Fakta Menarik Seputar Rambut Tubuh

by Ummi on April 11, 2015

Sebenarnya, kita tidak hanya memiliki rambut di bagian kepala saja. Namun, kita juga memiliki rambut hampir di setiap anggota tubuh, seperti rambut alis, rambut ketiak, kumis, dan rambut dada. Ada banyak fakta unik dan menarik seputar rambut tubuh yang perlu kamu tahu. Penasaran apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini:

fakta tentang rambut tubuh

>Rambut tubuh memilki otot-otot. Percaya atau tidak, rambut tubuhmu memiliki sel-sel otot. Inilah sebabnya membuat mereka bisa berdiri tegak hingga ke ujung.

>Manusia memiliki 2 jenis rambut tubuh yang berbeda. Pertama, Terminal hair yang bentuknya panjang dan tebal seperti rambut ketiak, rambut kemaluan, dan rambut jenggot. Kedua, Vellus hair yang bentuknya lebih halus seperti rambut yang ada di tangan dan kaki.

>Rambut tubuh tidak akan bisa bertahan lama seperti rambut di kepala. Alasan rambut tubuh tidak akan bisa bertahan lebih panjang dari beberapa inchi, karena mereka hanya memiliki masa hidup yang lebih pendek, sekitar 6 bulan saja.

>Rambut kemaluan pada dasarnya bertanggung jawab atas bau yang tidak sedap. Setiap Terminal hair memiliki kelenjar sebum sendiri-sendiri. kelenjar inilah yang bertanggungjawab atas produksi keringat dan melindungi serangan kuman. Dan mereka juga akan menciptakan bau badan.

>Rambut tubuh juga bertanggung jawab untuk mengirimkan hormon yang menarik lawan jenis. Ada banyak cara bagi tubuh kita dalam memproduksi hormon. Rambut tubuh bisa benar-benar mengobarkan hormon dan mengirimkannya ke arah calon pasangan.

>Rambut tubuh berkaitan dengan kecerdasan. Berdasarkan sebuah studi di tahun 1996 menemukan bahwa semakin banyak rambut tubuh yang kamu miliki, maka semakin cerdaslah dirimu. Hal ini memang sebuah kaitan yang sangat lemah, namun peneliti menemukan bahwa mayoritas anggota Mensa (kumpulan orang-orang jenius) laki-laki, memiliki lebih banyak rambut tubuh dibandingkan dengan rata-rata penduduk pada umumnya.

>Kamu bisa merontokkan hingga 150 helai rambut per hari. Rata-rata rambut tubuh yang rontok bagi kebanyakan orang adalah sekitar 100 helai.

>Rambut tubuh bertugas untuk mengatur suhu tubuhmu. Rambut tubuh bisa menyimpan panas saat kita kedinginan, dan mengusir panas saat kita kegerahan. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk memakai metode penghilangan rambut dengan laser, maka ingatlah bahwa hal itu seperti menembakkan sebuah laser pada unit AC sentralmu.

>Warna rambutmu bisa benar-benar menjadi indikasi atas kelainan genetik. Wanita yang berambut pirang cenderung memiliki lebih banyak estrogen, blonde juga cenderung memiliki presentase yang lebih tinggi mengalami disabilitas (cacat) dan degenarasi macula. Wanita berambut merah juga lebih rentan terhadap rasa sakit. Sedang yang berambut coklat lebih mungkin kecanduan untuk merokok. Orang botak (tanpa rambut) mungkin bisa meninggal lebih awal.

>Ada makhluk kecil yang hidup di bulu matamu. Mereka adalah sejenis tungau yang disebut dengan Demodex, dan hamper separuh dari semua orang memilikinya. Mereka biasanya tidak berbahaya, namun dalam kasus yang ekstrem, mereka bisa menyebabkan gatal dan peradangan.