Fungsi & Cara Kerja Kolesterol

by Ummi on November 13, 2013

Masyarakat awam pada umumnya kurang mengenal kolesterol atau hanya mengerti kolesterol secara global, artinya mereka mengira bahwa semua kolesterol itu adalah ‘jahat’. Padahal, menurut kacamata medis, kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerap lemak dan protein, memproduksi hormon, dan membuat dinding sel. Untuk itu, kolesterol masih dibutuhkan untuk menjaga proses metabolisme dalam tubuh.

Sekitar 20% kolesterol diperoeh dari berbagai jenis sumber makanan serta minuman, dan sisanya atau 80% diproduksi oleh organ hati.

Lemak yang telah diolah di organ hati akan diangkut oleh kolesterol ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah sebagai jalurnya. Dan proses ini akan terus menerus diulang.

Makanan dan minuman yang sudah ditelan dan masuk ke lambung akan menuju ke usus halus untuk menjalani proses pencernaan dan penyerapan. Hati kemudian memproses sari-sari makanan yang telah dihasilkan dan akan mengirimkannya ke seluruh tubuh. Sedangkan hati itu sendiri memproduksi lemak VLDL yang akan berjalan melewati pembuluh darah dan mlepaskannya ke seluruh tubuh. Nah, VLDL yang telah disalurkan ke seluruh tubuh tadi menjadi kosong dan berubah berupa LDL.

Sebagian dari LDL bisa tertinggal di sepanjang pembuluh darah dan memiliki kemungkinan menyumbat sekaligus mempersempit pembuluh darah. Nah, LDL yang menyumbat pembuluh darah akan dilepaskan oleh HDL kemudian membawanya kembali ke hati dan akan di daur ulang menjadi VLDL yang baru atau dibuang.

Dengan demikian, seseorang yang kebanyakan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, secara otomatis resiko tersangkutnya LDL dalam pembuluh darah akan semkin besar. Itu semua jika tidak diimbangi dengan cukupnya produksi HDL.

No

Jenis Kolesterol

Normal

01 Kilomikron

02 Very low density lipoprotein (VLDL)

03 High density lipoprotein (HDL) kolesterol baik

>50 mg/dl

04 Low density lipoprotein (LDL) kolesterol jahat

<100 mg/dl

05 Kolesterol total

<200 mg/dl

06 Trigliserida

< 150 mg/dl

.