≡ Menu
werno-werno.com

Efek Samping Tabir Surya Yang Perlu Diwaspadai

Memang, kita sering disarankan oleh berbagai pakar kulit dan kecantikan untuk menggunakan tabir surya alias sunscreen kemanapun kita pergi di luar ruangan. Perlindungan terhadap sinar matahari sangatlah penting, terutama untuk mencegah kanker kulit, kulit terbakar, dan munculnya tanda penuaan dini. Namun, kita juga perlu waspada, kandungan bahan kimia yang terdapat pada sunscreen juga bisa menimbulkan efek samping dan resiko akibat beberapa bahan obat yang digunakan didalamnya, seperti tetracyclines, sulfa drugs, phenothiazines dan yang lainnya. Untuk itu, kamu juga perlu waspada terhadap kemungkinan efek samping yang bisa ditimbulkan oleh sunscreen seperti yang akan kami ulas berikut ini:

waspada efek samping tabir surya

Efek samping yang bisa ditimbulkan tabir surya

Reaksi alergi

Tabir surya mengandung beberapa bahan kimia yang bisa menyebabkan iritasi kulit seperti kemerahan, bengkak, radang, dan gatal-gatal. Beberapa orang ada yang dilaporkan mengalami reaksi alergi yang parah dengan timbulnya ruam dan gatal-gatal yang intens. Reaksi alergi ini juga bisa jadi merupakan akibat dari zat kimia yang terdapat dalam tabir surya seperti zat pewangi dan pengawet. PABA idealnya digunakan dalam banyak produk sunscreen komersial yang bisa menyebabkan tingkat reaksi alergi yang tinggi. Maka itu, PABA kini sudah banyak ditiadakan dari banyak merek sunscreen populer yang bereputasi.

Kamu juga bisa membeli sunscreen yang berlabel ‘hypoallergenic’ untuk mencegah timbulnya reaksi alergi. Dan yang perlu diwaspadai, tidak hanya PABA saja yang kemungkinan bisa menyebabkan reaksi alergi. Jika kamu belum yakin tentang reaksi alergi yang mungkin ditimbulkan oleh suatu merek sunscreen, maka lakukan dulu tes patch yang dilakukan oleh pakar dermatologis. Untuk lebih amannya, kamu juga bisa menggunakan tabir surya yang mengandung titanium oxide atau zinc oxide, karena tidak terlalu memicu alergi.

Memperparah jerawat

Jika kamu memiliki kulit yang cenderung berjerawat, beberapa zat kimia yang terdapat dalam produk sunscreen bisa memperburuk masalah jerawatmu. Untuk menyingkirkan efek samping dari tabir surya ini, kamu bisa memilih sunscreen yang berlabel ‘non-comedogenic’ atau ‘non-oily’. Disarankan pula untuk memilih jenis tabir surya yang paling sesuai dengan jenis kulitmu. Hindari menggunakan sunscreen yang dibuat untuk badan, untuk digunakan pada wajah, karena sunscreen untuk tubuh biasanya terlalu berat bagi wajah.

Iritasi mata

Tabir surya yang mengenai mata, bisa menyebabkan mata perih dan iritasi. Hal ini juga bisa menyebabkan mata terbakar dan sensitif terhadap cahaya untuk sementara waktu. Bahkan ada yang mengklaim bisa menyebabkan kebutaan. Jadi, jika tabir suryamu masuk ke mata, maka segera bilas matamu secara meneyeluruh menggunakan air dingin atau segera temui pihak medis.

Meningkatkan resiko kanker payudara

Tabir surya juga menyertakan bahan yang bisa memberikan efek estrogenik pada sel kanker payudara. Beberapa tabir surya juga bisa memberikan pengaruh pada kadar estrogen darah. Jadi, hindari menggunakan sunscreen dengan bahan kimia pada anak-anak, karena kulit mereka cenderung menyerap bahan kimia secara instan.

Rasa sakit di area yang berambut

Ada banyak sekali jenis sunscreen yang tersedia, sehingga menyebabkan kita bingung untuk memilihnya. Tabir surya juga bisa tersedia dalam berbagai macam bentuk seperti gels, losion, spray, salep, krim, dan stik lilin. Maka, itu menjadi pilihan pribadimu untuk memilih jenis sunscreen yang akan kamu pakai. Tabir surya bentuk gel adalah yang terbaik untuk daerah yang berambut seperti bagian dada dan kaki pria atau kulit kepala. Beberapa jenis tabir surya bisa menyebabkan kulit mengkerut atau kering dan bisa menyebabkan sakit pada area yang berambut.

Nanah di folikel rambut

Tabir surya juga dapat menyebabkan bintik-bintik gatal pada kulit yang cenderung berkembang menjadi ruam merah yang bentol-bentol. Kadang-kadang, ini juga berubah menjadi nanah yang melepuh di sekitar folikel rambut.

Tips untuk menghindari efek samping tabir surya

Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menghindari efek samping yang ditimbulkan oleh tabir surya, diantaranya adalah :

  • Segera cuci bersih dan hentikan pemakaian tabir surya jika menimbulkan kemerahan atau iritasi.
  • Bicarakan ke dokter kulitmu atau minta saran ke petugas apotek untuk menggunakan produk sunscreen baru yang cocok untukmu.
  • Oleskan kembali tabir surya setiap dua jam sekali jika kamu berada di luar ruangan untuk waktu yang lama.
  • Jika kamu menggunakan sunscreen yang berbentuk lip balm, maka hanya gunakan untuk area bibir saja.
  • Pilihlah produk sunscreen untuk anak-anak secara bijak.
  • Pilih sunscreen yang berlabel ‘oil free’ atau ‘non-comedogenic’ jika kamu memiliki jenis kulit yang berminyak.
0 comments… add one

Leave a Comment

Next post:

Previous post: