≡ Menu
werno-werno.com

Daftar minuman dan makanan yang mengandung kafein

Setelah pada artikel sebelumnya dibahas mengenai efek negatif dari konsumsi kafein, kali ini akan kami ulas mengenai daftar minuman dan makanan yang mengandung kafein. Hal ini sangat penting, karena sudah kita ketahui bersama bahwa meski kafein bisa membuatmu merasa lebih waspada, dapat meningkatkan kinerja mental dan fisik, bahkan bisa meningkatkan suasana hati alias mood, namun kafein juga memiliki efek buruk. Diantaranya bisa membuatmu merasa gelisah, membuatmu susah tidur, mempercepat denyut nadi, menyebabkan irama jantung yang tidak menentu, hingga meningkatkan tekanan darah.

Daftar minuman dan makanan yang mengandung kafein

Maka dari itu, kita harus memperhatikan dengan benar minuman dan makanan apa saja yang mengandung kafein agar kita bisa mewaspadai dan membatasi asupan kafein yang masuk ke tubuh. Berikut ini adalah daftar beberapa minuman dan makanan yang berkafein yang perlu kamu tahu:

  1. Kopi

Mungkin kopi adalah bentuk kafein yang paling umum dikonsumsi. Berdasarkan laporan Medline Plus, dalam kopi seberat 8 ounce (226,8 gram), mengandung sekitar 80-100 mg kafein. Namun bagaimanapun juga, ukuran penyajian dan jenis dari kopi itu sendiri bisa memberikan perbedaan yang berarti dalam jumlah kandungan kafeinnya.

  1. Soft drink

Baik minuman ringan ataupun minuman bersoda sama-sama mengandung kafein dengan jumlah substansi yang berbeda-beda. Dalam 12 ounce (sekitar 340 gram) soft drink, mengandung antara 23-69 mg kafein, tergantung dari mereknya. Namun, ada beberapa jenis soft drink yang mungkin bebas dari kafein, seperti root beer atau sari jahe. Baca juga; Awas bahaya minuman ringan atau soft drink.

  1. Minuman berenergi (Energy drink)

Saat ini, banyak sekali beredar produk minuman yang menjanjikan untuk menjagamu tetap berenergi, bertenaga, dan waspada. Namun tahukah kamu, dalam setiap satu botol minuman berenergi, mengandung sekitar 6 hingga 242 mg kafein, tergantung dari jenis dan mereknya.

  1. Teh yang diseduh / teh celup

Beberapa minuman teh yang diseduh, terutama teh hitam dan teh hijau, mengandung sejumlah kafein. Menurut US Department of Agriculture National Nutrinet Database, teh hitam seberat 8 ounce (226,8 g) mengandung kafein sebesar 47 mg. Sedangakn menurut situs The Energy Fiend, teh hijau seberat 8 ounce mengandung 25 mg kafein. Untuk teh celup instant, mengandung sekitar 26 mg kafein dalam setiap 8 ounce.

  1. Coklat batangan

Karena biji kakao digunakan sebagai bahan dasar pembuat coklat, coklat batangan bisa mengandung jumlah kafein yang cukup besar. Secara umum, semakin tinggi kadar kakaonya, maka semakin tinggi pula kandungan kafeinnya. Menurut USDA National Nutrine Database, satu batang coklat seberat 162 gram, yang mengandung sekitar 45/59 % biji kakao, memiliki kandungan kafein sebesar 70 mg.

  1. Es krim

Beberapa varian es krim, mengandung kafein saat mereka menggunakan coklat atau kopi sebagai salah satu bahan bakunya. Kebanyakan es krim yang mengandung kafein, kandungan kafeinnya berkisar antara 10 dan 45 mg dalam setiap 4 ounce (9,4 gram)..

2 comments… add one

Leave a Comment