Ciri-ciri Produk Kosmetik Yang Sudah Tidak Layak Pakai

by Ummi on October 9, 2015

Kamu tentu tahu, setiap produk kecantikan memiliki tanggal kedaluarsa sendiri-sendiri. Ada yang tiga tahun, dua tahun, bahkan hingga lima tahun. Namun menyimpan produk makeup seperti pelembab, bedak, foundation, dan maskara di dalam mobil atau di kamar mandi yang panas dan beruap, bisa mempengaruhi konsistensi, warna, dan bahan aktifnya, sehingga membuat mereka cepat menjadi berubah kualitasnya (buruk) dan kamu terpaksa harus membeli semua produk yang baru.

ciri makeup tak layak pakai

Hal itu sangat merugikan dan tidak efisien. Berikut ini akan kami ulas bagaimana cara mengetahui jika produk makeup-mu sudah tak layak pakai dan rusak, dan bagaimana cara yang tepat untuk menyimpan produk kosmetikmu sehingga kamu bisa memaksimalkanĀ  masa penggunaannya.

Produk kecantikan yang sudah tak layak pakai

Secara umum, produk kosmetik yang berbentuk cair akan memiliki reaksi yang lebih buruk di dalam kondisi yang panas daripada produk yang berbentuk padat dan bubuk, ujar Victoria Colangelo, seorang pakar kosmetik.

Dan produk kosmetik yang mengandung bahan alami akan cenderung mudah bereaksi juga. Hal ini disebabkan karena produk dengan bahan aktif alami memiliki komposisi molekul yang sangat spesifik. Panas dan paparan sinar UV bisa merubah komposisi aktif atau benar-benar bisa menghancurkannya, sehingga membuat produk tersebut sudah tidak efektif lagi.

Meskipun beberapa produk kosmetik cair akan tetap bertahan selama beberapa hari di ruangan yang panas karena telah melalui beberapa uji laboratorium yang ketat sebelum dilempar ke pasaran, namun semakin lama mereka menghabiskan waktu di lingkungan yang panas, maka akan semakin cepat pula mereka akan menjadi rusak dan tidak efektif.

Cara mengetahui produk yang sudah berubah kualitasnya

Untuk mengetahui apakah produk kosmetik yang kamu miliki masih bagus atau sudah tidak layak pakai lagi, gunakan hidungmu untuk mendeteksi adanya bau tak sedap atau tengik di produk kosmetikmu, sehingga kamu bisa dengan mudah menandai bahwa produk tersebut sudah tidak layak pakai. Dari segi penampilan, produk yang sudah tak layak pakai akan mudah meleleh secara dramatis dan produk yang mengandung warna seperti lipstik, warna aslinya akan menjadi memudar dan teksturnya lembek. Sedang produk kosmetik yang berbentuk serbuk seperti bedak, tampilannya akan menjadi menggumpal saat sudah tak layak pakai lagi.

Namun kamu akan melihat perubahan kualitas yang paling mencolok pada sunscreen (tabir surya) dan foundation. Warna dan formula dari foundation benar-benar akan menjadi terpisah (tidak menyatu). Untuk produk yang mengandung SPF yang berbentuk stik, kualitasnya tidak akan berubah, sedangkan produk SPF yang berbentuk cair akan mengalami perubahan konsistensi, dan kemungkinan besar akan mencair jika teksturnya lebih tipis.

Misalnya saja pelembab berwarna yang ditaruh di dalam rak kamar mandi selama beberapa bulan, teksturnya akan berubah dari yang lembut menjadi menggumpal. Sebaliknya, foundation yang disimpan di lingkungan yang panas dan terkena sinar matahari langsung selama beberapa bulan, minyaknya akan terpisah dari pigmennya. Foundation tersebut akan menjadi terlalu encer dan berminyak untuk digunakan.

Apakah mereka masih bisa digunakan?

Sayang sekali, tidak bisa. Jika kamu melihat adanya perubahan konsistensi pada produk yang mengandung SPF, maka lebih baik kamu membuangnya saja. Karena, perlindungan UV merupakan hal rawan yang tidak bisa kamu ambil resikonya. Jadi, saat kamu sudah tidak bisa membenahi produk makeup yang sudah rusak dan tak layak pakai, lebih baik kamu buang dan beli lagi yang baru.

Cara tepat menyimpan produk kosmetik

Produk kosmetik dengan kandungan minyak dan silikon (termasuk juga parfum) sebaiknya selalu disimpan di suhu ruangan karena mereka akan mulai terurai jika suhunya terlalu panas. Jika kamu menyimpannya di mobil, taruh produk kosmetik di kotak dashboard, karena sinar matahari langsung bisa melakukan penetrasi melalui kaca mobil dan merusak formulanya. Dan jika kamu sedang berlibur atau tinggal di daerah yang bercuaca panas, maka simpan produkmu di tempat paling sejuk dari ruangan rumah, dan simpan dalam tas makeup buram dengan kompres es jika kamu membawanya ke pantai.