Daftar makanan yang menyehatkan bagi jantung

by Ummi on December 2, 2014

Saat ini, jumlah kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung ataupun penyakit kardiovaskular di Indonesia semakin bertambah banyak. Untuk itu, diperlukan diet makanan yang sehat bagi jantung agar kita bisa terhindar dari resiko terkena penyakit jantung. Untuk mengetahui makanan apa saja yang sehat bagi jantungmu, berikut ini adalah daftar 10 makanan yang menyehatkan bagi jantung:

Daftar makanan yang menyehatkan bagi jantung

  1. Kismis

Berdasarkan berbagai penelitian, antioksidan yang yang terdapat pada kismis dipercaya mampu melawan pertumbuhan bakteri yang mampu menyebabkan peradangan dan penyakit gusi. Orang yang menderita penyakit gusi (yang telah menyerang lebih dari 50% warga Amerika), akan memiliki resiko terkena penyakit jantung dua kali lipat lebih besar. Maka dari itu, dengan memakan kismis bisa melindungi gusi sekaligus jantungmu.

  1. Yogurt

Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa yogurt mampu melawan penyakit gusi. Jika dibiarkan, penyakit gusi dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Para peneliti di Jepang telah menganalisa asupan diet sekitar 1000 orang, dan menemukan bahwa orang yang mengonsumsi hasil olahan susu dengan kadar paling tinggi (terutama yogurt), memiliki gusi yang jauh lebih sehat. Kandungan Prebiotic, bakteri yang terdapat yogurtlah yang menjadi bintang utama untuk kesehatan gusi. Para ahli percaya, bahwa Prebiotik adalah kultur aktif yang masih hidup yang membantu memfermentasikan makanan seperti pada yogurt.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan begitu dipenuhi dengan berbagai vitamin dan mineral, lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung, dan memiliki kadar lemak jenuh yang rendah. Banyak penelitian yang menduga bahwa orang yang biasa mengonsumsi kacang-kacangan seperti walnut, almond, hazelnut, pistasio, dan kacang tanah selama dua hingga empat hari dalam seminggu, sedikit yang terkena penyakit jantung dibanding orang yang memakannya dalam porsi yang lebih sedikit.

  1. Gandum utuh

Orang yang sering memakan gandum utuh cenderung bertubuh lebih ramping dan memiliki resiko penyakit jantung lebih rendah. Ini mungkin disebabkan oleh kandungan antioksidan Fotostrogen dan Fitosterols yang terdapat dalam gandum utuh mampu melindungi dari penyakit jantung koroner. Serat dalam gandum utuh juga memiliki beberapa manfaat. Banyak studi yang mengaitkan diet kaya fiber dengan resiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah. Dalam sebuah studi di Harvard menyatakan bahwa orang yang memakan diet kaya serat memiliki resiko penyakit jantung 40% lebih rendah daripada orang yang mengonsumsi diet rendah serat.

  1. Coklat pekat

Banyak peneliti yang menemukan fakta bahwa dengan memakan coklat pekat dalam jumlah yang tidak berlebihan (secukupnya), memiliki efek mengencerkan darah, dimana itu sangat bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular dan coklat pekat juga bisa meningkatkan system kekebalan tubuh (imunitas) dengan cara mengurangi peradangan. Suku Kuna yang bearasal dari pulau Blas di pantai Panama, memiliki tingkat penyakit jantung 9 kali lebih sedikit dibandingkan penduduk Panamanian yang lain. Ingin tahu alasannya? Karena suku Kuna sering meminum minuman yang bahan dasar utamanya rata-rata adalah kakao. Selengkapanya baca; Manfaat cokelat pekat bagi kesehatan

  1. Kacang merah

Makan kacang merah secara rutin sangat baik bagi kesehatan jantungmu. Kabar baiknya, kamu tidak perlu makan dalam porsi banyak untuk mendapatkan manfaatnya. Sebuah studi yang dikeluarkan oleh Journal of Nutrition menduga, hanya dengan memakan setengah mangkuk kacang merah rebus setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol. Serat larut merupakan kunci utama penyebabnya. Kacang merah juga memiliki banyak kandungan zat yang bisa melindungi jantung, diantaranya adalah Flavonoid, yang berfungsi menghambat  adesi trombosit dalam darah, sehingga mampu menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

  1. Ikan Salmon

Mengonsumsi dua porsi atau lebih sajian ikan setiap minggunya, bisa diasosiasikan dengan 30 % resiko terkena penyakit jantung koroner yang lebih rendah melalui penelitian yang dilakukan selama waktu yang cukup panjang. Ikan, terutama ikan yang banyak mengandung minyak seperti salmon, tuna, dan sarden mengandung lemak Omega 3 yang bisa menurunkan kadar triglesirida dalam darah yang berperan menyebabkan darah mengental. Omega 3 juga bisa dengan cepat menurunkan tekanan darah dan bisa membantu mencegah detak jantung yang tidak stabil.

  1. Apel

Apel juga bisa diasosiasikan dengan resiko kematian yang lebih rendah, baik itu karena disebabkan penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular, berdasarkan laporan yang dinyatakan dalam Iowa Women’s Health Study yang telah meneliti lebih dari 34.000 wanita yang berusia awal 20 tahun. Para peneliti menduga bahwa kandungan antioksidan Flavonoid yang kuat dalam apel lah yang menjadi kunci pentingnya. Flavonoid berfugsi untuk mencegah kolesterol jahat alias LDL untuk beroksidasi dan memicu serangkaian peristiwa yang mengakibatkan penumpukan plak di areteri, serta mampu menghambat proses peradangan. Selain itu, apel juga kaya akan Pektin, sebuah jenis serat larut yang sudah terkenal mampu membantu menurunkan kolesterol.

  1. Tomat

Tomat merupakan sumber utama dari vitamin C dan A, potassium, dan serta. Tomat juga tinggi kandungan Likopen yang akan bekerja sama dengan vitamin dan mineral lain untuk perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular. Perlu diketahui, jika tomat itu dimasak, mungkin akan mengurangi  manfaat kesehatan dan kandungan likopen dalam tomat. Jadi, lebih baik makan tomat dalam keadaan segar atau dijus.

  1. Mix berries

Hanya dengan memakan campuran aneka buah berrie yang tidak sampai satu mangkuk setiap harinya, sudah mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah dan menurunkan tekanan darah yang merupakan dua hal positif yang sangat baik bagi jantungmu. Contoh buah berrie yang bisa kamu konsumsi seperti strawberry, bluberry, black currant, raspberry, mulberry, dan masih banyak lagi..