≡ Menu
werno-werno.com

Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal dan Pengobatannya

Sakit perut memang tidak mengenakkan, namun ketika sakitnya menjadi menyiksa dan kamu  kesulitan serta tidak dapat menemukan posisi yang nyaman untuk duduk atau berbaring, maka kamu mungkin berhadapan dengan lebih dari sakit perut yang biasanya. Christopher Coogan, MD, profesor urologi di Rush University Medical Center, mengatakan sekitar 10 sampai 15 persen dari populasi akan mengalami batu ginjal dalam hidup mereka, yang merupakan deposit mineral keras berukuran kecil yang terbentuk di ginjal yang dapat menyakitkan untuk dilalui di beberapa titik kehidupan mereka, dimana orang kulit putih usia 40 sampai 60 tahun adalah yang paling mungkin memiliki batu ginjal.

Dr. Coogan mengatakan mereka yang sudah memiliki batu ginjal memiliki kesempatan 50 persen untuk menderita batu ginjal lain dalam jangka waktu 10 tahun. Tapi bagaimana kamu tahu jika apa yang kamu alami adalah batu ginjal bukannya sakit perut atau punggung? Berikut adalah beberapa gejala penyakit batu ginjal dan bagaimana cara mencegahnya :

Sakit perut atau punggung yang mendadak dan parah

Orang dewasa seringkali didiagnosa dengan penyakit batu ginjal setelah mereka mengunjungi ruangan gawat darurat atau mengnujungi dokter spesialis karena mengalami sakit perut dan atau punggung yang mendadak dan sangt parah. Rasa sakit yang tiba-tiba dan parah di perut dan atau di punggung ini adalah gejala klasik dari batu ginjal.

“Rasa sakit yang berkaitan dengan batu ginjal seringkali datang dengan tiba-tiba dan kadang-kadang digambarkan seperti rasa sakit menyiksa yang dialami saat hendak melahirkan,” ujar Douglas Propp, MD direktur medis dan pimpinan pengobatan emerjensi di Advocate Lutheran General Hospital di Illinois.

Rasa sakit parah di mana kamu tidak dapat menemukan rasa lega, bisa membantu membedakan antara rasa sakit yang terkait dengan batu ginjal dari sakit perut atau punggung kaku. Rasa sakit yang terkait dengan batu ginjal kadang-kadang bisa membingungkan antara sakit punggung karena rasa sakit yang terkait dengan batu ginjal dapat dimulai di bagian punggung yang lebih tinggi. Karena batu bergerak mendekati kandung kemih, lokasi nyeri dapat bergerak lebih rendah. Perbedaan yang penting: nyeri punggung yang menyertai batu ginjal tidak seperti rasa sakit punggung biasanya karena tidak terkait dengan gerakan apapun.

Ukuran batu ginjal juga bisa berbeda-beda. Ukuran rata-rata dari batu ginjal adalah 5 milimeters. Meski begitu, ukuran batu ginjal tidak terlalu berpengaruh pada seberapa sakitkah yang akan dialami seseorang. Bahkan batu ginjal berukuran sangat kecil sekalipun bisa menyebabkan sakit yang sangat parah. Batu ginjal juga bisa sangat menyakitkan yang bisa membangunkan seseorang dari tidurnya untuk menemukan posisi mana yang bisa memberikan perasaan lega, apakah itu berdiri, duduk, atau berbaring. Rasa sakit bisa datang kapan saja dan itu sangat parah, dan biasanya mencegah seseorang untuk bisa menemukan posisi badan yang nyaman.

Keluarnya darah di urin

Tanda peringatan lain yang mungkin dari batu ginjal adalah ditemukannya darah dalam urin seseorang. Dr. Coogan mengatakan ini terjadi pada sebagian besar pasien yang memiliki batu ginjal. Darah dalam urin adalah kondisi abnormal dan kamu harus segera mendapatkan evaluasi jika kamu melihat gejala ini.

Sementara sakit perut dan / atau nyeri punggung yang tiba-tiba dan parah serta darah dalam urin dapat menjadi indikator kunci dari batu ginjal, Dr. Propp dan Dr. Coogan juga mencatat tanda-tanda peringatan lainnya yang harus pasien cari:

  • Mual
  • Muntah
  • Berkeringat
  • Berubah menjadi sangat pucat karena sakit

Beberapa jenis batu ginjal juga dapat menyebabkan infeksi, yang dapat menyebabkan demam. “Ketika ginjal akan terhambat, hal itu dapat menyebabkan demam karena dorongan urin dan dapat menyebabkan infeksi,” kata Dr Coogan.

Cara mendiagnosa dan mengobati batu ginjal

Batu ginjal dapat didiagnosis melalui sinar X, USG, atau CT scan dan biasanya ditemukan setelah seseorang mengunjungi ruang gawat darurat atau membuat janji dengan dokter perawatan primer mereka karena rasa sakit yang telah mereka alami.

Dr. Propp mengatakan sebagian besar pasien bisa mengeluarkan batu ginjal mereka, yang menyebabkan bantuan yang signifikan dari gejala yang mereka alami. Tetapi beberapa batu ginjal memerlukan operasi untuk menghapusnya. Dokter kadang-kadang meresepkan obat untuk baik mengelola rasa sakit yang terkait dengan batu ginjal atau untuk membantu mengeluarkan batu ginjal. “Semakin kecil ukuran batu adalah semakin besar kemungkinan untuk bisa keluar sendiri, tanpa membutuhkan pembedahan,” kata Dr Coogan.

Cara mencegah batu ginjal

Dr. Coogan mengatakan salah satu cara orang dapat mencegah terjadinya batu ginjal adalah untuk minum cukup air, karena dehidrasi dianggap sebagai salah satu penyebab utama batu ginjal.

0 comments… add one

Leave a Comment