≡ Menu
werno-werno.com

Gejala dan pertanda kanker yang sering diabaikan

Banyak ahli kesehatan yang sering menggalakkan pentingnya memperhatikan dengan seksama pada tanda-tanda peringatan dan gejala awal yang bisa mengindikasikan kanker yang terdiagnosis. Jika hal tersebut ternyata disebabkan oleh kanker, maka deteksi dini yang dilakukan oleh dokter mampu meningkatkan peluang untuk suksesnya proses pengobatan akan kondisi yang dialami.

Gejala dan pertanda kanker yang sering diabaikan

Meski tanda-tanda dan gejala yang akan diuraikan di bawah ini tidak selalu pasti mengindikasikan kanker, namun jangan sampai kita mengabaikan mereka. Jika kamu mengalami salah satu gejala tersebut, maka lakukan analisa pada gejala tersebut dan segera konsultasikan kepada petugas kesehatan agar mendapatkan penanganan yang lebih mendalam.

Sebenarnya ada lebih dari 200 jenis kanker. Jenis kanker yang paling sering diderita adalah kanker paru-paru, prostate, payudara, ovarium, kandung kemih, usus, ginjal, pancreas, dan kanker endomitrium (mulut rahim) maupun Leukimia. Yang menjadi permasalahan adalah, kebanyakan dari para penderita kanker, terutama kanker paru-paru adalah orang yang tingkat ekonominya rendah, sehingga mereka sering terlambat memeriksakan diri sampai mereka sudah terdiagnosa mengidap kanker stadium akhir, yang membuatnya sulit untuk disembuhkan.

Agar kamu tidak terlambat dalam menyadari dan mengenali tanda-tanda kanker, berikut ini adalah beberapa tanda peringatan atau gejala kanker yang harus kamu waspadai dan tangani dengan cepat jika kamu mengalaminya:

  1. Penurunan berat badan yang tanpa sebab

Tidak jelasnya penyebab dari penurunan berat badan secara drastis seringkali merupakan tanda awal kanker yang bisa kita sadari. Hal ini sering dialami oleh orang yang menderita tumor ganas yang menjalar menjadi kanker seperti kanker payudara dan paru-paru. Penurunan berat badan juga sering terjadi saat sel-sel kanker sudah menyebar sampai ke liver dan mengacaukan fungsinya, khususnya yang berkaitan dengan pengaturan nafsu makan dan pengusiran racun. Penurunan berat badan juga bisa menjadi tanda awal kanker pencernaan yang lainnya. Jika kamu tidak sedang menjalani olahraga ataupun diet ketat yang bertujuan untuk menurunkan berat badan, namun berta badanmu turun dengan drastis, maka segera konsultasikan dengan dokter ahli. Kehilangan bobot sebanyak 5 kg dalam waktu sebulan, atau hingga 10% dari berat total badanmu, bisa menjadi penyebab yang harus kamu pedulikan.

  1. Sering mengalami demam atau terserang infeksi

Meski demam bisaanya hanya mengindikasikan bahwa tubuh sedang berusaha melawan infeksi, namun demam yang terjadi terus menerus dan berkepanjangan bisa jadi sebuah tanda atau gejala dari kondisi kanker, seperti kanker limfoma. Pada kasus kanker sel darah atau bisa disebut Leukimia, juga bisa menimbulkan gejala seperti timbulnya infeksi yang terlalu sering, demam, keletihan, dan semacam gejala flu yang lain.

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment