≡ Menu
werno-werno.com

Fakta Menarik Tentang Muntah

Kamu mungkin berpikir kamu sudah cukup memiliki pengetahuan tentang muntah. Lagipula, kamu mungkin pernah mengalaminya dan mungkin sudah melihat orang lain melakukannya, dan tampaknya itu cukup sederhana. Tapi ada lebih banyak fakta tentang muntah yang bisa mengejutkanmu. Inilah beberapa diantaranya :

Muntah tidak selalu merupakan akibat virus di perut

Pada anak-anak, muntah bisa merupakan gejala dari migraine atau bahkan radang tenggorokan, kata Lynn Lillie, MD, seorang dokter keluarga di Woodbury, MN, dan anggota dewan direksi American Academy of Family Physicians. Pada bayi, muntah berulang (biasa disebut gumoh dalam istilah Jawa) mungkin merupakan tanda dari asam refluks. Pada orang dewasa, tiba-tiba muntah bisa menandakan adanya penyumbatan usus. Jika penyakit tidak mereda setelah 48 jam atau datang tiba-tiba tanpa gejala seperti virus lainnya (seperti demam atau diare), maka segera hubungi doktermu.

Perihal warna

Secara umum, apa yang muncul ketika kamu sedang sakit hanya berisi muntahan dari apa yang terakhir yang kamu makan. Tetapi jika muntahnya berwarna hitam, merah terang, atau terlihat seperti jelly anggur, itu bisa berarti kamu muntah darah, sehingga segera hubungi dokter.

Muntah tidak selalu merupakan hal yang buruk

Pada wanita hamil, mual dan muntah selama trimester pertama cenderung berarti kamu memiliki kesempatan yang lebih rendah untuk keguguran, menurut sebuah studi oleh National Institute of Child Health and Human Development. Dan untuk orang-orang non-hamil, muntah adalah cara untuk mengeluarkan infeksi dari sistemmu, sehingga menghentikan muntah justru dapat memperpanjang penyakitmu. Jika ada yang mengatakan, jika muntah yang kamu alami itu parah dan menyebabkan masalah tambahan-seperti dehidrasi- maka kamu mungkin perlu obat-obatan anti-mual.

Bau muntah mungkin bisa agak seperti bau keju Parmesan

Dalam sebuah studi dari Brown University, orang-orang diberi bau yang diciptakan oleh kombinasi kimia dan diberitahu bahwa itu adalah keju Parmesan-dan mereka menyukainya. Tapi ketika mereka diberi bau yang sama dan mengatakan itu adalah muntah, mereka menemukan bau itu benar-benar cocok.

Kamu bisa memiliki phobia muntah

Ada istilah resmi untuk ketakutan pada muntah, disebut emetophobia, dan itu pun benar adanya. Orang yang memiliki phobia muntah, maka mungkin memiliki kecemasan yang melumpuhkan terkait tubuh mereka, berada di sekitar orang lain yang mungkin sakit, dan kuman pada umumnya. Merasa sakit atau melihat orang lain muntah dapat membawa pada serangan panik. Pengobatan phobia jenis ini sulit dan dapat mengambil waktu yang signifikan.

Muntah bisa mematikan

Muntah biasanya dapat diobati dengan minum cairan bening, menghindari makanan padat, dan beristirahat. Tetapi jika kamu terus muntah, kamu berisiko menderita dehidrasi, yang memiliki risiko kesehatan tersendiri. Jika kamu telah muntah selama lebih dari empat atau lima jam dan tidak dapat menyimpan apa pun -bahkan air sekalipun-pergi ke perawatan mendesak atau UGD. Kamu mungkin perlu cairan infus.

0 comments… add one

Leave a Comment