Daftar Makanan Dengan Kandungan Kolesterol Tertinggi

by Ummi on July 4, 2015

Jika kolesterolmu berada di atas ukuran normal kadar kolesterol, maka kamu harus waspada. Memiliki kadar kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan resiko terkena sakit jantung, penyebab utama kematian bagi pria dan wanita di banyak Negara. Kamu bisa memperoleh kolesterol dari makanan yang kamu makan, dan tubuhmu sendiri juga memproduksi kolesterol. Kolesterol biasanya ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan.

daftar makanan tinggi kolesterol

Tidak ada kandungan kolesterol dalam sayuran, buah-buahan atau biji-bijian kecuali ditambahi dengan produk hewan. Untuk itu, hindari makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi untuk menjaga kadar kolesterolmu tetap rendah.
Berikut ini adalah daftar makanan dengan kandungan kolesterol tertinggi yang harus kamu hindari :

1. Otak hewan

Otak hewan memang dianggap lezat bagi sebagian orang. Berhubung otak terdiri dari bahan utama berupa lemak dan kolesterol, tak heran jika makanan lezat ini memiliki kadar kolesterol tinggi. Ini meliputi otak sapi, kambing, domba, babi dan anak sapi. Setiap 100 gram otak domba mengandung sekitar 1.352 mg kolesterol. sedangkan setiaap 100 gram sajian otak sapi mengandung sekitar 3.100 mg kolesterol.

2. Telur

Baik dalam telur ayam, bebek, angsa ataupun kalkun, kolesterol ditemukan pada bagian kuning telurnya. Kuning telur ayam yang dikeringkan mengandung 2.335 mg kolesterol dalam tiap 100 gram penyajian. Telur yang utuh sedikit lebih rendah kolesterol karena adanya tambahan volume dari putih telur. Putih telur bebas kolesterol. Meski begitu, kamu juga akan kehilangan muatan nutrisi dari telur jika kamu tidak memakan pula kuning telurnya. Bubuk pengganti telur mengandung 572 mg kolesterol per 100 gram penyajian. Telur ayam goreng mengandung 547 kolesterol per 100 gram penyajian, dan telur beku mengandung 432 mg kolesterol per 100 gram penyajian.

3. Jeroan

Jeroan seperti hati dan ginjal mengandung jumlah kolesterol yang tinggi. Ginjal sapi yang direbus mengandung 291 mg kolesterol per 100 gram penyajian, dan hati daging ayam mengandung 563 mg kolesterol per 100 gram penyajian. Makanan yang terbuat dari bahan hati, seperti pate, sosis hati dan foie gras juga tinggi kolesterol. Bagian jeroan lain yang tinggi kolesterol adalah pancreas, ampela, dan usus.

4. Ikan dan produk ikan

Minyak ikan dan caviar memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Minyak ikan hering mengandung 766 mg kolesterol per 100 gram penyajian. Rata-rata, caviar mengandung 588 mg kolesterol per 100 gram penyajian. Setiap 100 gram penyajian udang dan lobster mengandung 195 mg kolesterol per 100 gram penyajian. Produk ikan yang dikemas dalam bentuk minyak juga mungkin tinggi kolesterol.

5. Susu dan produk turunannya

Setiap porsi 100 gram butter mengandung 215 mg kolesterol. Aneka macam keju pada umumnya juga tinggi kolesterol, seperti pada krim keju, keju cheddar dan gouda.

6. Fast food

Banyak jenis makanan cepat saji, terutama produk untuk sarapan yang mengandung telur, tinggi kadar kolesterolnya. Selain itu, fast food juga banyak yang mengandung lemak trans yang tidak sehat dan jumlah sodium yang berlebihan.

7. Kerang

Kerang-kerangan seperti tiram, moluska dan kerang juga relatif tinggi kolesterol.