Hal-hal Buruk Yang Terjadi Saat Kamu Tidak Membersihkan Peralatan Makeup

by Ummi on September 26, 2016

Lupakan untuk mendapatkan tampilan yang sempurna jika aplikator makeupmu berlapis dengan bubuk, cairan, krim, dan entah apa lagi. Disamping makeup yang berantakan, alat-alat makeup yang kotor juga bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang cukup menjijikkan. Berikut adalah hal-hal buruk yang akan terjadi jika kamu tidak rajin membersihkan peralatan makeupmu :

Jerawat

“Kuas makeup yang berlapiskan dengan kotoran, minyak, dan makeup bisa menyumbat pori-pori dengan bakteri, menyebabkan munculnya jerawat atau iritasi kulit,” ujar Hadley King, MD, seorang dermatolgis yang bersertifikat resmi. Kuas concealer dan foundation berbahan sintetis sebaiknya dibersihkan setidaknya setiap satu kali seminggu, karena kuasnya memiliki pori-pori, yang bisa menyerap lebih banyak makeup dibandingkan dengan kuas berbahan alami, yang hanya butuh dibersihkan setiap satu bulan sekali.

Cara terbaik untuk membersihkan kuas berbahan alami adalah dengan air dan pembersih khusus kuas atau shampoo bayi. Campur 1 bagian shampoo bayi dengan 4 bagian air hangat, celupkan sikat kuas ke dalamnya, lalu pijat-pijat. Atau jika kamu menggunakan pembersih khusus kuas, basahi sikat kuasnya, tempatkan satu tetes pembersih di telapak tanganmu, dan dengan lembut celupkan kuas ke telapkan tanganmu, lalu pijat-pijat. Kemudian bilas, peras kelebihan cairannya, dan tata kembali kepala sikatnya, dan biarkan kering dengan posisi bulu sikat menggantung.

Untuk membersihkan kuas yang berbahan sintetis, maka gunakan cairan pencuci piring karena mereka perlu dibersihkan dari minyak dan sisa makeup. Oleskan sedikit cairan pencuci piring ke kuas, lalu pijat-pijat kuasnya atau cuci di alat brush mat, bilas hingga bersih dan bentuk kembali dan biarkan mengering.

Makeup bergaris-garis atau tidak rata

“Ini sama pentingnya untuk membersihkan spons makeup seperti  halnya kuas makeup,” kata Lori Taylor Davis, Smashbox Global Pro Lead Makeup Artist. Itu karena yang kuas kotor dapat “menyebabkan krim atau cairan foundation menjadi totol-totol atau tidak rata.” Menurut Davis, cara terbaik untuk membersihkan spons makeup adalah dengan cairan pencuci piring;

Infeksi virus

Jerawat memang tidak menyenangkan, tetapi risiko yang lebih ekstrim dari tidak membersihkan kuas makeup secara teratur adalah menyebarnya infeksi-baik virus yang telah kamu miliki sebelumnya, atau yang berasal dari orang lain jika kamu berbagi peralatan makeup dengan yang lain, kata Davis. Jadi bersihkan kuas-kuas makeupnya secara teratur, terutama jika kamu baru saja sakit.

Penyumbatan pori-pori

“Menggunakan kuas yang memiliki penumpukan kotoran dan sisa makeup yang signifikan, dapat menyumbat pori-pori, menyebabkan milia,” kata Shawn Fisher, penata rias nasional untuk Japonesque. Milia, adalah sekumpulan kista yang terlihat seperti benjolan putih kecil, biasanya muncul di hidung dan pipi. Dan tidak seperti jerawat, kamu tidak boleh asal memencetnya-kamu harus menemui seorang ahli kecantikan untuk menyingkirkan mereka.

Pertumbuhan jamur yang berlebih

Apakah kamu tidak pernah membersihkan kuas makeupmu? Maka kamu harus memulainya dari sekarang. Alat-alat ini biasanya disimpan di tempat lembab seperti kamar mandi, di mana bakteri dan jamur tentu sangat suka untuk tinggal dan berkembang biak. Jamur secara alami ditemukan di lingkungan sekitar kita dan di kulit kita, namun pertumbuhan jamur berlebih dapat menyebabkan iritasi kulit dan sisik merah atau bintik-bintik. “Jika kamu membersihkannya secara mingguan, kepala sikat semestinya bisa bertahan hingga 3 bulan,” kata King. “Tempatkan beberapa tetes sabun cuci piring antibakteri pada jari-jarimu atau pada sikat gigi, dan gosok bulu dan celah-celahnya. Bilas dengan air hangat, kemudian biarkan kepala sikat kering dengan udara untuk semalamaan.”