat yang sulit terjangkau  seperti kursi belakang atau bagasi sehingga kamu tidak akan tergoda untuk terus-terusan makan karena merasa bosan di jalan. Bawa pula pendingin ukuran kecil. Penuhi dengan makanan kemasan yang mengandung protein seperti keju rendah lemak, yogurt, atau minuman prebiotik.

  • Di dalam pesawat

Kemaslah botol kosong yang bebas BPA ke dalam tas bawaanmu. Lalu isi dengan air mineral yang tersedia di bandara saat kamu sudah melewati pengecekan keamanan. Tetap terhidrasi selama dalam pesawat sangatlah penting karena udara dalam kabin pesawat yang kering bisa menyebabkan dehidrasi, yang bisa membuatmu merasa lemas dan pusing. Kamu akan merasa lebih baik saat kamu sudah mendarat dan lebih kecil kemungkinannnya mendapatkan perawatan di bandara jika kamu cukup minum selama dalam penerbangan. Dan seringkali saat kamu merasa lapar di pesawat, sebenarnya kamu hanya kehausan.

  • Di pantai

Saat kamu berlibur ke pantai, beberapa pilihan menu seafood goreng dan bakar yang berminyak yang tersedia di sepanjang pinggiran pantai mungkin akan terdengar (dan baunya) menggoda. Namun, tidak ada yang lebih buruk saat menikmati terik matahari di tepi pantai daripada merasa lemas dan begah setelah kekenyangan berpesta pora berlebihan. Sebaiknya, bawa menu berupa apel segar yang sudah di iris-iris, yang dilapisi dengna selai kacang diantaranya untuk membentuk seperti sandwich agar kamu terpenuhi rasa laparmu dengan tetap merasa bertenaga. Atau belilah yogurt beku dengan buah-buahan tropis sebagai toppingnya..

0 comments… add one

Leave a Comment