Daftar Makanan Pemutih Gigi

by Ummi on December 4, 2016

Semua orang tentu ingn memiliki senyum menawan dengan dihiasi sederet gigi putih cemerlang. Banyak cara dilakukan agar gigi mereka tampak putih, mulai dari memakai pasta gigi plus whitening, strip pemutih, hingga bleaching. Padahal, sebenarnya kita tidak perlu repot-repot, karena ada beberapa makanan yang bisa memutihkan gigi dan mereka ada di sekitarmu. Penasaran dengan daftar makanan pemutih gigi? Simak ulasannya berikut ini :

makanan pemutih gigi

Kembang kol

Sayuran bertekstur kasar seperti kembang kol dan brokoli memiliki manfaat memutihkan ketika kamu memakannya mentah-mentah. Mereka sulit untuk dikunyah, sehingga ketika kamu menghancurkan mereka, sayuran tersebut akan mengupas noda dangkal dari permukaan gigimu. Dan semakin lama kamu mengunyah, maka mulut akan semakin menghasilkan air liur, yang membantu untuk memecah noda.

Stoberi

Stroberi mengandung asam malat, yang membantu untuk mengubah karbohidrat menjadi energi untuk otot. Mempertahankan secara tepat tentang asam malat sangatlah penting untuk kesehatan gigi yang kuat, karena asam dapat melarutkan noda dangkal pada permukaan gigi. Menurut William Graves, DMD, dari Amarillo Oral & Maxillofacial Surgery di Amarillo, Texas, ada banyak cara untuk mengambil keuntungan dari efek pemutih stroberi, termasuk menumbuk mereka dan mencampurnya dengan baking soda untuk membentuk pasta pemutih untuk menyikat gigimu. “Saya akan merekomendasikan menggunakan obat kumur berbasis fluoride segera setelah menggunakan pasta stroberi untuk membantu menghilangkan sisa asam malat dan memperkuat gigi Anda,” kata Dr Graves. Jika kamu tidak suka stroberi, kamu juga dapat menemukan asam malat dalam buah apel, ceri, pisang, persik, dan leci.

Keju & yogurt

Sertakanlah lebih banyak produk susu ke dalam diet harianmu untuk mendapatkan senyum yang lebih putih. Mirip dengan brokoli, produk susu seperti keju dan yogurt menyebabkan mulutmu untuk menghasilkan air liur berlebih, yang membantu untuk memecah noda pada enamel. Namun, tidak seperti brokoli, keju memiliki efek pemutihan tambahan karena mengandung asam laktat, yang mirip dengan asam malat, karena membantu untuk melarutkan noda dangkal pada permukaan gigi.

Biji-bijian & kacang-kacangan

Secara struktural, biji-bijian dan kacang-kacangan pada dasarnya bekerja sebagai exfoliant (pengelupas) untuk gigimu. Tekstur kasar dari biji bunga matahari, almond, kenari, dan kacang mete dapat benar-benar menghapus noda dari enamel gigi, menggosok perubahan warna dan memutihkan permukaan gigi. Selain itu, kacang-kacangan telah terbukti membantu mencegah penyakit kardiovaskular, membuat mereka pilihan yang cocok untuk camilan.

Nanas

Nanas mengandung bromelain, sebuah enzim yang sering digunakan untuk mengurangi peradangan. Enzim ini berfungsi untuk mengganggu protein pada permukaan enamel, sehingga menghancurkan noda dan perubahan warna. Setelah protein terganggu, air liurmu secara alami akan membersihkan noda, membuat gigi lebih bersinar dari sebelumnya. Nanas juga memiliki rasio glukosa-ke-fruktosa yang seimbang, yang membuat mereka menjadi panganan manis yang masih di sisi yang lebih sehat.

Bawang merah

Meski mereka tidak akan melakukan banyak pertolongan untuk napasmu, namun bawang merah mengandung senyawa sulfur yang menjaga plak untuk terbentuk di atas dan di antara gigimu. Meski begitu, bawang merah tumis atau panggang tidak akan melakukan trik. Jika Anda ingin menuai keuntungan dari sayuran anti-plak ini, maka harus memakannya dalam kondisi mentah.

Seledri

Seledri (bersama dengan wortel) memiliki kadar air yang sangat tinggi, yang bisa memperkuat gusi dan menyapu sisa-sisa makanan. Menurut Dr Graves, struktur kaku seledri juga memberikan manfaat menggosok gigi, yang memungkinkan untuk secara fisik mengikis noda dangkal dari permukaan enamel bila dimakan mentah.