Gejala, Penyebab & Cara Alami Obati Flu

by Ummi on July 19, 2013

Influenza atau selesma, sering juga disebut flu atau pilek selalu datang tatkala daya tahan tubuh tumbang. Andaikata suatu saat menyerang, kita dapat menghadangnya dengan racikan alami.

A. Apa Penyebab Flu atau Pilek?

Selesma atau influenza sering jadi penyakit ‘langganan’, dalam setahun kita bisa sering mengalaminya, apalagi musim ekstrim di bulan Juli sekarang ini. Karena seringnya, mungkin kita menjadi pelanggan tetap obat-obatan kimia, bahkan tak jarang obat tersebut tidak mempan lagi menghadang flu. Akan tetapi, tidak ada alasan kita membiarkan influenza begitu saja. pengobatan back to nature boleh jadi untuk meredanya.

Cara mengatsi flu secara alami

Gerakan kembali ke alam memang sedang trend saat ini. Banyak ahli kesehatan mencoba cara pengobatan alami untuk melengkapi cara pengobatan medis sebab maraknya ‘penganut’ natural healthy lifestyle.

Selesma terjadi karena infeksi virus. Virus penyebab selesma mudah menular melalui udara. Jika batuk, bersin, berbicara atau bernafas, virus ini menyebar melalui udara. Kemungkinan terinfeksi bisa lebih cepat jika sumber penyakit sama-sama berada dalam ruangan, terlebih ruangan yang tertutup.

Gejala selesma atau flu biasanya berlangsung selama beberapa hari; hidung tersumbat dan gatal, bersin-bersin, sakit tenggorokan serta sakit kepala. Gejala ini sering diiringi dengan tidak enak badan, hilangnya nafsu makan, dan susah tidur.

Antibiotik atau obat-obatan medis belum tentu efektif untuk mengobati infeksi virus. Selama ini obat-obatan yang dipakai hanya untuk meredakan gejalanya saja. antibiotik lebih cocok untuk mebasmi infeksi sebab bakteri, bukan virus.

Kita memang tidak secara langsung bisa menyembuhkan selesma dengan menghindari air dan hawa dingin. Akan tetapi, air dan hawa dingin sering memperparah selesma atau flu. Pilek atau influenza memang sulit diatasi. Akan tetapi, kita dapat meringankan gejala yang ditimbulkannya sehingga badan terasa lebih nyaman.

B. Tips Meringankan Gejala Flu

Untuk meringankan gejala selesma, kita bisa mencoba tips berikut ini;

  1. Memperbanyak minum air hangat, terutama air putih.
  2. Cobalah minum segelas air jeruk lemon hangat ditambah satu sendok madu. Air jeruk lemon kaya akan vitamin C sehingga mempermudah penyerapan vitamin oleh tubuh kita.
  3. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, cobalah meracik obat kumur dari bahan alami. Sediakan dua sendok makan madu, dua sendok makan gliserin, satu sendok makan jus jeruk dan seiris jahe. Apabila disertai dahak, kita bisa menambahkan 3 sendok makan garam ke dalam satu gelas air matang. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur. Awas.., obat kumur jangan sampai tertelan.

C. Mengobati / Mengatasi Flu dengan Bawang Putih

Selama berabad-abad, bawang putih dikenal untuk mengobati selesma. Para ahli kesehatan menemukan bahwa bawang mengandung zat yang berguna untuk mengobati penyakit. Minumlah sari bawang putih dalam keadaan hangat. Minuman ini berguna untuk membersihkan sinus. Sehingga penyakit flu akan segera hilang..