Gambar dengan kualitas terbaik untuk sebuah website

by Ummi on September 2, 2014

Webiste atau blog pasti tidak lepas dari sebuah gambar, foto atau image untuk memperjelas maksud isi artikel dari blog itu sendiri sebagaimana sudah pernah saya singgung pada artikel Cara Mengatur Beberapa Gambar Dengan Coreldraw. Tidak sedikit dari mereka terpaksa meniadakan gambar karena terkait dengan kapasitas hosting yang terbatas.

cara membuat gambar berkualitas dengan coreldraw

Pada tutorial coreldraw kali ini, saya akan menjelaskan tips dan trik membuat gambar untuk sebuah website atau artikel blog agar gambar tersebut kualitasnya tetap bagus, namun kapasitas filenya kecil. Di samping tidak memakan banyak space hosting, loading website atau blog tidak lola atau istilah kerennya adalah fast loading. Berikut langkah-langkah membuat gambar untuk website;

  1. buka lembar kerja baru pada coreldraw x3
  2. klik import gambar atau tekan ctrl + i (jika tidak ingin mendesain gambar sendiri) untuk memasukkan gambar yang dikehendaki.
  3. klik menu File – Publish To The Web – Web Image Optimized. Maka akan tampil kotak dialog Web Image Optimizer. Sisi kiri merupakan tampilan untuk gambar asli,sedangkan sisi kanan tampilan untuk web.
  4. pilih kecepatan koneksi internet yang anda gunakan pada sisi atas bagian kotak dialog, misalnya 56 atau 128 k.
  5. pada bagian bawah sisi kanan, pilih format gambar yang dikehendaki, GIF, JPG atau yang lainnya. Jangan lupa pilih kualitas gambar yang dikendaki dikotak sebelah kanannya.
  6. klik ok, dankemudian akan tampil kotak dialog save web image to disk.
  7. kasih nama lalu save, bandingkan dengan hasil gambar yang diolah dengan coreldraw tanpa menggunkan proses seperti ini.

Untuk mempermudah tutorial ini, berikut saya sertkan video cara mengolah gambar agar berkualitas dengan ukuran file yang kecil.

.