Daftar 7 Keajaiban Dunia Yang Baru

by Ummi on September 19, 2015

Keajaiban dunia, bisa diartikan sebagai sebuah maha karya buatan manusia yang mencerminkan kemegahan dan kesempurnaan sebuah arsitekstur. Pada tahun 2007 yang lalu, lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia telah melakukan voting untuk mendeklarasikan 7 keajaiban dunia yang baru (The New Seven Wonders of The World).

Kalau dulu, peninggalan bersejarah yang menjadi kebanggan bangsa kita, Candi Borobudur masuk ke dalam daftar 7 keajaiban dunia, sayangnya, dalam daftar 7 keajaiban dunia yang baru kali ini, Borobudur sudah tidak masuk lagi kedalam jajarannya.

NEW 7 WONDERS

Lalu, tempat apa saja yang kini menjadi pemenang dan masuk ke dalam 7 keajaiban dunia yang baru? Berikut adalah ulasan lengkapnya :

Tembok Raksasa, China (Great Wall of China)

Bangunan pertama yang masuk dalam daftar 7 Keajaiban dunia baru adalah Tembok Raksasa China. Serangkaian bangunan benteng ini, mulai dibangun pada abad ke-5 hingga abad ke-16 Sebelum Masehi dalam rangka memberikan perlindungan Kekaisaran China dari serangan bangsa Mongol. Tembok ini menjadi struktur bangunan buatan manusia yang terpanjang di dunia. Tembok Raksasa China memiliki panjang 8.851 km dan terbuat dari batu, bata, pasir yang dipadatkan dan kayu.

Meski sebagian seksi dari Tembok China sudah direnovasi dan dipertahankan dalam kondisi optimalnya untuk menjaga aktivitas pariwisata, namun di sebagian tembok yang lain telah mengalami kerusakan akibat ulah manusia atau erosi alam. Selain itu, banyak penduduk lokal yang mengambili batu-batunya untuk dijadikan rumah, atau merobohkan temboknya karena berada di jalur kontruksi pembuatan jalan raya yang baru.

Patung Yesus Sang Penebus, Brazil ( Christ The Redeemer Statue )

Patung bergaya art-deco ini menjulang di atas Brazil dan bisa dilihat dari puncak gunung Corcovado dengan ukuran raksasa yang menakjubkan dan dibangun pada tahun 1931 yang lalu. Patung setinggi 130 kaki atau sekitar 39.6 meter yang terbuat dari beton bertulang dan soapstone ini merupakan karya rancangan Heitor da Silva Costa. Patung Yesus Sang Penebus telah menghabiskan dana sekitar $250.000 yang kebanyakan diperoleh dari para penyumbang dan telah menjadi ikon dari kota Rio de Jenairo di Brazil serta menjadi patung tertinggi ke lima di dunia.

Machu Pichu, Peru

Machu Pichu dibangun pada abad ke-15 dan berada di puncak Istana Kerajaan suku Inka. Ini merupakan salah satu situs arkeologi yang paling populer di dunia dan masuk di urutan nomer empat dari 7 keajaiban dunia yang baru. Tersembunyi dibalik Gunung Andes, tepatnya di lembah Urubamba yang dikeramatkan oleh suku Inka, situs Machu Pichu hanya diketahui oleh penduduk lokal dan masih belum diketahui dunia luar hingga akhirnya ditemukan oleh sejarawan dan arkeolog asal Amerika Hiram Bingham pada tahun 1911 yang lalu.

Sejak saat itu, situs-situs peninggalan suku Inka bukan saja telah menjadi daya tarik pariwisata utama namun juga menjadi subjek penelitian dari para ilmuwan dan sejarawan. Untuk mencapai Machu Pichu, hanya bisa ditempuh dengan cara jalan kaki, naik kereta, atau helicopter. Sebagian besar wisatawan mengunjunginya menggunakan kereta api dari sekitar daerah Cusco.

Chichen Itza, Meksiko

Semenanjung Yucatan di Meksiko juga menyimpan situs arkeologi zaman pra Colombus lain yang sangat berharga. Chichen Itza dibangun oleh peradaban suku Maya dan menjadi pusat politik serta dministrasi yang penting bagi mereka. Konstruksinya selesai pada tahun 600 M dan mencakup banyak gaya arsitektur khas pada periode akhir klasik di Meksiko.

Reruntuhan yang paling terkenal di situs ini adalah El Caracol, sebuah observatorium astronomi yang canggih. Chichen Itza merupakan atraksi pariwisata yang paling banyak dikunjungi nomer dua di Meksiko dengan lebih dari 1 juta kunjungan turis setiap tahunnya. Kebanyakan gelombang turis darang dari resort yang ada di pantai Cancun.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2