Efek negatif dari kafein (Caffeine)

by Ummi on December 5, 2014

Apakah kamu termasuk pecinta kopi? Dan tidak bisa melewatkan satu hari saja tanpa kopi? Memang tidak bisa dipungkiri, bagi para pekerja yang sering kerja lembur, atau kebagian shift malam, tentu mengkonsumsi kopi sangat membantu untuk mengusir kantuk dan membuat badan tetap bertenaga selama kerja.

Awas bahaya Efek negatif dari kafein (Caffeine)

Kafein merupakan sebuah stimulant yang akan mempercepat detak jantung, meningkatkan aliran darah, dan meningkatkan suhu badan. Kafein juga akan meningkatkan kadar gula dalam darah, dan bekerja sebagai Diuretic, sehingga akan membuatmu lebih sering kencing dan kafein juga bisa mengurangi asupan air. Efek dari kafein akan membuat penggunanya merasa lebih waspada dan bertenaga, dan beberapa studi menduga bahwa kafein juga bisa mengurangi resiko terkena penyakit Perkinson. Namun, selain memiliki efek positif yang sudah disebutkan tadi, caffeine yang terkandung dalam kopi juga memiliki banyak efek negatif bagi kesehatan. Ingin tahu apa sajakah itu? Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya:

  1. kafein bisa membuat kita kecanduan.

Salah satu efek negative dari kafein adalah, kafein yang dikonsumsi dalam jumlah kecil bisa menciptakan efek candu (ketergantungan) secara fisik sebagaiamana rokok. Misalnya saja, orang yang biasa meminum kopi setiap harinya, akan merasa sakit kepala, mengalami rasa kantuk yang berlebihan, dan tidak berdaya melakukan apapun jika satu hari melewatkan minum kopi. Biasanya, pecinta kopi juga pecandu rokok. Kalau bahaya rokok sudah sangat maklum dan tak perlu diulas lebih dalam.

  1. kafein bisa menyebabkan insomnia.

Efek negative lain dari kafein adalah bisa merusak daur waktu tidur, menyebabkan tidur menjadi tak nyenyak, terutama bagi mereka yang bekerja pada shift malam dan mengandalkan kopi agar tetap terjaga. Pola tidur akan menjadi tidak teratur. Apalagi jika kita minum kopi sebelum waktu tidur, akan menimbulkan gejala-gejala insomnia.

  1. kafein bisa mengganggu pencernaan.

Orang yang mengkonsumsi minuman berkafein sering melaporkan bahwa mereka mengalami sakit perut atau gangguan pencernaan. Hal ini pasti akan terjadi saat minuman berkafein diminum saat perut masih dalam keadaan kosong.

  1. kafein bisa menurunkan tingkat kesuburan pada wanita

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Nevada School of Medicinemenyatakan bahwa kafein bisa mengurangi peluang seorang wanita untuk hamil hingga sekitar 27%.

  1. konsumsi kafein bisa meningkatkan tekanan darah

Hal ini mungkin akan kurang berpengaruh bagi orang yang memiliki tekanan darah normal. Namun, bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi (hipertensi), efek ini akan sangat terasa sekali. Orang yang menderita hipertensi pernah di tes dengan diberikan 250 mg kafein (setara dengan dua cangkir kopi), dan data membuktikan bahwa tekanan mereka langsung melonjak sekitar 2-3 jam setelah minum kafein tadi.

  1. menyebabkan sakit kepala

sementara dosis kafein dalam jumlah yang wajar bisa meredakan gejala sakit kepala, namun pengguanaan kafein yang berlebihan justru bisa menyebabkan sakit kepala dan memicu migraine.

  1. kafein menyebabkan kontraksi jantung yang lebih kuat dan cepat

Studi terbaru menunjukkan bahwa segera setelah mengkonsumsi minuman berenergi, jantung akan memproduksi kontraksi yang lebih kuat. Namun masih belum jelas apakah hal ini memiliki implikasi bagi kesehatan jangka panjang atau tidak, kecuali bagi mereka yang sudah memiliki kondisi kesehatan yang serius.

Setelah kamu mengetahui efek negatif dari kafein, ada baiknya kamu mengenal makanan dan minuman yang mengandung kafein, agar kamu bisa mengantisipasi dengan cara membatasi atau menghindarinya..