≡ Menu
werno-werno.com

Daftar Makanan Dengan Kandungan Sodium Tertinggi

Memang, garam bebas kalori, berupa bahan alami dan kita membutuhkan sekitar 180-500 mg setiap hari agar syaraf dan otot-otot kita bisa berfungsi secara normal. Namun, kita bisa mengalami resiko terkena osteoporosis, batu ginjal dan tekanan darah tinggi akibat bahaya terlalu banyak garam. Jadi mulai saat ini, waspadai asupan garammu dan jangan terlalu banyak menggunakan garam dalam masakanmu. Eits! Itu saja belum cukup. Kenyataannya ada hal yang lebih rumit daripada itu. Faktanya, tanpa kamu sadari garam juga ditambahkan selama proses produksi beberapa makanan seperti untuk mematangkan keju, mengempukkan daging, membuat adonan tidak begitu kental, sebagai bahan pengawet, dan masih banyak kamuflase makanan yang lain. Maka dari itu, simak daftar makanan tinggi sodium yang perlu kamu batasi berikut ini :

makanan tinggi sodium

  • Daging olahan

Diantara biang kerok terburuk yang mengandung kadar sodium tinggi adalah daging yang sudah diproses seperti sosis, daging asap, Bacon, dan daging luncheon.

  • Saus tomat

Apa kamu pernah merasa sangat haus setelah makan irisan pizza yang besar dan juicy yang penuh dengan saus tomat? Jangan Cuma salahkan kejunya yang memang tinggi sodium. Namun. Salahkan pula rekan yang sama buruknya, saus tomat! Dalam setiap ¼ cup saus tomat kalengan, mengandung 410 mg sodium. Jadi, pilih saus tomat yang tidak ada tambahan garamnya.

  • Asinan

Asinan seperti timun, terong, dan jalapeno pepper mengandung jumlah sodium yang tinggi.

  • Sup / mie instan

Jika selama ini kamu gemar mengkonsumsi mie / soup instan kemasan karena rasanya enak dan praktis dibuat, maka kurangi asupanmu sekarang juga. Setiap kemasannya rata-rata mengandung sekitar 750 gram sodium.

  • Kacang dan biji yang dipanggang dan diasini

Saat ini banyak beredar makanan ringan berupa kacang-kacangan yang rasanya asin dan gurih seperti kacang mede, kacang kenari dan kacang tanah. Tapi waspadalah karena mereka mengandung jumlah sodium yang tinggi. Begitu pula dengan biji bunga matahari atau kwaci kemasan.

  • Makanan ringan keripik

Siapa yang tidak suka dengan camilan keripik yang gurih dan renyah? Snack seperti keripik jagung, keripik kentang, ketela dan popcorn asin dalam berbagai macam merek mengandung sekitar 450 mg sodium per-ons. Tak heran jika kamu akan merasa sangat hauss setelah makan camilan ini!

  • Sayuran kaleng

Sodium banyak ditambahkan dalam sayuran kaleng sebagai bahan pengawet. Dalam setiap 70 gram sayuran kaleng, mengandung sekitar 950 mg sodium.

  • Fast food

Biang kerok lain yang menjadi sumber sodium adalah aneka jenis fast food seperti pizza pepperoni, hamburger dengan banyak keju, hot dog dan kentang goreng serta makanan siap saji lain yang berbahan daging olahan.

1 comment… add one

Leave a Comment