Gejala & Cara Mengatasi PMS (Premenstrual Syndrome)

by Ummi on September 22, 2015

Premenstrual Syndrome (PMS) adalah kondisi yang biasa menyerang wanita menjelang datangnya periode haid. Meski tidak setiap wanita akan mengalami semua gejala PMS, namun sekitar 80% wanita dilaporkan paling tidak mengalami satu kali gejala dalam setiap bulannya. Gejala fisiknya meliputi kram, benkak-bengkak, dan nyeri tak tertahankan. Selain itu, wanita juga bisa mudah marah, emosional, sedih, dan berubah-ubah moodnya saat mengalami Sindrom pra menstruasi ini.

cara atasi PMS

Dan meski pun tidak ada ‘obat’ mujarab untuk mencegah PMS, namun ada banyak perawatan dan perubahan gaya hidup yang tersedia untuk mengurangi rasa tidak nyamannya. Berikut akan kami ulas beberapa tips untuk meringankan dan mengatasi gejala dari PMS:

Meningkatkan pola makan

Diet tinggi garam bisa menyebabkan bengkak-bengkak, kafein bisa memperparah perasaan mudah marah dan cemas, alkohol bisa memperburuk depresi, serta terlalu banyak gula bisa mengganggu kestabilan gula darah dan suasana hatimu. Maka dari itu, cobalah untuk menghindari hal-hal tersebut. Sebaliknya, coba untuk makan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian utuh seminggu sebelum tiba masa menstruasimu.

Tidak hanya apa yang kamu makan bisa berpengaruh, namun bagaimana caramu makan juga ikut andil. Arahkan agar kamu bisa makan secara teratur untuk menghindari terjadinya penurunan atau lonjakan gula darah secara drastis. Jadi, sangat pantas jika kamu melakukan perubahan kebiasaan sebelum berencana untuk melakukan terapi medis dalam rangka mengatasi PMS, karena melakukan hal ini cenderung lebih sedikit memiliki efek samping.

Lebih banyak olahraga

Olahraga bisa melawan baik gejala fisik ataupun emosional dari sindrom pra menstruasi. Jadi, meski banyak wanita yang bilang mereka tidak punya cukup energi untuk berolahraga, namun saat terserang PMS adalah waktu terpenting untuk melakukan olahraga.

Pilihlah olahraga rutin yang bisa membuat detak jantungmu meningkat dan membuatmu enjoy dan gembira. Untuk mengatasi PMS, National Woman’s Health Information Center di Amerika menyarankan untuk melakukan olahraga wajar yang intens selama dua setengah jam, satu jam aktivitas aerobik yang bersemangat, atau kombinasi antara keduanya setiap minggunya, serta dua sesi latihan penguatan otot.

Cobalah minum vitamin

Vitamin juga dapat bermanfaat untuk mengatasi sindrom pra menstruasi, terutama vitamin B6 dan E, ujar Petra Casey, seorang asisten profesor ginekologi dan obstetri di Mayo Clinic. Meski tidak terlalu banyak kejadian yang membuktikan bahwa suplemen vitamin ini benar-benar ampuh, namun mereka masih layak untuk dicoba. Berikut adalah beberapa dosisi harian yang diperkirakan dari Mayo Clinic :

  • Kalsium : 1.200 mg
  • Magnesium : 400 mg
  • Vitamin B6 :50-100 mg
  • Vitamin E : 400 IU

Coba gunakan ramuan alami

Meski obat herbal belum terlalu banyak di teliti dan diregulasi dibanding dengan obat-obatan kimiawi, namun ada beberapa jenis obat herbal yang terbukti efektif meredakan gejala PMS seperti kram dan nyeri, atau mood yang berubah-ubah. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan chasteberry, jahe, dandelion, atau krim progesteron alami. Kamu bisa minta saran herbalis untuk menentukan ramuan apa yang akan cocok untuk kamu gunakan.

Fokus pada stressmu

Pertama-tama, penting bagimu untuk bisa mendapatkan istirahat yang memadai dan tidur yang cukup. Cobalah untuk bisa tidur selama mungkin yang kamu perlukan (6-8 jam) sehingga susah tidur tidak akan memicu gejala PMS muncul. Lalu, lakukan upaya untuk mengurangi tingkat stress. Kamu bisa mencoba teknik menarik nafas dalam-dalam, pemijatan, meditasi, atau yoga sehingga bisa menenangkan tubuh dan pikiranmu. Atau lakukan hal apapun yang bisa membautmu enjoy dan mampu membuatmu gembira.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2