≡ Menu
werno-werno.com

Daftar bahan dapur untuk mengobati jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum diderita banyak orang. Problem satu ini bisa menyerang setiap orang di semua kalangan usia, meski sering diderita oleh para remaja yang memasuki usia pubertas. Jerawat akan muncul saat kelenjar minyak di dasar folikel rambut menjadi tersumbat.

Daftar bahan dapur untuk mengobati jerawat

Penyebab utama jerawat adalah produksi minyak berlebih. Penumpukan sel kulit mati, bakteri dan pori-pori yang tersumbat. Faktor lain yang bisa memperparah atau memicu jerawat yang sudah ada adalah perubahan hormon, penggunaan obat-obatan tertentu, memakan makanan pencetus jerawat, kurangnya higienitas dan stress. Jerawat biasanya muncul di wajah, leher, dada bahkan punggung. Jika tidak dirawat tepat waktu, jerawat bisa menyebabkan luka dan bekas menghitam di kulit. Juga bisa mempengaruhi rasa percaya dirimu. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Berikut adalah 7 bahan dapur yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat :

  1. Baking soda

Baking soda efektif dalam melawan jerawat atau tonjolan kulit yang lain. Baking soda memiliki sifat anti septik dan anti inflamasi yang membantu mengatasu penyebab jerawat begitu pula mengurangi gejala jerawat. Ia juga bisa memperbaiki keseimbangan PH kulit yang berkontribusi pada jerawat.

  • Campur 1 Sdt baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta
  • Gunakan kapas untuk menerapkan pasta ini ke kulit yang terkena jerawat
  • Bilas setelah 1 menit
  • Gunakan ramuan ini setiap satu / dua kali seminggu
  1. Lemon

Lemon mengandung asam L-ascorbic, astringent alami yang bisa membantu mengeringankan jerawat. Disamping itu, lemon memiliki sifat anti bakteri yang mampu melawan produksi bakteri penyebab jerawat.

  • Gunakan kapas untuk mengoleskan jus lemon segar ke daerah yang terdampak. Tunggu 10 menit, lalu bisa dengan air dingin. Gunakan ramuan ini 2 kali sehari untuk mengurangi / menghilangkan jerawat
  • Alternatif lain, siapkan ramuan jus lemon dan air mawar dengan jumlah yang sama. Terapkan pada area terdampak dengan bola kapas. Tunggu 15-30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Ulangin 2 kali sehari selama periode yang diperlukan.
  • Kamu juga bisa minum segelas air lemon setiap hari untuk menjaga kulitmu terbebas dari jerawat, noda hitam dan masalah yang lain.

Catatan : Bagi kamu yang berjenis kulit sensitif, jangan gunakan ramuan lemon karena bisa mengiritasi kulit.

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

1 comment… add one

Leave a Comment