≡ Menu
werno-werno.com

Daftar makanan atau minuman penambah daya tahan tubuh

Di masa peralihan musim atau pancaroba seperti sekarang ini, kita akan dengan mudah terjangkit berbagai macam penyakit seperti batuk, flu, demam, dan sesak nafas. Agar daya tahan tubuh kita tetap terjaga dan dalam kondisi 100%, perlu dilakukan langkah-langkah nyata seperti olahraga dan konsumsi makanan yang bergizi. Diantara sekian banyak jenis makanan, ada beberapa diantara mereka yang sangat mujarab untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh alias immune. Ingin tahu apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut ini:

Daftar makanan atau minuman penambah daya tahan tubuh

1. Jeruk (citrus)

Kebanyakan orang akan mengonsumsi vitamin C setelah mereka sembuh dari Flu. Mengapa demikian? Vitamin C berada dalam urutan teratas daftar makanan yang mampu menjaga daya tahan tubuh agar selalu dalam kondisi 100% karena mampu membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas untuk melawan infeksi. Karena tubuh manusia tidak memproduksi atau menyimpan vitamin C sendiri, maka kita membutuhkan asupan vitamin C dari bahan makanan lain agar kesehatan tetap selalu terjaga. Hampir semua buah jenis citrus seperti jeruk dan lemon sangat kaya akan vitamin C. Untuk itu, rajinlah selalu mengonsumsi jeruk untuk menjaga daya tahan tubuh.

2. Brokoli

Brokoli sangat kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk melawan bakteri, kuman, ataupun infeksi. Kandungan vitamin A, C, E dan berbagai antioksidan yang terdapat pada brokoli menjadikannya salah satu sayuran paling sehat yang bisa dijadikan menu makanan. Untuk tetap menjaga kandungan nutrisinya, masaklah brokoli secepat mungkin (tidak lebih dari 5 menit), atau lebih baik dikukus.

3. Bawang putih

Bawang putih bisa kita temukan dalam hampir setiap menu makanan di seluruh dunia. Bawang putih tidak hanya bisa memperkuat rasa makanan, tapi juga sangat penting bagi kesehatan. Bawang putih bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Selengkapnya baca; Daftar penyakit yang bisa diobati dengan bawang putih

4. Jahe

Jahe juga termasuk bahan-bahan yang digunakan orang saat mereka sedang terserang flu. Seperti halnya vitamin C, jahe juga bisa membantumu meredakan gejala flu.

5. Bayam

Selain kaya akan vitamin C, bayam juga mengandung banyak antioksidan dan beta-karotene yang terbukti mampu meningkatkan sel pelawan infeksi dalam system kekebalan tubuh. Sebaiknya jangan terlalu lama dalam memasak bayam agar kandungan nutrisinya tidak menguap. Selain itu, bayam bermanfaat untuk kecerdasan otak lho.

6. Teh hijau

Meski teh hijau ataupun teh hitam sama-sama kaya akan kandungan Flavonoid yang merupakan salah satu antioksidan kuat, namun teh hijau memiliki kelebihan lain karena juga mengandung antioksidan terkuat, ECGC. Selain itu, teh hijau juga merupakan sumber asam amino L-Theanine yang berfungsi membantu meningkatkan produksi sel pelawan kuman..

2 comments… add one

Leave a Comment