Daftar Makanan Sumber Vitamin B

by Ummi on June 9, 2015

Vitamin B sangat banyak sekali jenisnya, meliputi Thiamin, Riboflavin, Niasin, Asam Folat, Vit B6, Vit B12, Biotin dan Asam Pantothenik. Vitamin B akan bekerja baik secara kolektif atau individual dalam setiap sel untuk mengerjakan banyak tugas yang berbeda, termasuk membantu tubuh melepaskan energi yang didapat dari karbohidrat , protein dan lemak.

makanan sumber vitamin B

Beberapa makanan khusus merupakan sumber yang baik dari salah satu jenis Vit B saja, sedangkan ada makanan lain yang mengandung beberapa jenis vitamin B sekaligus. Untungnya, vitamin B bisa didistribusikan secara luas melalui suplai makanan. Jadi, jika kamu memakan makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang yang menyertakan setiap jenis dari semua kelompok makanan kamu kemungkinan akan mendapat sebanyak mungkin vitamin yang kamu butuhkan. Ingin tahu apa saja makanan yang merupakan sumber dari vitamin B? simak ulasannya berikut ini :

Thiamin
Tubuh kita akan mengandalkan Thiamin untuk mengatur selera makan dan mendukung metabolisme. Beberapa sumber Thiamin terbaik adalah daging ham, sayuran berdaun hijau, sereal gandum yang diperkaya, lentils, beras putih yang diperkaya dan kacang-kacangan seperti almond dan pikan.

Riboflavin
Konsumsilah riboflavin untuk kulit yang sehat. Susu dan produk olahan susu seperti yoghurt dan keju kaya akan riboflavin. Asparagus, bayam dan sayuran berdaun hijau tua lainnya, ayam, ikan, telur dan sereal yang diperkaya juga menyuplai jumlah riboflavin yang signifikan ke dalam dietmu.

Niacin
Ayam, kalkun, salmon dan ikan lain termasuk tuna kemasan kaleng adalah sumber niacin yang sangat baik. Kacang tanah, pasta, legume dan gandum utuh juga bisa jadi pilihan. Niacin akan membantu meningkatkan fungsi syaraf yang sehat, bermanfaat bagi system kardiovaskularmu dan menambah produksi energi.

Folat
Untuk menandai makanan mana yang tinggi folat, ingatlah bahwa kata folat memiliki asal yang sama dengan ‘Foliage’ yang berarti dedaunan. Jadi, sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi dan buah serta sayuran segar hujau lain adalah sumber folat yang baik. Begitu pula dengan semua produk olahan dari biji-bijian seperti beras, roti dan pasta yang diperkaya dengan folat. Folat bisa mempromosikan kesehatan sel darah dan fungsi system syaraf sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah cacat bawaan pada janin.

B6
Diantara sumber vitamin B6 terbaik adalah seafood, pisang, ubi jalar kuning, dan sayuran hijau. Vit. B6 berguna untuk mendukung pertumbuhan sel darah merah yang baru.

Vit B12
Makanan hewani adalah satu-satunya sumber alami dari Vit B12. Namun, beberapa produk termasuk produk kedelai dan sereal, juga diperkaya dengan Vit B12, sehingga lebih luas tersedia. Contoh sumber vit B12 adalah kerang, kepiting, daging sapi dan ikan. Vit B12 akan membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan mendukung system syarafmu.

Biotin dan Asam Pantothenik
Hati dan kuning telur adalah sumber makanan terkaya dari Biotin, nutrisi yang kita perlukan untuk kesehatan metabolisme. Selain itu, sumber Biotin lain adalah salmon dan alpukat.