Gejala, penyebab, dan cara alami mengatasi selulit

by Ummi on December 30, 2014

Gejala Selulit

Selulit, termasuk salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu, terutama bagi para kaum wanita yang sebagian besar pasti mengalaminya. Selulit secara umum terlihat seperti kulit yang keriput, bergaris-garis dan menonjol di daerah sekitar perut, paha, pinggul, dan bokong yang timbul akibat tumpukan lemak yang terkonsentrasi pada area tersebut. Termasuk dari gejala selulit adalah daerah yang terkena selulit terasa kendur, empuk, dan mengeras di bagian dalam.

Gejala, penyebab, dan cara alami mengatasi selulit

Penyebab selulit

Hormone progesterone dan estrogen yang dimiliki wanita adalah penyebab utama dari selulit. Hormone estrogen bisa memicu pembentukan formasi dan penyebaran sel lemak di sekitar bokong, paha, dan payudara. Sementara progesterone menyebabkan pembentukan pembuluh darah yang lemah, retensi cairan, dan lonjakan berat badan. Faktor lain yang juga menjadi penyebab dari selulit adalah merokok, stress, kehamilan, pijatan yang kasar dan keras, obesitas, kurang olahraga, dan faktor keturunan.

Cara alami atasi selulit

Agar tampilan selulit bisa dikurangi, kamu bisa menggunakan beberapa ramuan alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah:

1. Cuka apel. Komponen nutrisi dari cuka apel sudah dikenal mampu membantu mengurangi tampilan dari selulit. Berikut ini adalah cara membuatnya:

  • campur 2 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air.
  • kamu juga bisa menambahkan sedikit madu sebagai pemanis jika suka.
  • minum ramuan ini setiap pagi satu kali.

2. Scrub kopi. Scrub kopi juga bisa bermanfaat untuk mengurangi tampilan selulit. Pemijatan dan pengelupasan sel kulit mati bisa bermanfaat bagi kulit dengan menstimulasi aliran darah, sedangkan caffeine yang terdapat pada kopi memiliki efek untuk mengencangkan kulit. Berikut adalah cara membuat scrub kopi :

Bahan yang diiperlukan : ¼ cangkir serbuk kopi, 3 sendok makan gula putih, dan 2-3 sendok minyak kelapa yang dicairkan. Campur semua bahan tadi hingga menjadi adonan seperti pasta. Lalu simpan dalam toples kaca. Untuk menggunakannya: olsekan scrub tadi ke area yang terkena selulit dan pijat kulit selama beberapa menit dengan tekanan yang kuat. Lalu basuh seperti biasanya. Lakukan perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu. Hasilnya akan terlihat setelah beberapa minggu.

3. Konsumsi cukup Omega-3

Ada teori yang mengatakan bahwa konsumsi jenis lemak yang keliru bisa menyebabkan ketidakseimbangan asam lemak yang dibutuhkan tubuh untuk melembutkan kulit dan jaringan. Ada beberapa bukti yang menyatakan bahwa dengan mengonsumsi asam lemak Omega-3 yang cukup dan vitamin lemak yang bisa larut, bisa membantu mengurangi selulit secara bertahap. Asam lemak Omega-3 bisa didapat dari ikan salmon, hering, trout , atau minyak ikan kod.

4. Pasta tomat

Tomat sangat kaya akan Likopen yang mampu mencegah kerusakan kolagen pada kulit. Gunakan pasat tomat yang kamu buat sendiri, lalu oleskan dan pijat pasta tersebut pada area yang terkena selulit, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas.

5. Rumput laut

Rumput laut bisa menstimulasi peredaran darah, meningkatkan tekstur kulit, dan menyingkirkan racun yang berbahaya dari tubuh. Berikut adalah cara membuat ramuan alaim dari rumput laut :

Campur dengan rata 3 sendok makan serbuk rumput laut (biasa tersedia di toko kesehatan), ¼ cangkit garam dan minyak zaitun, serta  beberapa tetes minyak esensial yang kamu suka. Pijatkan ramuan tadi pada area disekitar selulit selama sekitar 10 menit sebelum mandi. Lalu bilas hingga bersih..