Daftar Makanan Yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala

by Ummi on February 4, 2017

Jika kamu sering menderita sakit kepala, atau dirimu rentan terserang migrain,maka biang keroknya bisa jadi ada di dalam dapurmu. Berikut adalah daftar makanan yang bisa memicu dan memperparah sakit kepala :

Diet soda

Jika kamu merasa terganggu dengan sakit kepala, coba lihat asupan diet sodamu. Meski Komite Penasehat Dietary Guidelines (DGAC) baru-baru ini memberi lampu hijau untuk mengkonsumsi aspartam dalam kadar yang wajar (moderat), FDA telah menerima ribuan keluhan konsumen tentang aspartam dikarenakan sebagian besar gejala, seperti pusing, kehilangan memori, dan sakit kepala. Laporan ilmiah DGAC 2015 mengatakan, “Jika orang memilih untuk minum minuman yang dimaniskan dengan aspartam, mereka harus berada di bawah kadar asupan harian aspartame yang diterima (Acceptable Daily Intake)yakni tidak lebih dari 50 mg / hari.” (Minuman diet sebanyak 12 ounce mengandung sekitar 180 mg aspartam.)

Alpukat dan pisang matang

Kamu mungkin pernah mendengar ahli gizi memuji pisang dan alpukat karena banyaknya manfaat kesehatan yang mereka kandung, tetapi pisang dan alpukat matang juga tinggi akan tyramine. “Makanan tertentu yang tinggi tyramine dapat menyebabkan migrain,” kata Jennifer Kriegler, MD, dari Pusat Neurologis Restorasi di Cleveland Clinic. Bahkan jika kamu tidak rentan terhadap migrain, tingkat tyramine yang tinggi masih dapat menyebabkan sakit kepala.

Tyramine adalah asam amino yang kebanyakan orang dapat mencernanya tanpa masalah. Namun, jika seseorang memiliki defisiensi atau kekurangan enzim monoamine oxidase (MAO) atau jika orang tersebut mengambil antidepresan tertentu, maka dapat mengganggu proses pemecahan tyramine. “Pisang matang dan alpukat matang bisa menjadi pemicu sakit kepala ampuh karena mengandung jumlah tyramine yang tinggi,” kata Kriegler.

Roti

Gluten dalam makanan seperti gandum, biskuit, pasta, dan campuran bumbu dapat menyebabkan kesengsaraan pencernaan, tapi bagi beberapa orang, sakit kepala juga dapat merupakan gejala dari sensitivitas gluten. Gluten adalah senyawa yang terdapat dalam produk makanan yang dibuat dengan gandum, bibit gandum, rye, graham tepung, biskuit, pasta, dan campuran bumbu. Tapi, menurut Michael Gregor, MD, dari Nutritionfacts.org, penyakit celiac harus disingkirkan terlebih dulu sebelum melakukan diet bebas gluten.

Es krim

Beberapa seruputan pertama milk shake cokelat dingin adalah surga, tapi kemudian tiba-tiba petualangan lezatmu bisa mendadak berhenti ketika kamu terserang “sakit kepala es krim.” Untungnya, rasa sakit yang menghancurkan tersebut biasanya akan reda satu atau dua menit kemudian. Misterinya adalah: Mengapa ini datang dengan begitu keras dan cepat dan kemudian tiba-tiba menghilang? Memperkenalkan makanan yang sangat dingin seperti es krim atau minuman ber es ke tenggorokan dapat menyebabkan refleks penyempitan pembuluh darah di kepala.

Menu makanan di pesta koktail

Keju tua, kacang-kacangan, buah zaitun, dan produk acar seperti jagung putren dan acar adalah makanan pembuka standar untuk banyak pesta koktail. Namun, gigitan kecil ini tinggi tyramine. The National Headache Foundation menyarankan untuk membatasi asupan tyramine agar membantu mengendalikan sakit kepala. Tingkat Tyramine dapat meningkat dalam makanan yang diawetkan, difermentasi, atau disimpan untuk jangka waktu yang lama.

MSG

Monosodium glutamat (MSG) adalah penyedap rasa yang digunakan untuk mempersiapkan banyak makanan tetapi kandungan MSG dalam makanan mungkin cukup tinggi untuk memicu sakit kepala. Agar adil, MSG tidak hanya melulu dalam makanan Cina. MSG dapat ditemukan dalam segala hal dari makanan beku, sup kaleng, dan makanan ringan. Semakin tinggi kandungan MSG, maka semakin berisiko itu bisa untuk memicu sakit kepala. Pasien dengan migrain mungkin memiliki eksaserbasi sakit kepala setelah menelan MSG, karena dampaknya pada pembuluh darah kranial.

Permen karet

Mengunyah permen karet rasa mint untuk menyegarkan bau nafas setelah makan makanan penuh bawang mungkin tidak akan memicu sakit kepala. Namun jika kamu orang yang sering mengunyah permen karet, maka sebaiknya segera hentikan kebiasaanmu itu. Mengunyah permen karet berlebihan bisa memberikan rahangmu olahraga yang cukup keras. Dalam studi kecil terbaru, 19 dari 30 remaja pengunyah permen karet merasa terbebas dari sakit kepala kronis ketika mereka berhenti mengunyah permen karet.

Cokelat

Maaf, tapi itu memang benar: dosis kebahagiaan yang lezat ini bisa menyebabkan sakit kepala. Cokelat mengandung beberapa zat yang mungkin untuk disalahkan: kafein, tyramine, dan phenylethylamine (neurotransmitter yang memiliki efek stimulasi). Sementara kombinasi ini mungkin membuat beberapa orang pingsan, bagi orang lain itu adalah formula untuk sakit kepala.

Selain makanan yang telah disebutkan di atas, beberapa makanan yang dapat memicu sakit kepala diantaranya adalah garam, anggur merah, keju, dan minuman beralkohol akibat kandungan tyramine nya yang tinggi.