≡ Menu
werno-werno.com

Daftar Makanan Probiotik Untuk Kesehatan Ususmu

Probiotik adalah bakteri yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan efesien. Memakan makanan yang mengandung probiotik bisa membantu memperbaiki keseimbangan alami dari bakteri di ususmu dan merawat masalah pencernaan yang berkisar anatara sembelit hingga diare. Probiotik juga bermanfaat bagi sistem imunmu. Beberapa probiotik juga bisa membantu mencegah alergi dan eksem, bahkan juga bisa membantu menurunkan berat badan. Berikut ini adalah daftar makanan yang mengandung probiotik;

daftar makanan sumber probiotik

  • Yogurt

Yogurt adalah salah satu jenis probiotik terbaik yang bisa membantu pencernaan dan menciptakan lingkungan yang sehat dari mikroorganisme yang ada di saluran pencernaan. Dalam sebuah studi pada tahun 2013 di UCLA, para peneliti menemukan bahwa memakan yogurt bisa berpengaruh pada fungsi otak perempuan, terutama pada bagian otak yang mengontrol pusat pemrosesan emosi dan sensasi. Sedangkan pilihan yogurt yang terbaik adalah adalah yogurt tawar tanpa rasa.

  • Kefir

Kefir adalah salah satu produk olahan susu terfermentasi yang mengandung beberapa jenis bakteri probiotik, terutama lactobacillus dan  bifidus. Probiotik komplek ini juga juga kaya nutrisi dan antioksidan. kefir bentuknya hampir sama dengan yogurt, hanya saja sedikit lebih encer. Bakteri kefir mempunyai kandungan vitamin B, kalsium, protein, dan probiotik lebih banyak dibandingkan yogurt. Kefir juga mengandung jamur yang bermanfaat untuk melawan infeksi jamur. Kamu bisa memakan kefir secara langsung atau menambahkan kedalam smoothie atau sereal sebagai ganti dari susu.

  • Miso

Miso terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi dan makanan ini menjadi menu khas di Jepang. Sup miso juga bisa terbuat dari beras merah, barley, atau biji-bijian yang lain. Fermentasi yang memproduksi miso bisa bertahan mulai dari beberapa hari hingga tahunan dan bisa menambah jutaan mikroorganisme bermanfaat. Miso juga kaya akan vitamin B komplek, zat besi, kalsium, magnesium, seng, dan antioksidan. Tambahkan miso kedalam sup, stew, atau makanan lain yang direbus.

  • Kimchi

Kimchi adalah makanan pendamping yang populer di Korea. Ini biasanya dibuat dengan sawi China atau sayuran lain seperti terong, timun, dan lobak yang diferementasi dengan beberapa bakteri , dan yang paling dominan adalah asam laktat. Bahan sayuran utama akan dicampur dengan berbagai macam bumbu seperti jahe, bawang putih, bawang Bombay, cabai merah, saus ikan, dan garam. Campuran ini akan dibiarkan terfermentasi selama beberapa hari hingga beberapa minggu. Selain memiliki sifat probiotik, kimchi juga memiliki sifat anti kanker, antiobesitas, anti sembelit, antioksidan anti aging dan efek penurun kolesterol.

  • Tempe

Tentu makanan ini sudah tidak asing lagi bagi lidah kita. Tempe biasa digunakan sebagi lauk pengganti daging bagi vegetarian. Tempe terbuat dari rebusan kacang kedelai yang difermentasi. Selain sumber probiotik, tempe juga sumber baik dari protein, serat, dan berbagai nutrisi yang lain.

  • Teh Kombucha

Meminum teh kombucha adalah cara efektif lain untuk memperbaiki ekosistem ususmu. Telah dikonsumsi selama ribuan tahun, teh kombucha ini dibuat dari biang bakteri dan jamur.
Teh kombucha kaya akan vitamin, enzim, antioksidan, asam organik dan senyawa kimia yang menawarkan beberapa manfaat kesehatan seperti membantu pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, melawan depresi, dan masih banyak yang lainnya. Tapi ingat, teh ini bisa menimbulkan efek samping berupa rasa tak nyaman di perut, mual, muntah, infeksi jamur, serta reaksi alergi. Teh ini juga tidak disarakan untuk anak usia di bawah 5 tahun dan penderita HIV atau AIDS.

  • Asinan Timun

Asinan timun adalah probiotik alami yang bukan termasuk produk olahan susu. Kamu bisa membuat sendiri asinan timun ini untuk membantu mempertahankan usus yang sehat. Caranya; rendam acar timun selama 30 menit untuk menghilangkan semua kotoran lalu kemas dalam toples. Tambahkan beberapa siung bawang putih, setangkai daun adas (dill), dan beberapa butir merica hitam. Lalu isi toples tersebut dengan air garam secukupnya hingga menutupi semua timun. Tutup toples dan biarkan selama setidaknya 3 hari. Saat timun sudah terasa asin, simpan ke dalam kulkas.

0 comments… add one

Leave a Comment