≡ Menu
werno-werno.com

Daftar makanan yang tidak harus disimpan di kulkas

Di zaman yang serba prtaktis dan modern sekarang ini, penggunaan lemari es atau kulkas, seolah menjadi hal yang tak bisa terhindarkan. Hampir setiap rumah kini memiliki lemari es sebagai sarana untuk menyimpan buah, sayuran, dan produk makanan lain agar tetap segar dan awet. Orang-orang tak mau lagi harus repot membeli buah dan sayuran segar setiap hari akibat terbatasnya waktu yang dimiliki. Biasanya sekali belanja, mereka langsung membeli persediaan kebutuhan makanan untuk beberapa hari kedepan. Tak ayal, hal ini membuat isi kulkas menjadi penuh dan berisi berbagai macam makanan. Mulai dari es krim, kue, telur, buah, sayuran, daging, ikan, minuman, hingga susu.

makanan yang tak perlu di kulkas

Lalu pertanyaannya adalah, apakah semua hal tersebut sebaiknya harus dikulkas??? Padahal, sebagian buah dan sayuran segar bisa tetap awet segar tanpa harus dimasukkan lemari es.

Berdasarkan informasi dari Departemen Pertanian Amerika Serikat, ada dua jenis bakteri yang bisa menyebabkan masalah pada makanan. Pertama, bakteri Patogenik yang menyebabkan keracunan makanan, dan bakteri Pembusuk yang bisa merubah tampilan, bau, dan rasa sebuah makanan. Ketika makanan mengalami tingkat bakteri patogenik yang berbahaya, makanan tersebut masih memiliki tampilan, bau, dan rasa yang normal namun sebenarnya berbahaya. Namun saat bakteri Pembusuk hadir, suatu makanan bisa terasa menyengat namun tidak akan selalu membuatmu sakit. Jadi, tidak semua makanan harus disimpan dalam kulkas agar bisa awet, karena justru sebagian makanan akan berbahaya jika disimpan dalam kulkas.

Berikut adalah daftar beberapa makanan yang akan tetap baik-baik saja disimpan diluar kulkas :

Kentang : Saat kentang suhunya terlalu dingin, pati yang terdapat pada kentang bisa berubah menjadi gula, sehingga menghasilkan hilangnya citarasa khas dari kentang. Simpan kentang di kantong kertas dalam rak dapur atau laci yang gelap, dan sejuk. Lakukan hal yang sama pada ubi jalar.

Madu : Madu lezatmu akan berubah menjadi Kristal yang lengket jika disimpan di kulkas. Simpan madu di tempat kering dengan suhu ruangan dan terhindar dari sinar matahari langsung agar tetap enak.

Tomat : Tomat sebenarnya akan mulai kehilangan citarasanya dan menjadi sedikit benyek jika diletakkan di kulkas. Biarkan saja tomat tetap di meja dapur, dan segera gunakan saat kulit luarnya mulai kisut.

Apel : Apel hampir sama dengan tomat, akan mulai kehilangan citarasa dan tekstur alaminya setelah beberapa waktu di kulkas. Biarkan saja apel tetap di meja dapur, dan masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit sebelum dimakan jika kamu ingin sensasi gigitan yang renyah.

Melon : Sebagian besar jenis melon akan lebih baik jika tidak disimpan di kulkas. Saat dikulkas, mereka cenderung rusak dan menjadi seperti bubur. Setelah kamu memotong melon, jika ada sisa irisan melon, baru simpan dalam kulkas.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

1 comment… add one

Leave a Comment