Daftar Makanan Yang Bisa Merusak Gigi

by Ummi on September 4, 2015

Gigi merupakan salah satu anggota tubuh yang penting bagi manusia. Gigi bertugas untuk mengunyah dan menghancurkan makanan yang kita konsumsi sebelum dicerna di lambung. Tak hanya itu, gigi juga akan menunjang dan meningkatkan penampilan kita dengan memberikan senyum yang indah. Untuk itu, kita harus berusaha untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi, yang bisa ditempuh melalui berbagai cara, seperti memakai ramuan alami untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, menghindari kebiasaan buruk yang bisa merusak gigi, dan juga dengan menghindari makanan yang bisa merusak gigi seperti yang akan dipaparkan dibawah ini :

makanan yang merusak gigi

Permen

Meski kelihatannya permen lollipop, chewy, gummy bear atau jenis permen lainnya tidak akan berbahaya, namun memakan terlalu banyak permen dan paparan gula dari permen yang terus menerus, bisa berbahaya bagi kesehatan gigi-gigimu. Selain itu, permen lollipop juga bisa menempatkan gigimu dalam resiko karena selain penuh dengan kandungan gula, mereka juga bisa memicu keadaan darurat pada gigi seperti gigi patah atau retak. Sebagai alternatif lain, kamu bisa mengunyah permen karet tanpa gula.

Es batu

Es batu itu gunanya untuk mendinginkan, bukannya untuk dikunyah atau diemut. Banyak orang salah paham bahwa mereka pikir es itu baik untuk kesehatan gigi. Memang, es batu terbuat dari air semuanya, dan tidak mengandung gula sedikitpun atau bahan tambahan lain. Namun, mengunyah bahan yang keras bisa membuat gigimu rentan terhadap kegawatan dan kerusakan enamel. Saran : lebih baik hentikan segera kebiasaanmu itu dan nikmati air dalam bentuk yang cair saja.

Buah citrus

Buah citrus seperti buah jeruk, lemon, jeruk nipis, dan juga jeruk sankis juga bisa merusak gigimu. Kebenarannya dalah, sering terpapar makanan yang bersifat asam bisa mengikis enamel gigimu, membuat gigimu lebih cenderung mengalami kerusakan dari waktu ke waktu. Jadi, meskipun perasan lemon atau jeruk nipis bisa berubah menjadi segelas minuman segar yang sederhana, namun hal itu tidak selalu menjadi pilihan terbaik bagi mulutmu. Mengkonsumsi jus dan buah citrus juga bisa mengiritasi luka yang terdapat di mulut. Jadi, pastikan kamu minum banyak air setelahnya.

Kopi

Dalam bentuk alaminya, kopi dan teh bisa menjadi minuman yang menyehatkan. Sayangnya, banyak sekali orang yang tidak bisa menolak untuk menambahkan gula kedalamnya (karena kalau tawar pasti rasanya pahit bukan?). Selain itu kopi dan teh yang mengandung kafein juga bisa membuat kering mulutmu. Terlalu sering minum kopi dan teh juga dapat menodai gigimu. Jika kamu mengkonsumsinya, pastikan kamu meminum banyak air putih dan cobalah menambahkan gula seminimal mungkin.

Makanan bertekstur lengket

Saat berbicara tentang pilihan camilan yang sehat, banyak orang menjadikan buah-buahan kering ke dalam salah satu daftarnya. Namun, banyak buah kering yang teksturnya lengket. Makanan yang lengket seperti buah kering, dodol, wajik, atau jenang bisa merusak gigimu karena mereka cenderung akan menempel di gigi lebih lama dibanding dengan makanan jenis lain. Jika kamu sering makan makanan yang lengket, pastikan kamu sesudah itu membilasnya dengan air dan menyikat gigimu.

Makanan yang renyah

Siapa yang tidak suka dengan keripik kentang atau ketela yang rasanya enak dan sangat renyah? Sayangnya, aneka jenis keripik dipenuhi dengan pati, yang cenderung akan mudah tersangkut di gigi. Jika kamu menyukai jenis camilan seperti ini, lakukan perawatan ekstra dengan melakukan flossing di hari itu untuk menghilangkan semua partikel makanan yang tersisa yang bisa menyebabkan penumpukan plak.

Minuman bersoda atau soft drink

Saat kamu makan makanan manis atau meneguk minuman manis untuk jangka waktu yang lama, bakteri penyebab plak akan menggunakan gula untuk memproduksi asam yang akan menyerang enamelmu, yakni permukaan keras dari gigi. Kebanyakan soft drink atau minuman bersoda, termasuk diet soda, sangatlah bersifat asam, sehingga buruk bagi kesehatan gigimu. Minuman yang mengandung kafein seperti Cola juga bisa membuat mulutmu kering. Jika kamu penyuka soft drink, cobalah untuk mendampinginya dengan segelas air putih.

Alkohol

Alkohol bisa menyebabkan dehidrasi dan mulut kering. Orang yang minum alkohol berlebihan mungkin akan mengalami produksi air liurnya terus berkurang sepanjang waktu, yang bisa menyebabkan kerusakan gigi dan masalah mulut lainnya seperti penyakit gusi. Penggunaan alkohol yang berat juga bisa meningkatkan resiko terkena kanker mulut.

Sport drink atau energy drink

Kedengarannya, sport atau energy drink itu menyehatkan. Namun, gula menjadi bahan utama bagi banyak produk sport atau energy drink. Memang, sport drink bisa sangat membantu bagi atlet muda yang sedang terlibat aktivitas fisikĀ  yang lama dan berat, namun dalam kebanyakn kasus sebetulnya itu tidak terlalu diperlukan. Jadi, sebelum kamu meminumnya, lebih baik periksa dulu label kandungan gizi pada kemasannya, untuk memastikan bahwa minuman pilihanmu rendah gula. Atau lebih bagus lagi jika kamu cukup minum air putih saja selama latihan.