Hal-hal Yang Bisa Dibersihkan Menggunakan Lemon

by Ummi on May 27, 2017

Generasi nenek moyang kita pada zaman dulu tidak memiliki berbagai jenis produk yang berbeda untuk membersihkan setiap sudut bagian dapur. Mereka hanya menggunakan produk alami dan sederhana untuk berbagai macam tugas di sekitar dapur. Salah satunya adalah dengan menggunakan lemon. Tak percaya? Berikut adalah hal-hal yang bisa dibersihkan menggunakan lemon :

Membersihkan Wastafel

Setiap sudut dapurmu, bisa menjadi tempat bersembunyi bagi banyak bakteri pembawa penyakit, dan wastafel merupakan salah satu tempat paling kotor di rumah manapun. Untuk membersihkan wastafel dari serbuan bakteri, campurkan antara jus lemon dan garam hingga konsistensi campurannya mencapai seperti pasta gigi. Oleskan pasta ini ke wastafel atau peralatan dapur yang terbuat dari stainless steel, tembaga atau kuningan. Gosok secara perlahan, lalu bilas dengan air. Trik ini juga bisa untuk menghilangkan noda karat.

Merontokkan tumpukan mineral

Kalsium hidroksida digunakan dalam air dan pengolahan limbah untuk menghilangkan kotoran dan mengurangi keasaman. Meskipun ini adalah alat yang hebat di instalasi pengolahan air, ia dapat meninggalkan deposit mineral di saluran pembuangan dan bak cuci yang dapat menumpuk dan menyumbatnya. Overexposure terhadap kaslium hidroksida dapat menyebabkan risiko kesehatan juga. Untuk menghindari menyewa tukang ledeng nanti atau menuangkan bahan kimia berbahaya ke saluran pembuangan, perbaiki masalahnya sebelum memburuk. Rontokkan deposit mineral pada kran dengan menyemprotkan jus lemon, biarkan terendam sebentar, lalu gosok.

Menghilangkan bau makanan

Saat makanan berada di tempat sampah untuk waktu yang terlalu lama, maka ia mulai mengeluarkan bau yang tak sedap. Siapa yang mau mencium bau daging atau ikan sisa masakan kemarin? Bau ini juga bisa menyusup ke dalam kain dan menjadi sulit untuk dibersihkan. Menutupi bau dengan menyemprotkan pengharum ruangan hanya akan menciptakan gabungan bau yang semakin campur aduk. Untuk menghilangkan bau dari tempat sampah, irislah buah lemon, lemparkan ke tempat sampah, dan gilas. Kamu juga bisa menggunakan kulit lemon atau jeruk untuk tugas ini.

Menggosok mesin cuci piring (dishwasher)

Dishwashers adalah salah satu alat dapur yang paling nyaman digunakan di rumah manapun. Alih-alih menghabiskan waktu satu jam setelah makan malam untuk mencuci piring dan peralatan, kamu tinggal memasukkan segala sesuatu ke dalam mesin pencuci piring. Tapi, saat mesin pencuci piring sudah kotor, maka kamu harus membersihkannya juga.

Hilangkan sisa makanan kering atau deterjen dari krom di dalam mesin pencuci piring dengan menggosoknya dengan seiris lemon. Bilas dengan menyekanya menggunakan kain lembab, lalu keringkan dengan lap yang kering. Pastikan untuk menjalankan mesin pencuci piring menggunakan pengaturan air terpanas untuk menghilangkan sebagian besar partikel makanan.

Membersihkan tumpahan Kompor atau Oven

Membersihkan oven adalah tugas yang menakutkan dan seringkali terbengkalai di daftar tugas selama berminggu-minggu; Siapa juga yang ingin tetap memegang kepala mereka di oven? Ya, oven bisa membersihkan diri, tapi tidak saat kamu menumpahkan panci adonan kue atau kentang goreng yang morat marit. Segala macam kotoran yang ada di kompor atau oven bukanlah lawan yang sebanding untuk campuran ini: Buatlah pasta dari campuran jus lemon, air, dan baking soda. Oleskan pada tumpahan, diamkan 15 menit, lalu gosok dan bilas dengan air dan spons.

Membersihkan jendela

Jendela adalah portal untuk dunia luar, di mana kamu bisa mengintip keluar di balik ruangan yang terdiri empat sisi ini. Namun kenyataannya, jendela adalah bekas telapak tangan, kotoran nyamuk dan tempat peristirahatan laba-laba terakhir. Mereka sepertinya tidak pernah bisa untuk selalu tetap bersih, terutama di dapur tempat di mana mereka terkena minyak.

Jadi apa yang harus dilakukan? Naiklah di atas meja dan cuci jendela dapur berminyakmu dengan larutan 2 sendok makan jus lemon, 1/2 cangkir cuka putih, dan 1 liter air hangat. Mereka akan segera kembali berkilau.

Membersihkan udara di dapur

Memasak adalah tugas yang sangat berat di dapur. Satu menit, udara berbau daging sapi, semenit kemudian berbau kue chocolate chip. Ini adalah ruangan tersibuk di rumah dan di mana sebagian besar aktivitas keluarga berlangsung. Segarkan udara dan beri ruangan yang malang istirahat. Panaskan oven sampai 300 derajat F dan simpan lemon utuh di rak tengah. Dengan pintu sedikit terbuka, biarkan lemon “matang” selama sekitar 15 menit; Lalu matikan oven. Biarkan lemon dingin sebelum mengeluarkannya.