Faktor Penyebab Penuaan Dini

by Siti Eka Kurniyati on December 10, 2015

Penuaan dini merupakan seuatu hal yang sering dipermasalahkan oleh wanita karena mereka ingin terus awet muda. Namun kita juga tidak bisa menghentikan proses penuaan pada diri kita. Penuaan dini biasanya lebih sering terjadi pada jenis kulit kering. Mengapa begitu? Karena pada jenis kulit kering, sebum atau urap kulit yang adalah kandungan minyak yang dapat melembabkan kulit serta melindungi kulit dari polusi kadarnya amat sedikit.

faktor penuaan diniBiasasnya, penuaan dini ditandai dengan timbulnya keriput serta flek hitam dan yang lainnya. Untuk tau lebih jelas tentang tanda penuaan dini yang lebih lengkap kamu bisa membacanya disini. Nah, sebenarny factor apa saja yang dapat menimbulkan penuaan dini pada diri kita. Simak ulasan tentang factor penyebab penuaan dini berikut ini.

Faktor Eksternal Penyebab Penuaan Dini

Sinar Matahari

Ada saat-saat tertentu dimana sinar matahari tidak bersahabat dengan kulit manusia karena kadar ultravioletnya berada pada titik kuliminasi yaitu sekitar pukul 10.00 hingga 15.00. Jika kamu terpaksa harus beraktifitas di luar ruangan pada jam tersebut, sebaiknya kamu menggunakan tabir surya untuk melindungi kulitmu. Sinar ultraviolet bisa menyebabkan pembetukan radikan bebas yang akan merusak kolagen kulit, menimbulkan bercak pigmentasi (baca : cara mengatasi pigmentasi kulit), menurunkan kekebalan pada kulit hingga bisa menyebabkan kanker kulit karena tidak mampu mengenali pertumbuhan sel-sel yang tidak normal.

Radikal Bebas

Seperti yang dibahas tadi bahwa radikal bebas bisa merusak kolagen dan sel di dalam tubuh. Radikal bebas bisa berasal dari sinar matahari atau yang lainnya seperti dari polusi lingkungan, pemakaian air yang bercampur dengan bahan kimia, perubahan cuaca ekstrim. Untuk mencegah dan melawan radikal bebas masuk ketubuh kita, sebaiknya ikuti pola makan sehat terutama mengkonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung vitamin C serta ikuti pola hidup sehat. (baca : radikal bebas vs antioksidan)

Polusi

Polusi bisa menyebabkan radikal bebas yang bisa mengganggu perkembangan kolagen dalam kulit dan menyebabkan penuaan dini

Kelembaban Udara

Indonesia memiliki iklim tropis yang menyebabkan kelembaban udara yang tidak stabil. Ketidak stabilan kelembaban udara inilah yang bisa mengakibatkan penuaan dini pada manusia. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menggunakan pelembab untuk wajahmu dan lotion untuk kulit tubuhmu. Pilihlah pelembab dan lotion yang mengandung humektan yang bisa mengikat air atau yang mengandung asam alfa-hidroksi A-HA.

Faktor Internal

Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh

Ketika tubuh terserang penyakit dan daya tahan tubuh yang menurun, kulit akan kehilangan kekencanganna. Hal ini akan menyebabkan seseorang Nampak lebih tua karena timbulnya keriput.

Keturunan

Penuaan dini juga bisa dikarenakan factor genetic atau keturunan dan hormonal. Kulit bersisik dan kering mungkin adalah salah satu jenis tanda penuaan dini yang bisa disebabkan oleh factor gen. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan perawatan intensif pada bagian wajah dan kulit tubuh lainnya. Serta mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin C serta nutrisi lain yang bisa mencegah tanda penuaan dini. (baca : makanan yang dapat mencegah penuaan dini)

Rokok

Nikotin yang terkandung dalam rokok akan mengurangi cairan pada sel-sel kulit sehingga kulit akan kehilangan kelembabannya dan menjadi kulit kering dan bersisik. Tembakau dalam rokok akan merusak kolagen sehingga kulit kehilangan elasitasnya dan akan mudah berkerut. Secara umum, rokok bisa menyebabkan penurunan kadar vitamin A untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak kulit, menurunkan aliran darah di arteri dan kapiler pad akulit yang akan membuat sel kulit mati, memperlambat proses penyembuhan luka dan proses regenasi kulit.

Kondisi Kejiwaan

Stress juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami penuaan dini. Beban kerja yang terlalu tinggi atau masalah lain yang dapat membuatmu stress akan menyebabkan wajah kusam dan tidak segar.